Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

4 Alasan Berkuliah di Politeknik Harapan Bersama

2023-06-15

Daftar isi

    Tak banyak yang tahu jika kota Tegal menyimpan banyak keindahan. Salah satunya di bidang pendidikan.

    Kota Tegal memiliki sejumlah universitas berkualitas yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satunya adalah Politeknik Harapan Bersama.

    Kampus vokasi yang terletak di Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah ini merupakan salah satu kampus berkualitas yang cocok untuk kamu. Terlebih jika kamu ingin cepat bekerja setelah lulus.

    Berikut alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama.

    Profil Politeknik Harapan Bersama

    Politeknik Harapan Bersama adalah sebuah universitas yang berada di kota Tega, sebuah kota dinamis dan metropolis yang sangat menghargai hasil produksi home industri yang banyak diciptakan oleh anak negeri.

    Atas dasar ini jugalah yang menjadi pelopor lahirnya Yayasan Pendidikan Harapan Bersama yang kemudian merintis pendirian Politeknik Harapan Bersama.

    Politeknik Harapan Bersama Tegal didirikan tahun 2002 berdasarkan SK. Mendiknas RI Nomor : 128/D/O/2002 yang berkedudukan di kota Tegal.

    Visi

    Menjadi Politeknik Unggul, Berjiwa Kewirausahaan, Berbasis Kearifan Lokal yang Berdaya Saing Global Tahun 2035.

    Misi

    • Akreditasi unggul seluruh program studi dan institusi.
    • Mengembangkan budaya wirausaha yang kreatif dan inovatif.
    • Berinovasi dalam menghasilkan produk dan jasa terapan dengan memanfaatkan kearifan lokal dan berdaya saing tinggi.

    Tujuan

    • Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.
    • Terwujudnya tata kelola penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermutu.
    • Peningkatan publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional).
    • Terselenggaranya proses pembelajaran berbasis IPTEK.
    • Peningkatan serapan lulusan sesuai dengan bidang kompetensinya.
    • Bertambahnya produk dan jasa terapan yang inovatif dengan memanfaatkan kearifan lokal.
    • Berkembangnya budaya wirausaha yang kreatif dan inovatif.

    4 Alasan Berkuliah di Politeknik Harapan Bersama

    Sebagai kampus yang ingin meningkatkan kualitas dan hasil mutu produksi karya anak bangsa, Politeknik Harapan Bersama selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik.

    Berikut beberapa alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama.

    1. Program Studi Politeknik Harapan Bersama yang Berkualitas

    Alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama adalah program studi yang ditawarkan semuanya berkualitas.

    Program Pendidikan yang ada di Politeknik Harapan Bersama dirancang secara khusus untuk menghasilkan tenaga ahli yang mandiri dan profesional pada tingkat jenjang Diploma-3 dengan sistem pendidikan vokasional (70% Praktek dan 30% Teori).

    Dengan begitu, lulusan dapat diserap oleh pasar kerja dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

    Di awal berdirinya, Politeknik Harapan Bersama hanya memiliki empat Program Studi yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Komputer & Akuntansi.

    Sejalan dengan pesatnya pembangunan nasional serta perkembangan industri dan kesehatan maka sejumlah program studi di Politeknik Harapan Bersama dibuka. Saat ini, terdapat 11 prodi yang terdiri dari program sarjana dan terapan. Berikut penjelasannya:

    a. Sarjana Terapan Teknik Informatika

    Prodi D4 Teknik Informatika akan membekali kamu kemampuan untuk memanfaatkan perangkat lunak dan perangkat keras di berbagai bidang kehidupan serta mampu melaksanakan pekerjaan yang kompleks berdasarkan kemampuan profesional di bidang informatika.

    b. Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

    Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama menghasilkan Sarjana Terapan professional yang dipersiapkan berkarir di sektor publik maupun sektor private, yaitu pada kantor-kantor Pemerintah dengan dibekali Sertifikasi Uji Kompetensi yang berstandar Nasional, berwawasan global, yang menguasai teknologi komputer Akuntansi Sektor Publik, accounting digital, dan Bahasa Inggris.

    banner-3d-shadow

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    c. D3 Teknik Elektro

    Prodi D3 Elektro merupakan prodi yang memfokuskan diri pada kemajuan dan perkembangan Teknologi di bidang Instrumentasi, Elektronika, Listrik, Komputer dan Jaringan.

    d. D3 Teknik Mesin

    Prodi D3 Teknik Mesin menerapkan kurikulum berbasis KKNI dengan persentase praktik sebesar 70%. Kompetensi yang ditawarkan kepada mahasiswa adalah Kompetensi Perancangan dan Perawatan.

    e. D3 Teknik Komputer

    Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal merupakan salah satu pendidikan tinggi vokasi yang sudah menerapkan kurikulum berbasis KKNI dengan rasio mata kuliah praktek 70% dan teori 30%.

    Untuk mencetak lulusan yang siap terjun untuk bekerja dan berwirausaha dengan dibekali 3 (tiga) kompetensi utama yaitu Hardware, Pemrograman dan Jaringan Komputer.

    f. D3 Akuntansi

    Prodi D3 Akuntansi mencetak lulusan akuntan yang handal dan siap kerja dengan menerapkan kurikulum yang disusun bersama dengan industri, sehingga kemampuan lulusan selaras dengan permintaan.

    Lulusan prodi ini dibekali dan bersertifikasi dengan kompetensi keahlian di bidang akuntansi, perbankan, perpajakan, digital marketing, perkantoran dan penguasaan teknologi informasi yang mutakhir.

    g. D3 Kebidanan

    Prodi D3 Kebidanan merupakan prodi yang mempelajari tentang asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan, dan bayi baru lahir, nifas, keluarga berencana, dan lain sebagainya.

    h. D3 Farmasi

    Prodi D3 Farmasi merupakan prodi yang membekali mahasiswanya dengan kompetensi dibidang pelayanan farmasi, industry farmasi, traditional, kosmetika, penelitian dan laboratorium, serta bidang kesehatan lainnya.

    i. D3 Perhotelan

    Prodi D3 Perhotelah merupakan prodi yang memiliki visi menjadi Program Studi perhotelan yang berstandar nasional dan internasional yang kreatif, unggul, berbudaya dan religius serta mendukung Pengembangan Kepariwisataan Indonesia yang berbasis pendidikan vokasional, entrepreneurship dan kearifan lokal.

    j. D3 Desain Komunikasi Visual

    Prodi D3 Desain Komunikasi Visual merupakan prodi yang menyiapkan mahasiswa menjadi profesional dengan keterampilan atau kemampuan kerja tinggi di bidang desain komunikasi visual.

    k. D3 Keperawatan

    Prodi D3 Keperawatan akan memberikan kamu bekal pengetahuan dan kemampuan menjadi seorang perawat yang bisa diandalkan di tengah masyarakat.

    2. Tersedia Unit Kegiatan Mahasiswa yang Bervariasi

    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan tingkat universitas ataupun fakultas yang mewadahi para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.

    Di UKM ini kamu tidak hanya bertemu dengan mahasiswa dari prodi saja, tetapi dari semua prodi yang ada di Politeknik Harapan Bersama. Dengan begini jaringan pertemanan kamu akan semakin luas. Ini juga bisa menjadi alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama berikutnya.

    Berikut beberapa UKM yang ada di Politeknik Harapan Bersama

    • Forum Mahasiswa Islam (Formasi)
    • Politeknik Karate Club (POKA-C)
    • Poltek English Club (PEC)
    • Politeknik Pecinta Alam (Popala)
    • Rana9 Fotografi
    • Teater Banyu Biru
    • UKM Musik
    • UKM Tari

    3. Didukung dengan Fasilitas yang Lengkap

    Alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama selanjutnya yaitu kampus ini menyediakan sejumlah fasilitas, baik fasilitas akademik maupun non akademik untuk mendukung segala aktivitas di lingkup kampus.

    Berikut beberapa fasilitas yang akan kamu temui di Politeknik Harapan Bersama:

    • Laboratorium kebidanan
    • Laboratorium farmasi
    • Laboratorium komputer
    • Laboratorium elektro
    • Bengkel teknik mesin
    • Perpustakaan
    • Hotspot Area

    4. Terdapat Sejumlah Beasiswa

    Terdapat beberapa beasiswa yang diberikan Politeknik Harapan Bersama kepada mahasiswa baik dari intern kampus maupun dari pihak pemerintah maupun pihakā€“pihak yang lain. Tentunya, ini juga bisa menjadi alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama lain.

    Diantara beasiswa yang telah ada adalah :

    • Beasiswa PPA (Kopertis)
    • Beasiswa Yayasan Harapan Bersama
    • Beasiswa Unggulan BPKLN Depdiknas RI

    Berkuliah di Politeknik Harapan Bersama dengan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar alasan berkuliah di Politeknik Harapan Bersama. Kesempatan untuk kamu berkuliah di Politeknik Harapan Bersama sangat terbuka lebar.

    Apalagi saat ini, Danacita dan Politeknik Harapan Bersama telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi kamu lewat program bantuan dana pendidikan berupa cicilan.

    Melalui program cicilan pendidikan terjangkau ini, biaya kuliahmu di Politeknik Harapan Bersama bisa menjadi lebih ringan karena bisa dibayar mulai 6 hingga 12 bulan.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Selain dengan kampus ini, Danacita juga bekerjasama dengan lebih dari 140 institusi pendidikan lainnya lho!

    Pengajuan di Danacita juga mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja. Keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Ketahui informasi lengkapnya dengan melihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-button-only

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!