Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Kuliah di Polimedia? Ketahui Biaya yang Perlu Kamu Keluarkan

2022-09-10

biaya-kuliah-polimedia.jpg

Gedung Polimedia. Source: polimedia.ac.id

Tentang Politeknik Negeri Media Kreatif

Politeknik Negeri Media Kreatif (POLIMEDIA) adalah sebuah satuan kerja yang berada langsung di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. POLIMEDIA hadir sebagai sebuah perguruan tinggi vokasi dimulai ketika mendapatkan izin pendirian berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 60 Tahun 2008 yang ditetapkan pada 8 Oktober 2008.

Tujuan didirikannya POLIMEDIA tak lain untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan mendukung perkembangan industri kreatif nasionall. Kampus vokasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi inovasi dalam perkembangan era baru masyarakat modern di Indonesia. POLIMEDIA merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi pertama dan satu-satunya yang dirancang secara khusus untuk menyediakan berbagai program studi yang relevan dengan dunia industri kreatif.

Oleh karena itu, POLIMEDIA memiliki posisi strategis di komunitas industri kreatif nasional yang secara sistematis berupaya untuk senantiasa melakukan berbagai inovasi dan pengembangan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk memenuhi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Saat ini kampus terdapat 3 kampus POLIMEDIA, yaitu di Jakarta, Medan dan Makassar.

Jurusan dan Program Studi yang ada di POLIMEDIA

Awalnya POLIMEDIA hanya membuka tiga jurusan dan program studi (prodi) yaitu Teknik Grafika, Desain Grafis dan Penerbitan. Namun seiring perkembanganya, POLIMEDIA akhirnya membuka dan mengembangan program sudinya, yaitu:

1. Teknik Grafika

Teknik Grafika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, ataupun untuk hiburan. Jurusan ini dikembangkan untuk menyiapkan SDM industri kreatif menjadi tenaga ahli yang profesional dan kompeten di bidang teknik grafika, kemasan, dan perawatan mesin percetakan. Menghadapi era industri 4.0, jurusan Teknik Grafika di POLIMEDIA mengakomodasi perkembangan teknologi modern di industri grafika seperti 3D Printing and Consumer Product.

Adapun program studi pada jurusan Teknik Grafika, yaitu:

  • D3 Teknik Grafika
  • D3 Teknik Kemasan
  • D3 Teknik Pemeliharaan Mesin

2. Desain Grafis

Kamu senang dengan dunia grafis dan multimedia? Jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Jurusan Desain Grafis di POLIMEDIA berkembang mengikuti zaman. Teknologi kreatif kini tak hanya berupa desain grafis dan mode. Namun menggabungkan antara grafis dan teknologi. Kolaborasi keilmuan desain dengan teknologi informasi ini dibutuhkan untuk menghasilkan luaran yang memiliki nilai tambah dalam pengembangan ekonomi kreatif seperti animasi, rekayasa multimedia, dan teknologi permainan.

Program studi yang ada di jurusan ini yaitu:

  • D3 Desain Grafis
  • D4 Desain Mode
  • D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
  • D4 Teknologi Permainan
  • D4 Animasi

3. Penerbitan

Jurusan penerbitan adalah jurusan yang menyiapkan sumber daya manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyedia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan, dan pencetakan naskah, baik untuk media elektronik maupun media cetak. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar membaca, menulis, dan juga menyunting. Kamu juga dilatih untuk selalu kreatif.

Berikut program studi yang ada di jurusan Penerbitan POLIMEDIA:

  • D3 Penerbitan
  • D3 Fotografi
  • D3 Periklanan
  • D3 Penyiaran

4. Pariwisata

Siapa nih yang sangat tertarik dengan dunia pariwisata? POLIMEDIA menghadirkan jurusan pariwisata sebagai kesadaran bahwa ekonomi kreatif saling terkait dengan pariwisata. Sehingga keduanya tidak bisa dipisahkan. Di jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang dunia pariwisata, mulai dari manajemen destinasi wisata, manajemen tur dan travel, hingga perhotelan.

Jurusan Pariwisata POLIMEDIA memiliki dua program studi, yaitu:

  • D3 Seni Kuliner
  • D4 Pengelolaan Perhotelan

Fasilitas POLIMEDIA

Sebagai institusi vokasi, POLIMEDIA menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang pembelajaran kamu. Tidak hanya menyediakan fasilitas akademik saja, POLIMEDIA juga menyediakan berbagai fasilitas non-akademik untuk mewadahi kamu menyalurkan bakat dan hobi, serta berbagai fasilitas umum lainnya:

  • Bengkel kerja yang dilengkapi peralatan pracetak, produksi cetak, hingga pasca cetak, diantaranya Digital Printing HP Indigo, OCE, Simulator Offset, Offset Sakurai empat warna, Imagesetter CTP dan CTF.
  • Laboratorium Pengujian Bahan Grafika yang dapat digunakan untuk uji ketahanan lipat dan cabut, uji daya serap kertas dan minyak, uji kuat tekan, uji density, dan uji pendebuan.
  • Laboratorium Komputer untuk kegiatan praktek perkuliahan, pelatihan, dan sertifikasi profesi industri kreatif yang memerlukan perangkat komputer dengan perangkat PC dan Apple Mac di dalamnya
  • Laboratorium Motion Capture yang digunakan untuk membuat produk animasi 3D untuk keperluan motion capture dan rigging. Di laboratorium ini, kamu dapat melakukan pemodelan dan simulasi animasi 3D.
  • Studio fotografi yang dilengkapi dengan seperangkat kamera digital medium format, lampu studio dan aksesoris, ceiling track, limbo, kamera digital DSLR, tripod serta satu ruang pameran.
  • Studio Penyiaran dengan dilengkapi multi kamera serta switcher video, audio mixer, porta jib, rigging, lighting dan satu ruang MCR (ruang kontrol siaran) yang dikonsep sesuai standar industri.
  • D’Hotel Polimedia yang digunakan sebagai sarana praktik perkuliahan pengelolaan perhotelan. Sarana ini dilengkapi dengan Open Kitchen dengan fasilitas peralatan dapur yang juga digunakan oleh industri kuliner.
  • Poliklinik dan Fasilitas kesehatan untuk memeriksa kesehatan mata, gigi, dan badan yang didukung seorang dokter dan tenaga kesehatan.
  • Fasilitas olahraga berupa Sport Hall untuk bulu tangkis, futsal, bola voli, basket, dan senam yang berada di lantai 3.
  • Fasilitas umum lainnya seperti kantin, bank dan atm center, hingga masjid

Berapa Biaya Kuliah di POLIMEDIA?

Berikut biaya kuliah di POLIMEDIA bagi Mahasiswa Baru untuk Tahun Akademik 2022/2023

No. Jenjang Program Studi Biaya Kuliah Per Semester
1. D4 Desain Mode Rp7.000.000
2. D4 Teknologi Permainan Rp7.000.000
3. D4 Animasi Rp7.000.000
4. D4 Teknologi Rekayasa Multimedia Rp7.000.000
5. D4 Pengelolaan Perhotelan Rp7.000.000
6. D4 Produksi Film dan Televisi Rp7.000.000
7. D3 Teknik Grafika Rp6.000.000
8. D3 Teknik Kemasan Rp6.000.000
9. D3 Teknik Pemeliharaan Mesin Rp6.000.000
10. D3 Desain Grafis Rp6.000.000
11. D3 Penerbitam Rp6.000.000
12. D3 Fotografi Rp6.000.000
13. D3 Periklanan Rp6.000.000
14. D3 Penyiaran Rp6.000.000
15. D3 Seni Kuliner Rp8.000.000
16. D3 Teknik Grafika (Medan) Rp4.500.000
17. D3 Desain Grafis (Medan) Rp4.500.000
18. D3 Multimedia (Medan) Rp4.500.000
19. D3 Penerbitan (Medan) Rp4.500.000
20. D3 Periklanan (Medan) Rp4.500.000
21. D3 Teknik Grafika (Makassar) Rp4.500.000
22. D3 Desain Grafis (Makassar) Rp4.500.000
23. D3 Multimedia (Makassar) Rp4.500.000
24. D3 Penerbitan (Makassar) Rp4.500.000
25. D3 Periklanan (Makassar) Rp4.500.000

Bayar Biaya Kuliah di POLIMEDIA Dengan Danacita

Ingin kuliah di tapi terkendala dana? Kamu tidak usah khawatir, karena sekarang kamu bisa membayar biaya kuliah di POLIMEDIA dengan Danacita.

Danacita, platform pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan ErudiFi, perusahaan berbasis teknologi dengan misi membangun masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak muda se-Asia Tenggara.

Danacita memberikan solusi bayar kuliah secara cicilan bagi mahasiswa dengan alternatif pembayaran bertahap mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan untuk mahasiswa aktif dan hingga 24 bulan khusus bagi mahasiswa baru. Syaratnya yang mudah dan telah diawasi oleh OJK, sehingga dijamin aman.

Ajukan biaya kuliahmu sekarang di sini

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

polimedia biaya kuliah polimedia
Default Avatar

Written By

Esa Tauran