Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Informasi Terbaru Program Studi Hukum dan Prospek Kerjanya 2022

2022-01-26

lawyer.jpg

Daftar isi

    Kalau ngomongin soal program studi kuliah yang bonafit dan populer, sepertinya program studi hukum nggak boleh luput dari daftar. Program studi hukum memang selalu memiliki peminat yang banyak setiap tahunnya karena terkenal akan prospek atau peluang karir masa depannya yang menjanjikan, mulai dari karir sebagai hakim, jaksa, pengacara, dan lain sebagainya.

    Nah, bagi kamu yang tertarik masuk di program studi hukum ada baiknya untuk mengenali dan mengetahui terlebih dahulu informasi terbaru tentang program studi hukum disini. Mulai dari materi perkuliahan yang akan kamu pelajari, peminatan, hingga prospek kerja di masa depan.

    Yuk, simak langsung informasi selengkapnya berikut ini!

    Apa Itu Program Studi Hukum?

    Program studi hukum adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang sistem hukum yang berlaku dan berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan.

    Secara umum, hukum adalah peraturan yang berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan serta mencegah terjadinya kekacauan. Sehingga, hukum berperan memberi batasan, aturan, serta hukuman atau sanksi atas tindak pelanggaran yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, program studi hukum menjadi salah satu program studi yang sangat diminati.

    Melalui program studi hukum, kamu akan belajar mengenai perundang-undangan. Yang mana didalamnya akan mendalami lebih lanjut mengenai konstitusi, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hingga hukum dagang.

    Nggak hanya itu saja, cakupan ilmu hukum juga semakin luas dan kompleks ketika membahas tentang hukum internasional. Sehingga, program studi hukum nggak hanya mempelajari aturan di dalam negara, tetapi juga mengikat hubungan antara dua negara atau lebih. Baik ketika menjalin kerjasama antarnegara atau saat terjadi masalah internasional yang berkaitan dengan pelanggaran hukum.

    Perlu kamu tahu bahwa sejak dulu program studi hukum selalu menjadi salah satu program studi incaran banyak pelajar. Maka nggak heran kalau persaingannya pun cukup ketat. Sebab, nantinya lulusan hukum bukan hanya diharapkan pandai dalam teori saja, melainkan juga mampu berkontribusi langsung dalam praktik penegakan hukum di Indonesia.

    Materi Kuliah Program Studi Hukum

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, program studi hukum mencakup banyak aspek untuk dapat mempelajari perundang-undangan di Indonesia. Nah, nantinya jika kamu tertarik masuk ke program studi hukum akan mendapatkan materi-materi berikut ini:

    Pengantar Ilmu Hukum

    Di program studi Hukum, kamu akan mempelajari mata kuliah pengantar ilmu hukum di semester awal perkuliahanmu. Pengantar ilmu hukum ini akan menjadi materi pondasi yang penting untuk pengetahuanmu terkait hukum sebelum berlanjut ke mata kuliah berikutnya.

    Hukum Pidana

    Hukum Pidana di program studi Hukum merupakan mata kuliah yang akan mempelajari tentang hukum untuk pelanggaran dalam bentuk perbuatan yang dilarang atau tidak pantas.

    Melalui hukum pidana ini kamu diharapkan akan3 mengenal macam-macam kasus pelanggaran hukum apa saja yang masuk dalam kategori pidana. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana proses penyelesaian kasus pidana di meja hijau atau persidangan.

    Hukum Perdata

    Selanjutnya adalah mata kuliah hukum perdata di program studi hukum. Kamu akan mempelajari tentang hukum yang mengatur hak dan kepentingan individu di masyarakat melalui mata kuliah ini.

    Perlu kamu tahu, hukum pidana dan perdata adalah dua mata kuliah yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Hukum Tata Negara

    Bagi kamu yang memiliki ketertarikan pada lembaga kenegaraan dan masalah undang-undang negara, maka kamu akan menyukai mata kuliah hukum tata negara di program studi hukum ini.

    Secara garis besar, mata kuliah hukum tata negara adalah mata kuliah di program studi hukum yang akan mempelajari berbagai teori dan praktik dalam penyelenggaraan negara yang dikenal diberbagai negara. Yang mencakup berbagai isu mengenai hubungan antarlembaga negara maupun antara negara dan warga guna mencapai tujuan negara.

    Hukum Administrasi Negara

    Berbeda dengan hukum tata negara, mata kuliah hukum administrasi Negara di program studi hukum akan lebih cenderung mempelajari hal-hal yang langsung berefek pada kehidupan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah hukum keuangan negara dan hukum perizinan.

    Hukum Internasional

    Hukum internasional di program studi hukum merupakan mata kuliah di mana kamu akan mempelajari hal-hal terkait hukum internasional dan hubungan antarnegara. Misalnya hukum perjanjian internasional dan hukum laut internasional.

    Peminatan Program Studi Hukum

    Konsentrasi atau peminatan adalah pengkhususan studi dalam sebuah program studi atau jurusan. Peminatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih fokus mendalami ilmu hukum yang ingin mereka minati. Sehingga, nantinya akan lebih spesifik dan terarah pada satu bidang.

    Secara umum, terdapat beberapa peminatan di program studi hukum. Antara lain:

    • Hukum Perdata: Umumnya peminatan hukum perdata ini akan diminati oleh mahasiswa program studi hukum yang memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang notaris. Peminatan hukum perdata ini akan berfokus perihal sengketa dan ganti rugi perdata lainnya, hukum jaminan, hukum gono gini, adopsi anak, penyelesaian sengketa di luar pengadilan, hukum waris, hukum acara perdata, dan masih banyak lagi.
    • Hukum Pidana : Dalam peminatan hukum pidana umumnya akan diminati oleh mahasiswa program studi hukum yang memiliki ketertarikan di di bidang pencegahan dan penggulangan kejahatan. Melalui peminantan hukum pidana ini, mahasiswa program studi hukum akan mempelajari hukum tindak pidana narkotika, tindak pidana korupsi, tidak pidana perdagangan anak, cyber law, KDRT, pencemaran nama baik, dan masalah-masalah lain yang terkait bidang pidana.
    • Hukum Tata Negara : Umumnya akan diminati oleh mahasiswa program studi hukum yang memiliki ketertarikan pada masalah kenegaraan dan administrasi negara. Nantinya, kamu akan mempelajari lembaga negara, peraturan perundang-undangan, perpajakan, otonomi daerah, pemilu, dan masih banyak lainnya.
    • Hukum Internasional : Ini merupakan peminatan yang cukup populer untuk mahasiswa program studi hukum yang ingin berkarir di Kementerian Luar Negeri atau mengincar profesi di bidang diplomatik. Peminatan ini fokus pada masalah internasional seperti sengketa internasional, kerjasama internasional, organisasi internasional, dan lain sebagainya.
    • Hukum Ekonomi Bisnis : Dalam peminatan ini, hal-hal yang dipelajari di antaranya adalah sengketa merek, hak cipta, sengketa dagang, hukum penanaman modal dan pasar modal, hingga perdagangan internasional dan regional.

    Pengetahuan dan Keahlian Mahasiswa Program Studi Hukum

    Berikut adalah beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan dikuasi oleh mahasiswa program studi hukum:

    • Kemampuan untuk melakukan negosiasi
    • Kemampuan untuk berpikir secara kritis
    • Kemampuan dalam menyelesaikan sengketa
    • Kemampuan berpikir logis
    • Kemampuan untuk menghafal dan mengutarakan pendapat secara lugas

    Prospek Kerja Program Studi Hukum

    Salah satu alasan kenapa program studi hukum menjadi salah satu program studi san favorit yang banyak diincar oleh pelajar adalah karena prospek kerjanya yang luas dan menjanjikan.

    Ada berbagai macam prospek karir untuk lulusan program studi hukum. Mayoritas lulusan program studi ini berkarir di dunia hukum seperti menjadi hakim, pengacara, jaksa, notaris, diplomat, konsultan, dan masih banyak lainnya.

    Namun, perlu kamu ketahui bahwa pilihan profesi lulusan program studi hukum nggak hanya sebatas di dunia hukum saja. Kamu juga dapat berkarir dibidang lain seperti menjadi seorang petugas imigrasi, staf HRD, staf legal, staf di kementerian, bahkan dosen ilmu hukum.

    Banyak banget, kan? Dengan banyaknya prospek kerja ini, kamu pun tidak perlu merasa bingung untuk mengejar karir di bidang apa setelah lulus nantinya.

    Setelah membaca ulasan mengenai informasi lengkap seputar program studi hukum beserta prospek kerjanya, apakah kamu jadi makin tertarik untuk memilih program studi yang satu ini?

    Wujudkan Mimpi Berkuliah di Program Studi Hukum Bersama Danacita

    Bagi kamu yang ingin segera berkuliah di program studi hukum, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang memiliki program studi hukum, seperti FH UNHAS, UNISBA, President University dan UNTAR.

    FH UNHAS

    Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin atau yang juga dikenal sebagai FH UNHAS merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang didirikan pada tanggal 3 Maret 1952 sesuai dengan Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3399/Kab. Awal pendiriannya, FH UNHAS merupakan cabang dari fakultas hukum dan pengetahuan masyarakat Universitas Indonesia. FH UNHAS kemudian menjadi salah satu pionir lahirnya Universitas Hasanuddin bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran pada tanggal 9 September 1956


    Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Berkuliah di Fakultas Hukum UNHAS


    UNISBA

    Salah satu program studi unggulan di UNISBA adalah program studi hukum. Universitas Islam Bandung atau UNISBA adalah salah satu universitas terbaik yang berada di Bandung, Ibukota Jawa Barat. Didirikan pada 15 November 1958 di kota Bandung, UNISBA didirikan oleh tokoh-tokoh Islam Bandung saat itu, seperti: Prof. Sjafie Soemardja, dr.H. Chasan Boesoiri, Drs. Achmad Sadali, Oja Somantri, R. Kosasih, R. Sabri Gandanegara, dan Dadang Hermawan.


    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNISBA (Universitas Islam Bandung)


    President University

    President University atau yang juga dikenal dengan sebutan PU adalah universitas swasta yang mengedepankan international learning dan research environment untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan. Di President University (PU), kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran kuliah kamu lho. Nah, ini menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing tertinggi di Indonesia. Salah satu program studi unggulan di President University adalah program studi hukum.


    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus kuliah di President University 2022/2023


    UNTAR

    Berdasarkan BAN-PT, saat ini UNTAR telah memiliki akreditasi A atau unggul, sehingga kamu nggak perlu khawatir dengan kualitas pendidikannya. Selain kualitas pendidikan yang terpercaya, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh UNTAR untuk mendukung kegiatan belajar kamu. Salah satu program studi unggulan di UNTAR adalah program studi hukum.


    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus masuk UNTAR 2022/2023

    Sekarang kuliah di program studi hukum nggak perlu pusing dengan biaya, karena kamu bisa mengajukan di Danacita untuk semua biaya kuliahmu melalui program cicilan Danacita dan pastinya cicilan di Danacita tanpa DP dan jaminan apapun! Yuk segera wujudkan mimpimu bersama Danacita sekarang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria