Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Terbaru! Cara Daftar Kursus di Refocus Indonesia

2022-09-14

Daftar isi

    Danacita merupakan platform pembiayaan dana pendidikan berbasis teknologi yang sudah berizin resmi OJK bekerjasama dengan Refocus Digital Academy untuk mendukung satu juta tenaga kerja ahli di bidang Informasi dan Teknologi. Dengan hadirnya kerjasama ini, peserta kursus Refocus Digital Academy dapat mencicil biaya kursus lewat program cicilan 0% selama 3 bulan hingga 12 Bulan dengan proses pengajuan mudah dan cepat.

    Simak ulasan lengkap terkait keistimewaan Refocus Digital Academy, simulasi pembiayaan hingga langkah mudah pengajuan pembayaran dengan Danacita:

    Tentang Refocus Indonesia

    Refocus Indonesia adalah sebuah perusahaan EdTech yang menyediakan keterampilan praktis terkini untuk pertumbuhan karir yang baru diluncurkan Maret 2022 ini. Kursus ini didirikan oleh Roman Kumar Vyas, seorang pengusaha dan pakar pemasaran dari India yang telah memiliki pengaruh secara global. Ia juga memiliki perusahaan EdTech lainnya di India bernama Coding Invaders by Mentors Pro, sebuah sekolah TI online di India.

    Refocus Indonesia membuka kursus pertamanya yaitu Digital Marketing Specialist. Selama tahun ini, Refocus juga akan meluncurkan beberapa kursus lainnya, seperti pengembangan, pemasaran, desain, analisis, dan manajemen proyek IT dengan durasi kursus sekitar 9 bulan.

    Panjang rata-rata setiap trek adalah sekitar 9 bulan. Siswa akan mendapatkan dasar pengetahuan yang kuat serta keterampilan terapan: 30% dari kursus adalah teori sedangkan 70% adalah praktek dan analisis studi kasus pasar.

    Program Kursus di Refocus Indonesia

    1. Digital Marketing

    Kursus ini cocok untuk kamu yang baru ingin memulai terjun di bidang digital marketing, ataupun ingin megembangkan kemampuan kamu. Di sini kamu akan belajar selama 9 bulan dan didampingi oleh mentor berpengalaman. Selama 9 bulan belajar, kamu tidak hanya belajar teori saja, tetapi juga melakukan banyak praktek selama lebih dari 150 jam di kelas online dan didampingi oleh mentor tersendiri yang siap memberikan kamu feedback dan membahas setiap ilmu yang kamu pelajari di kelas hingga tugas yang diberikan.

    Di sini kamu akan belajar berbagai keterampilan bisnis digital seperti kampanye iklan di Facebook, Instagram, LinkedIn, Email, SMM, dan iklan untuk promosi. Kamu juga akan belajar mengenai tools analisis dan metrik terkini untuk membuat keputusan berdasarkan data. Tools ini juga berguna untuk menganalisis strategi pemasaran digital pesaing.

    Adapun kurikulum dari kelas Digital Marketing ini, meliputi:

    • Pengantar digital marketing

    Kamu akan belajar mulai dari memahami jenis pemasaran apa saja yang ada, mengenal berbagai istilah di dunia digital marketing, hingga melakukan perencanaan media dan menggunakan alat analisis dasar.

    • Strategi digital marketing

    Kamu akan belajar mengenai bagaimana menentukan target pasar dan mengatur analitik, membuat dan menguji konten iklan hingga menerapkan pendekatan di setiap kampanye yang kamu jalankan.

    • Analisis kompetitor dan target audiens

    Kamu akan belajar menganalisis model bisnis pesaing dan positioning merek, menjelajahi praktik terbaik para pesaing dalam pemasaran retensi, melakukan penelitian meja dan pengembangan pelanggan pada audiens Anda, melakukan survei audiens, dan lain sebagainya.

    • Kreativitas dan konten

    Kamu akan belajar bagaimana menemukan ide-ide baru dengan mudah untuk membuat konten digital, mengatur dan melakukan brainstorming, memilih gaya visual untuk iklan, hingga membuat kalender konten media sosial.

    2. Data Analyst

    Kamu sangat tertarik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan data? Program kursus ini sangat cocok untuk kamu. Di sini kamu tidak hanya belajar tentang bagaimana mengumpulkan dan mengolahnya saja. Lebih jauh, kamu juga akan belajar menganalisis data, membuat laporan secara terperinci, hingga membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis dengan menggunakan instrumen analisis yang relevan. Menarik bukan?

    Adapun kurikulum materi dari kelas Data Analyst, yaitu:

    • Pengantar Data Analyst

    Sebagai materi pembuka, kamu akan diberi penjelasan mengenai apa itu data analyst dan apa yang dikerjakan, perbedaan antara Data Analyst, Data Engineer, Data Scientist, dan System Analyst, hingga gambaran mengenai karir di bidang Data Analyst.

    • Membuat Laporan Dasar Menggunakan Excel

    Kamu akan belajar menggunakan fungsi dan formula Excel, menganalisa data dengan menggunakan tabel pivot dan VLOOKUP, membuat laporan analitik sederhana di Excel hingga menggunakan teknik rendering dasar.

    • Mengunggah dan Menyiapkan Data Menggunakan SQL

    Topik yang akan kamu pelajari pada materi ini antara lain memahami struktur database, menulis query database menggunakan SQL, parsing data dari beberapa tabel dengan JOIN, dan bekerja dengan berbagai jenis data.

    Kenapa Kamu Harus Kursus di Refocus Indonesia?

    1. Diajar oleh Mentor Berpengalaman

    Selain materi dan kelas yang sangat komprehensif di atas yang akan mendukung kamu meningkatkan pemahaman dan kemampuan, kamu juga akan didukung dan diajar langsung oleh para tutor yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Para tutor merupakan seorang ahli di bidangnya dengan jam tayang dan pengalaman yang sangat besar, banyak dari mereka bekerja di perusahaan multinasional seperti eBay, TikTok hingga Google.

    2. Jadwal Kelas yang Fleksibel

    Hanya butuh 5−10 jam seminggu untuk belajar dan pilih lokasi Anda sendiri: di rumah, kafe, mobil, atau pantai. Dengan total kurang lebih 150 jam teori dan praktik, kamu siap menjadi memulai karir selepas dari Refocus.

    3. Menggunakan Pendekatan Pengajaran Berbasis Pada Study Case

    Penyusunan pelajaran berbasis pada kasus nyata untuk membantu kamu mendapatkan pengalaman yang nyata pula. Sehingga proyek nyata di portofolio kamu yang akan memperlihatkan apa yang telah kamu dapatkan.

    4. Kelas Persiapan Karir

    Setelah kamu melewati kelas dengan materi yang sangat dalam, nantinya kamu akan dibimbing untuk memulai karir kamu. Mulai pembuatan CV, mencari lowongan, hingga teknik interview.

    Cara Daftar Kursus di Refocus Indonesia

    Setelah mengetahui berbagai materi yang akan kamu pelajari dan keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika kursus di Refocus, sekarang saatnya kamu memulai perjalanan untuk meningkatkan kemampuan kamu di bidang digital marketing atau data analyst.

    Untuk daftarnya, kamu hanya perlu mengunjungi https://refocus.me/ dan registrasi online. Sekarang lebih mudah daftar di Refocus dengan bantuan dana dari Danacita.

    Dancita hadir sebagai solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi. Kamu cukup mengajukan biaya pendidikan kamu di sini dan nikmati berkuliah di kampus impian kamu.

    Simulasi Pembiayaan Installment 0% dan Langkah Mudah Pengajuan

    Paket Program Fee Installment 0% 6 bulan Installment 0% 9 bulan Installment 0% 12 bulan
    Digital Marketing Online Course (9 bulan) Rp 9.828.000 Rp 1.638.000 per bulan Rp 1.092.000 per bulan Rp 819.000 per bulan
    Data Analyst Online Course (7 bulan) Rp 9.828.000 Rp 1.638.000 per bulan Rp 1.092.000 per bulan Rp 819.000 per bulan

    • Rincian ajuan biaya kursus harus mengikuti tagihan yang tertera pada invoicing Refocus Indonesia.
      • Sudah termasuk biaya platform bulanan (1.3% per bulan) dan biaya pengajuan 3% dikenakan sekali pada tahap pengajuan.
    • Apabila peserta khusus berusia 21 tahun ke bawah, dapat diwakilkan oleh keluarga (saudara kandung, orang tua, paman, ipar dll) yang sudah mempunyai income atau pendapatan yang terverifikasi.
      • Perlu dilengkapi dokumen pendapatan untuk pengajuan di atas 5,500,000.
        • Untuk pegawai: Payslip/SPT PPh 21/ Mutasi rekening 1 bulan terakhir
        • Untuk wiraswasta/professional: Mutasi rekening 1 bulan terakhir

    3 Langkah mudah proses pengajuan cicilan kursus Refocus dengan Danacita:

    1. Kunjungi Website Danacita: https://danacita.co.id/s/refocus-indonesia
    2. Kemudian pilih Ajukan Sekarang dan lengkapi form data diri
    3. Selanjutnya, lengkapi aktivasi program pembiayaan dengan proses penandatanganan sebagai dokumentasi
    4. Peserta wajib sudah menyelesaikan proses pendaftaran/terdaftar sebagai peserta aktif

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!