Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Tips Atur Keuangan Untuk Mahasiswa dan Orang Tua yang Mengajukan Cicilan Kuliah

2022-03-17

Daftar isi

    Sebelum memutuskan mengajukan cicilan kuliah banyak hal yang harus diperhatikan dan disiapkan terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan karena para mahasiswa atau orang tua harus memperhatikan terlebih dahulu cara atau sistem cicilan kuliah, waktu pelunasan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan cicilan kuliah. Keuangan harus diatur sebaik mungkin agar bisa membayar tepat waktu dan juga memenuhi kebutuhan lainnya dalam waktu bersamaan. Berikut ini tips mengatur keuangan saat kamu mengajukan cicilan kuliah:

    Menghitung Jumlah Pengeluaran

    Cicilan kuliah memang pada dasarnya tidak seperti cicilan-cicilan lain, karena proses, jangka waktu, serta bunga yang diberi jauh lebih kecil dibanding cicilan lain. Meskipun begitu, jika kamu memutuskan untuk mengajukan cicilan kuliah, kamu tetap harus menghitung jumlah pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya. Dengan begitu, maka kamu bisa membatasi pengeluaran yang harus dikeluarkan.

    Kamu bisa membuat list untuk pengeluaran berdasarkan tingkat prioritasnya. Fokuslah untuk memenuhi kebutuhan yang memang penting dan memilah barang yang harus dibeli. Hindari untuk bersikap impulsif dan menambahkan kebutuhan yang tidak terlalu penting karena kamu masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan cicilan kuliah.

    Bisa baca: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Cicilan Biaya Kuliah

    Disiplin Melakukan Pembayaran

    Saat mengajukan cicilan kuliah, maka kamu dituntut untuk bisa mengatur keuangan sebaik mungkin. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga untuk bisa membayar cicilan tiap bulannya dengan tepat waktu. Mengapa harus tepat waktu? karena dengan begitu kamu menunjukkan bahwa kamu memang berkomitmen dalam cicilan tersebut dan untuk menghindari adanya masalah yang timbul jika kamu tidak disiplin dalam melakukan pembayaran.

    Memisahkan Rekening Berdasarkan Tujuan

    Source: Freepik.com/Jcomp

    Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bisa mengatur keuangan dengan baik yaitu dengan memisahkan rekening yang kamu punya dan disesuaikan dengan tujuannya. Misalnya satu rekening untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan satu rekening lagi untuk membayar cicilan kuliah. Dengan begini, maka kamu sudah tahu penyaluran pendapatan dan fokus yang harus diperhatikan, sehingga keuanganmu akan lebih teratur.

    Mencari Pemasukan Tambahan

    Saat mengajukan cicilan kuliah, kamu bisa juga mencoba untuk mencari pemasukan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Bila kamu mahasiswa, kamu bisa saja berkuliah sambil bekerja part time, freelance, magang, atau semacamnya agar kamu juga bisa membantu kedua orang tuamu melunasi cicilan kuliah. Bagi para orang tua bisa coba buka usaha kecil-kecilan, seperti usaha hampers, camilan, dan sebagainya. Dengan begitu, uang yang dihasilkan dari pemasukan tambahan tersebut bisa digunakan untuk membayar cicilan atau memenuhi kebutuhan lain.

    Bisa cek juga: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Tetap Menabung

    Jika kamu mengajukan cicilan kuliah, pintar dalam mengatur keuangan agar kebutuhan dan cicilan bisa selalu terpenuhi adalah hal yang penting. Meskipun begitu, usahakan sebisa mungkin untuk tetap bisa menabung di setiap bulannya, tidak perlu banyak-banyak, buatlah target seperti misalnya 5-10% dari penghasilan yang didapatkan. Bisa saja dari pemasukan tambahan yang kamu lakukan. Tabungan ini nantinya bisa digunakan sebagai bentuk antisipasi jika suatu saat ada pengeluaran mendadak yang harus cepat diatasi.

    Setelah mengetahui tips dalam mengatur keuangan saat mengajukan cicilan kuliah, kamu tentunya bisa menjadi lebih paham dan siap. Jika kamu tertarik untuk mengajukan cicilan pendidikan untuk biaya kuliahmu tetapi masih bingung, kamu bisa coba mengajukan ke Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri