Kebijakan Privasi

Revisi Kebijakan Privasi ini berlaku efektif sejak tanggal 22 Juni 2023, versi ke-3.

Kebijakan privasi ini ("Kebijakan Privasi") dibuat oleh PT Inclusive Finance Group, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia ("Perusahaan", "Danacita", atau "Kami"). Danacita, afiliasinya, dan perusahaan terkait (“ErudiFi Group”) memiliki komitmen untuk menjaga dan menghormati privasi dan Data Pribadi serta tunduk pada peraturan perundang-undangan terkait privasi dan pelindungan Data Pribadi di Indonesia yakni Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi dan peraturan turunannya.

Informasi Pribadi yang Kami kumpulkan merupakan informasi yang kami dapatkan dari kegiatan, perilaku, ataupun data yang kami kumpulkan dari Anda (“Informasi Pribadi”) dan Data Pribadi yang Kami kumpulkan berupa data tentang data diri, pendidikan, pekerjaan, keuangan, transaksi-transaksi, dan yang termasuk namun tidak terbatas pada data-data yang bersifat personal (“Data Pribadi”). Informasi Pribadi dan Data Pribadi hanya dapat Kami kumpulkan, kelola, dan gunakan setelah adanya persetujuan dari Anda.

Kebijakan Privasi ini memberikan informasi tentang bagaimana Kami dan/atau ErudiFi Group dalam melakukan pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang kami terima dari Anda atau yang diberikan kepada kami sehubungan dengan penggunaan Situs ini, yaitu Layanan yang kami tawarkan, atau setiap interaksi dengan Kami (seperti mengikuti kegiatan-kegiatan yang Kami selenggarakan). Kebijakan Privasi ini merupakan satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan dan segala istilah yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini memiliki makna yang sama dengan ketentuan yang ada dalam Syarat dan Ketentuan, kecuali ditentukan lain dalam Kebijakan Privasi ini.

Dengan mengakses dan menggunakan Layanan yang tersedia di Situs ini, Anda menyetujui pengumpulan dan penggunaan Informasi Pribadi dan Data Pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Kebijakan Privasi ini dapat diubah kapan pun dan Anda wajib memeriksa Kebijakan Privasi secara berkala.

Apabila Anda terus menggunakan Situs dan Layanan setelah Kami melakukan perubahan apa pun atas Kebijakan Privasi ini, hal tersebut merupakan pengakuan dan persetujuan atas perubahan tersebut dan Anda mengikatkan diri dengan Kebijakan Privasi yang diubah tersebut. Anda dianjurkan untuk memeriksa dan membaca kembali Kebijakan Privasi ini kapan pun Anda mengunjungi Situs ini untuk memastikan bahwa Anda mengetahui bagaimana Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami akan digunakan.

Privasi Anda sangat penting bagi kami. Kebijakan Privasi ini bertujuan untuk memudahkan Anda memahami hal berikut:

  • Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang Kami Kumpulkan dan Terima
  • Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda
  • Bagaimana Kami Menyimpan dan Menjaga Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda
  • Bagaimana Mengakses dan Mengendalikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda
  • Informasi Penting Lainnya tentang Privasi

Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang Kami Kumpulkan dan Terima

Kami mengumpulkan informasi dan data tentang Anda saat Anda memberikan kepada Kami, ketika menggunakan Situs atau Layanan Kami, dan ketika sumber lain memberikan kepada Kami, sebagaimana dijelaskan sebagai berikut:

Data Pribadi: Danacita akan mengumpulkan dan memproses Data Pribadi berikut melalui penggunaan Anda pada Situs atau Layanan:

  • Nama lengkap dan detail kontak, termasuk alamat email, alamat, dan nomor telepon;
  • Nomor Pokok Wajib Pakak (NPWP), bukti tempat tinggal, dan pendapatan jika Anda tidak menggunakan Wali sebagai penjamin;
  • Lembaga pendidikan, jurusan, salinan identitas kampus yang Anda berikan, termasuk bukti penerimaan dan tagihan kampus;
  • Data pendidikan lainnya seperti nilai, riwayat pembayaran pendidikan, tunggakan biaya kuliah;
  • Foto atau gambar yang Anda berikan;
  • Nama lengkap Wali, alamat, salinan identitas, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), bukti tempat tinggal dan pendapatan (jika Anda menggunakan wali sebagai penjamin);
  • Nama lengkap dan nomor telepon kontak darurat; dan
  • Akun media sosial yang Anda berikan.

Data dan Informasi Keuangan: Danacita dapat mengumpulkan perilaku pembayaran dan kemampuan pembayaran dan data keuangan lainnya saat Anda menggunakan Layanan kami, seperti:

  • Detail transaksi yang Anda lakukan melalui Situs, termasuk progress pengajuan mulai dari pendaftaran sampai pada persetujuan pendanaan;
  • Produk keuangan yang Anda miliki dengan Danacita, termasuk pemenuhan pembayaran kembali pendanaan, alat pembayaran yang Anda gunakan, tunggakan pembayaran; dan
  • Informasi keuangan tentang pendapatan pada Anda dan orang tua atau wali Anda.

Informasi Melalui Survei dari Tim Customer Success: Danacita juga dapat mengumpulkan informasi ketika Anda mengikuti survei, atau memberikan masukan atau persoalan yang Anda alami dalam menggunakan Situs Kami, termasuk:

  • Catatan setiap survei yang Kami berikan untuk Anda lengkapi demi keperluan riset atau pemasaran; dan
  • Informasi terkait suatu persoalan yang anda alami dengan Layanan, termasuk ringkasan persoalan dan dokumentasi lainnya, screenshot atau informasi yang dapat membantu Kami dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Log Data: Danacita mengumpulkan informasi dari browser yang Anda kirimkan ketika mengunjungi Situs Kami (“Log Data”). Log Data ini termasuk informasi seperti alamat Internet Protocol (“IP”), jenis dan versi browser, halaman pada Situs yang Anda kunjungi, waktu yang Anda gunakan dalam mengunjungi halaman dan data statistik lainnya. Danacita dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengumpulkan, memantau dan menganalisis informasi tersebut.

Cookies: “Cookies” adalah file-file dengan data dalam jumlah yang kecil, yang mungkin menyertakan pengenal unik anonim. Cookies dikirim ke browser anda dari Situs dan disimpan di perangkat keras komputer Anda. Seperti situs pada umumnya, Danacita menggunakan Cookies ini untuk mengumpulkan informasi. Anda dapat menginstruksikan browser Anda untuk menolak semua Cookies atau untuk menunjukkan kapan Cookies dikirimkan. Namun, jika Anda tidak menerima Cookies, Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa bagian dari Situs ini.

Bagaimana Kami Menggunakan Informasi Pribadi dan Data Pribadi

Anda dapat diminta untuk menyediakan Data Pribadi saat menggunakan Situs atau Layanan dan secara tidak langsung mendapatkan Informasi Pribadi Anda. Danacita menggunakan informasi dari data tersebut untuk memahami dan menganalisa tren, untuk mengelola Situs, untuk memahami Kebiasaan pengguna pada Situs, untuk meningkatkan Layanan, dan untuk mengumpulkan informasi demografik tentang pengguna secara menyeluruh.

Berikut adalah tujuan-tujuan khusus dari informasi dan data yang kami kumpulkan dari Anda.

Untuk menyediakan Layanan: Kami menggunakan informasi dan data tentang Anda untuk memberikan Layanan kepada anda, termasuk proses transaksi dengan Anda, mengautentikasi ketika Anda masuk (log in), memberikan bantuan konsumen (customer support), mengoperasikan serta memelihara Layanan.

Untuk riset dan pengembangan: Kami menggunakan pembelajaran yang kolektif tentang bagaimana orang menggunakan Situs Kami dan masukan yang diberikan secara langsung untuk menyelesaikan suatu persoalan dan mengidentifikasi tren-tren, penggunaan, pola penggunaan dan peluang untuk integrasi dan peningkatan Layanan.

Untuk berkomunikasi dengan Anda tentang Situs atau Layanan: Kami menggunakan informasi dan data kontak Anda untuk mengirimkan komunikasi melalui email atau pesan dan melalui Situs, termasuk memberikan komentar, pertanyaan dan permintaan, memberikan dukungan konsumen, dan mengirimkan pemberitahuan teknis, pembaharuan, peringatan keamanan, dan pesan-pesan administratif.

Untuk memasarkan, mempromosikan dan mendorong interaksi dengan Situs: Kami menggunakan informasi dan data kontak Anda dan informasi tentang bagaimana Anda menggunakan Layanan untuk Mengirim komunikasi promosi yang mungkin menarik bagi Anda, termasuk melalui email atau pesan, serta pada platform seperti Facebook, Instagram, dan Google. Komunikasi ini ditujukan untuk mendorong interaksi dan memaksimalkan apa yang Anda dapatkan dari Layanan, termasuk tentang fitur baru, permintaan survei, bulletin, dan acara yang menurut Kami menarik bagi Anda. Kami juga berkomunikasi dengan Anda tentang penawaran dan promosi produk baru.

Customer Support: Kami menggunakan informasi Anda untuk mengatasi persoalan teknis yang Anda alami, untuk merespon atas permintaan bantuan, untuk menganalisis informasi crash, untuk memperbaiki dan meningkatkan Layanan.

Untuk keamanan: Kami menggunakan informasi tentang Anda dan kegiatan penggunaan yang Anda lakukan pada Layanan Kami maupun data tentang Anda untuk melakukan verifikasi akun dan aktifitas, untuk memantau aktifitas yang mencurigakan atau tindakan penipuan serta untuk mengidentifikasi pelanggaran atas kebijakan Layanan.

Untuk melindungi kepentingan bisnis yang sah dan hak-hak hukum lainnya: Ketika diwajibkan secara hukum atau ketika Kami meyakini bahwa perlu dilakukan untuk melindungi hak, kepentingan dan kepentingan pihak lain, kami menggunakan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda sehubungan dengan tuntutan hukum, kepatuhan, dan keperluan audit serta pengungkapan sehubungan dengan akuisisi, penggabungan atau penjualan suatu usaha.

Bagaimana Kami Membagikan dan Mengungkapkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi serta Alasannya

Kami bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membantu memberikan dan mengembangkan Layanan Kami atau digunakan untuk iklan atau produk terkait, yang dengan demikian memungkinkan untuk dioperasikan dan memberikan layanan yang bebas biaya kepada pengguna. Berikut adalah jenis-jenis pihak ketiga yang dapat kami bagikan informasi dan data tentang Anda:

Lembaga Pendidikan: Kami bekerja sama dengan lembaga pendidikan, baik itu formal (universitas, institut, dst) dan non-formal (lembaga kursus atau bimbingan belajar) untuk memberikan Layanan kepada pelajarnya. Dengan demikian, Kami membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi tentang Anda kepada lembaga-lembaga tersebut, atas persetujuan Anda, untuk dapat memberikan Layanan Kami kepada Anda.

Kami tidak membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang dapat mengidentifikasi Anda secara pribadi (Data Pribadi yang dapat teridentifikasi seperti nama atau alamat e-mail yang dengan itu dapat digunakan untuk menghubungi Anda atau mengidentifikasi siapa Anda) dengan lembaga-lembaga tersebut tanpa persetujuan dari Anda.

Kami dapat menyediakan lembaga-lembaga tersebut informasi tentang jangkauan dan efektifitas produk kami tanpa memberikan informasi dan data yang dapat mengidentifikasi Anda, atau apabila kami telah mengagregat informasi dan data tersebut sehingga tidak dapat lagi mengidentifikasi Anda secara pribadi, dan hanya ketika lembaga tersebut telah menyetujui untuk tunduk pada panduan mitra, termasuk namun tidak terbatas pada Perjanjian Pembagian Data.

Apabila Anda ingin mendapat informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami membagikan informasi kepada lembaga pendidikan, silakan membaca Syarat dan Ketentuan Kami.

Afiliasi, dan Perusahaan Terkait: Kami adalah bagian dari grup perusahaan yang dimiliki oleh Erudifi, Pte. Ltd (yang sebelumnya dikenal dengan “Dana Cita Pte. Ltd”), suatu perusahaan yang didirikan dan tunduk pada hukum Republik Singapura. Kami dapat mengirim informasi dan data kepada afiliasi dan perusahaan terkait, yang mana menyediakan Kami, diantaranya, layanan infrastruktur teknis. Dalam menerima Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, afiliasi Kami serta perusahaan terkait setuju untuk tunduk pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Vendor penyedia jasa dan mitra lainnya: Kami mengirimkan informasi dan data kepada vendor, penyedia jasa, dan mitra lainnya yang mendukung bisnis Kami, seperti memberikan jasa infrastruktur teknis, menganalisa bagaimana Layanan Kami digunakan, mengukur efektifitas iklan dan layanan-layanan, memberikan layanan konsumen (customer support), memfasilitasi pembayaran atau memproses pembayaran (termasuk, dalam hal terjadi wanprestasi, agen penagihan eksternal dan advokat), atau melakukan riset pendidikan dan suvei. Mitra-mitra ini wajib untuk tunduk pada kewajiban mutlak atas kerahasiaan, dalam hal ini Kebijakan Privasi dan perjanjian-perjanjian yang Kami lakukan dengan mereka.

Atas persetujuan Anda: Kami membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda dengan pihak ketiga ketika Anda memberikan persetujuan kepada Kami untuk melakukannya. Sebagai contoh, kami sering menampilkan testimoni pribadi dari konsumen pada Situs Kami. Atas persetujuan Anda, Kami dapat mempublikasikan nama beserta testimoni Anda.

Kepatuhan atas Permintaan Penegakan Hukum dan Hukum yang Berlaku; Penegakan Hak-hak Kami: dalam keadaan tertentu, Kami dapat membagikan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga ketika Kami meyakini bahwa hal tersebut perlu, seperti (a) untuk kepatuhan pada hukum yang berlaku, proses hukum atau permintaan dari pemerintah, termasuk untuk memenuhi keperluan keamanan nasional, (b) pelaksanaan perjanjian-perjanjian, Syarat dan Ketentuan, (c) melindungi keamanan atau integritas produk dan Layanan Kami, (d) melindungi Danacita atau konsumen kami atau publik dari tindakan yang membahayakan atau ilegal, atau (e) menanggapi suatu situasi darurat yang mana kami meyakini dengan itikad baik diperlukan untuk mengungkapkan informasi untuk mencegah kematian atau luka serius pada tubuh seseorang.

Bagaimana Kami Menyimpan dan Mengamankan Informasi Pribadi dan Data Pribadi

Keamanan informasi: Kami menggunakan server Google Cloud di Indonesia untuk menyimpan Informasi Pribadi dan Data Pribadi yang kami kumpulkan, dan melakukan pengamanan teknis untuk mengamankan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda. Dalam upaya Kami mengimplementasikan pengamanan untuk melindungi Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat dipenetrasi dan atas dasar sifat alami dari internet, Kami tidak dapat menjamin bahwa informasi dan data, selama proses transmisi melalui internet atau saat disimpan dalam sistem Kami atau dalam perlindungan kami, aman dari gangguan pihak lain.

Berapa lama Kami menyimpan informasi: Tentang berapa lama kami menyimpan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda tergantung dari jenis informasi dan data. Setelah waktu tertentu, Kami akan menghapus atau menganonimkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, atau jika tidak memungkinkan (misalnya, karena informasi dan data telah disimpan dalam arsip cadangan), maka Kami akan menyimpan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda dengan aman dan mengisolasinya dari penggunaan lebih lanjut hingga penghapusan telah memungkinkan.

Bagaimana Cara Mengakses Informasi Anda

Anda memiliki pilihan terkait dengan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda. Berikut adalah ringkasan pilihan-pilihan tersebut, bagaimana menggunakannya dan batasan-batasannya.

Pilihan Anda: Anda memiliki hak untuk meminta salinan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, untuk menolak penggunaan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda (termasuk tujuan pemasaran), untuk meminta penghapusan atau pembatasan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda, atau untuk meminta Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda dalam format terstruktur dan elektronik. Anda dapat mengirim pemberitahuan kepada Pejabat Perlindungan Data (Data Protection Officer) Kami di [email protected]. Anda akan menerima pemberitahuan dan/atau konfirmasi atas status permintaan ini.

Namun demikian, permintaan dan pilihan Anda dapat dibatasi dalam hal tertentu: misalnya, apabila dengan memenuhi permintaan Anda akan mengungkapkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi orang lain, atau apabila Anda meminta untuk menghapus informasi dan data yang mana Kami atau administrator Anda diperbolehkan secara hukum atau terdapat alasan yang sah untuk mempertahankannya. Selain itu, Kami akan tetap memproses dan membagikan dalam hal dipersyaratkan secara hukum, dan peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Apabila Informasi Pribadi dan Data Pribadi diperlukan sesuai dengan permintaan pengadilan;
  2. Apabila pengumpulan dan pemrosesan diperlukan dalam pelaksanaan atau sehubungan dengan kontrak atau Layanan antara Anda, Kami, termasuk namun tidak terbatas pada, penggunaan berkelanjutan Anda pada Layanan Kami; dan
  3. Informasi Pribadi dan Data Pribadi dikumpulkan atau diproses atas hasil dari kewajiban hukum di sisi Kami.

Akses, Pengkinian, atau Penghapusan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda: Layanan Kami dan dokumentasi terkait lainnya memberikan Anda kemampuan dalam hal akses, pengkinian, atau penghapusan Informasi Pribadi dan Data Pribadi tertentu tentang Anda dari Layanan Kami. Mohon untuk dapat diperhatikan bahwa, walau bagaimana pun Kami mungkin perlu untuk menjaga Informasi Pribadi dan Data Pribadi tertentu untuk keperluan pencatatan, untuk melengkapi transaksi atau untuk memenuhi kewajiban-kewajiban hukum Kami.

Permintaan untuk penghentian penggunaan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda: Dalam hal tertentu, Anda dapat meminta Kami untuk menghentikan akses, penyimpanan, penggunaan dan pemrosesan Informasi Pribadi dan Data Pribadi Anda apabila Anda meyakini bahwa Kami tidak memiliki hak yang sah untuk melakukan hal tersebut, contohnya sudah melunasi kewajiban pembayaran angsuran. Anda dapat mengirimkan permintaan tersebut secara langsung kepada Pejabat Perlindungan Data (Data Protection Officer) Kami di [email protected] dengan format permohonan sebagai berikut:

  1. Nama Lengkap:
  2. Nomor telepon terdaftar:
  3. Email terdaftar:
  4. Alasan penghapusan:

Hentikan Komunikasi: Anda dapat menghentikan penerimaan komunikasi yang bersifat promosi dari Kami dengan menekan link Unsubscribe dalam setiap email, melakukan pengkinian pada preferensi email, atau dengan menghubungi Kami sebagaimana yang Kami sediakan di bawah ini untuk menghilangkan Informasi Pribadi dan Data Pribadi tentang kontak Anda dari daftar email promosi atau database registrasi. Setelah Anda menghentikan komunikasi dari pesan promosi dari Kami, Anda akan tetap menerima pesan transaksi dari Kami sehubungan dengan Layanan Pendanaan.

Informasi Privasi Penting Lainnya

Perubahan pada Kebijakan Privasi: Kebijakan Privasi ini terakhir diubah dan berlaku efektif pada 22 Juni 2023 dan akan tetap berlaku efektif kecuali terdapat perubahan pada ketentuannya di masa yang akan mendatang, yang mana akan berlaku efektif setelah di publikasi pada halaman ini. Danacita mencadangkan haknya untuk melakukan pembaharuan atau mengubah Kebijakan Privasi setiap waktu dan Anda wajib memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala. Apabila Anda terus menggunakan Situs dan Layanan setelah kami melakukan perubahan apa pun atas Kebijakan Privasi, hal tersebut merupakan pengakuan dan persetujuan atas perubahan tersebut dan Anda mengikatkan diri dengan Kebijakan Privasi yang diubah tersebut. Apabila Danacita melakukan perubahan secara material pada Kebijakan Privasi ini, maka Danacita akan memberitahukan Anda baik melalui alamat email atau dengan memberikan pemberitahuan pada Situs Kami.

Hubungi Kami: apabila Anda memiliki pertanyaan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini atau untuk berkomunikasi Pejabat Perlindungan Data (Data Protection Officer) Kami, silakan menghubungi Kami pada [email protected].