Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Manfaat Memutuskan Pinjaman Pendidikan Untuk Mahasiswa Saat Berkuliah

2022-03-09

Daftar isi

    Pendidikan merupakan salah satu hal yang harus menjadi prioritas bagi setiap orang dan tiap orang berhak mendapatkannya. Dengan pendidikan, kita bisa meningkatkan kualitas diri dan mempersiapkan diri dengan baik dalam bersaing dengan orang lain di era globalisasi. Merasakan pendidikan yang tinggi merupakan mimpi bagi banyak orang, tapi sayangnya banyak faktor yang menjadi penghambat mereka dalam mewujudkan itu.

    Salah satu faktor utama yang masih menjadi permasalahan adalah biaya pendidikan yang tinggi dan terus meningkat di tiap tahunnya. Karena hal ini, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan mereka. Di saat ini, sudah banyak platform yang menyediakan bantuan pembiayaan pendidikan, seperti bank-bank atau lembaga non pemerintah lainnya. Ternyata, ada manfaat yang bisa didapat saat kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman pendidikan.

    Bisa Lebih Fokus Melanjutkan Pendidikan

    Menjadi pelajar atau mahasiswa merupakan masa-masa di mana kamu sudah mulai memikirkan berbagai hal dalam kehidupan. Banyak juga mahasiswa yang memikirkan biaya pendidikan dan khawatir hal itu akan menjadi beban untuk orang tua mereka. Tidak sedikit juga banyak pelajar yang rela berkorban untuk tidak lanjut kuliah dan memutuskan langsung bekerja agar bisa membantu kedua orang tua. Padahal, mereka sebenarnya memiliki keinginan dan cita-cita yang ingin dicapai, tetapi harus mengesampingkan hal itu untuk mengurangi beban.

    Dengan adanya pinjaman pendidikan, pelajar yang menghadapi kondisi seperti itu bisa memiliki jalan alternatif lain dalam hidupnya. Jika ia memilih untuk mengajukan pinjaman pendidikan, ia bisa melanjutkan pendidikannya dan disaat yang bersamaan juga tidak menambah beban berat untuk orang tua. Pelajar tersebut juga bisa fokus untuk melanjutkan pendidikannya tanpa perlu menunda bahkan berhenti karena alasan biaya.

    Bisa baca: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengambil Cicilan Biaya Kuliah

    Menjadi Bentuk Investasi Diri Jangka Panjang

    Source: Freepik.com/Kstudio

    Masih banyak orang yang tidak sadar bahwa sebenarnya pendidikan merupakan bentuk investasi pada diri sendiri yang bersifat jangka panjang. Hal ini dikarenakan investasi diri tidak memiliki wujud yang nyata seperti investasi barang atau aset pada umumnya. Padahal, selain melakukan investasi berwujud materi, kita juga harus investasi untuk diri sendiri juga.

    Jika kamu memutuskan untuk terus melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, sama saja dengan kamu peduli dengan dirimu. Dengan ilmu yang didapat dari perguruan tinggi, kamu bisa meningkatkan kualitas diri sendiri dan investasi di masa depan dengan ilmu tersebut. Memutuskan untuk melakukan pinjaman pendidikan bisa membantu kamu untuk investasi pada diri sendiri.

    Persyaratan Pengajuan yang Lebih Mudah

    Banyak layanan pinjaman dengan persyaratan yang cenderung ribet dan membutuhkan banyak berkas maupun jaminan dalam pengajuannya. Berbeda dengan pinjaman pada umumnya, dalam pinjaman pendidikan, syarat yang diminta tidak sebanyak dan ribet itu. Persyaratan dalam pengajuan pinjaman pendidikan memang sengaja dibuat tidak rumit dengan tujuan agar banyak pelajar bisa mendapat pendidikan yang tinggi dengan mudah.

    Bagi pelajar atau mahasiswa yang masih minim pengalaman dalam pengajuan pendidikan jadi tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? karena persyaratan yang cenderung mudah ini tidak akan mempersulit kamu dan kamu tidak perlu meminta dokumen-dokumen sebagai jaminan pada orang tuamu yang bisa menambah beban mereka. Kamu juga bisa mengajukan pinjaman sendiri.

    Bisa cek juga: 4 Tips Cerdas Pilih Cicilan Biaya Kuliah Terjangkau Untuk MABA dan Mahasiswa Aktif

    Waktu atau Tenor yang Lebih Panjang

    Pada umumnya, banyak perguruan tinggi yang memberikan jangka waktu pada mahasiswanya untuk mencicil biaya pendidikan dan rata-rata selama 3 bulan. Bagi beberapa mahasiswa, waktu tersebut masih terlalu singkat untuk memenuhi biaya tersebut. Dengan adanya pinjaman pendidikan, mahasiswa bisa memiliki kelonggaran lebih dalam memenuhi biaya pendidikan dan hal ini juga pasti akan lebih meringankan orang tua mereka.

    Jika kamu berencana untuk mengambil pembiayaan pendidikan, salah satu platform yang bisa dituju adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri