Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Jurusan Administrasi Bisnis: Pengertian, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-02

jurusan-administrasi-bisnis

Source: pexels

Daftar isi

    Apakah kamu saat ini sedang mencari rekomendasi jurusan untuk kuliah? Ada banyak pilihan jurusan yang bisa kamu. Untuk kamu yang tertarik dengan dunia bisnis, jurusan Administrasi Bisnis mungkin bisa menjadi pilihan.

    Apa sih jurusan Administrasi Bisnis? Apa saja yang dipelajari dan bagaimana prospek karir dari lulusan Administrasi Bisnis? Temukan jawabannya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Administrasi Bisnis?

    Jurusan Administrasi Bisnis merupakan program multidisiplin komprehensif yang menggabungkan berbagai mata pelajaran mulai dari marketing, akuntansi, hingga sumberdaya manusia dan ekonomi. Jurusan ini juga gabungan dari matematika, hukum bisnis, keuangan, dan etika.

    Di jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana bisnis berfungsi. Selain itu, kamu juga akan mempelajari prinsip-prinsip bisnis sambil memperkuat keterampilan kepemimpinan.

    Apa yang Dipelajari Jurusan Administrasi Bisnis?

    Umumnya, kurikulum administrasi bisnis dirancang untuk mengajarkan kamu bagaimana merencanakan bisnis secara strategis untuk menciptakan nilai organisasi dan menguasai prinsip-prinsip keuangan. Selain itu, kamu akan memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana memimpin proyek di semua bidang bisnis. Pembelajaran biasanya dirancang agar selaras dengan skenario bisnis dunia nyata yang diajarkan dari perspektif yang relevan dengan industri.

    Di awal-awal semester, kamu akan bertemu dengan berbagai mata kuliah dasar. Pengantar Bisnis, Pengantar Ekonomi, Azas-Azas Manajemen, Akuntansi I, Bahasa Inggris, Statistik dan Teori Organisasi. Di tahun kedua, yang kamu pelajari sudah lebih mendalam. Beberapa di antaranya merupakan topik lanjutan dari semester awal. Misalnya Organisasi Manajemen Bisnis, Akuntansi Biaya, Manajemen SDM, Pengantar Pemasaran, Investasi & Portofolio, Sosiologi Industri, serta Perilaku Konsumen.

    Naik ke tahun ktiga atau di semester 5 & 6, kamu akan berikan pilihan untuk mengambil mata kuliah khusus, atau dalam hal ini peminatan. Mata kuliahnya seperti Manajemen Keuangan Internasional, Manajemen UMKM, Advertising, Strategic Marketing, Digital Marketing dan E-Commerce, Business Intelligence, hingga Industri Kreatif Pariwisata.

    Di semester ini, mulai belajar Metode Penelitian Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen. Kedua mata kuliah ini membahas bagaimana proses pengolahan data yang berguna untuk menemukan masalah dan membuat kebijakan perusahaan. Selain itu, ada juga mata kuliah Statistika Bisnis, Etika Bisnis, Riset Operasi, Analisis Pasar, dan Strategi Kelayakan.

    Kemudian di semester akhir, seperti pada umumnya, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar kampus untuk menerapkan secara langsung ilmu yang kamu dapat di kelas. Kamu akan berkesempatan mengikuti magang dan KKN. Selain itu ada juga seminar proposal, dan tentu saja skripsi agar kamu dapat lulus dari jurusan Administrasi Bisnis.

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Administrasi Bisnis?

    1. Mempelajari Berbagai Ilmu dan Kemampuan

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Administrasi Bisnis merupakan jurusan yang sangat multidisiplin. Di jurusan ini kamu akan mempelajari beragam disiplin ilmu yang berbeda. Mulai dari ekonomi, statistika, bisnis, hukum, dan yang lainnya.

    Jurusan Administrasi Bisnis juga dapat mengembangkan berbagai keterampilan penting, seperti mengetahui bagaimana menganalisis masalah dengan menggunakan dan menerapkan data. Selain itu jurusan ini juga memberikan kesempatan untuk kamu dapat memperoleh kemahiran dalam mengelola kelompok besar serta membina komunikasi profesional.

    2. Mendapatkan Pengetahuan Tentang Teknik Manajemen Modern

    Administrasi bisnis berfokus pada manajemen dan administrasi bisnis dari semua ukuran bisnis. Dengan kata lain, jurusan administrasi bisnis saat ini difokuskan pada kemajuan di lapangan, seperti pemahaman yang mendalam tentang keunggulan kompetitif di banyak lingkungan bisnis, pengambilan keputusan yang efektif melalui analisis keuangan dan data, dan merancang solusi yang efektif untuk masalah tempat kerja dan organisasi modern untuk membantu merampingkan komunikasi lintas tenaga kerja yang efisien.

    Perusahaan selalu membutuhkan manajer terampil yang akrab dengan alat dan teknik modern, yang dapat mengelola pekerja secara efektif, dan yang dapat memastikan efisiensi dan fungsi yang tepat dari tim mereka.

    3. Merupakan Disiplin Ilmu yang Berorientasi Pada Praktik

    Saat mempelajari Administrasi Bisnis, keterampilan dan pengetahuan yang kamu peroleh tidak hanya berasal dari buku dan kelas saja. Ketika belajar teori, kamu juga belajar bagaimana mempraktikkannya. Melalui studi berorientasi praktik ini, kamu akan belajar bagaimana mempertimbangkan situasi dunia nyata dari perspektif bisnis.

    Tak sampai di situ, jurusan ini juga secara tidak langsung akan mendorong kamu untuk mengembangkan visi strategis dan keterampilan perencanaan. Jadi, ketika kamu mulai bekerja setelah menyelesaikan studi, kamu akan dapat menerapkan semua yang kamu pelajari ke dalam pekerjaan.

    4. Kesempatan Memilih Karir yang Luas

    Di pasar bisnis global yang terus berkembang saat ini, kebutuhan akan professional administrasi bisnis sangat tinggi. Baik itu perusahaan lokal, regional, nasional, dan multinasional selalu mencari talenta terbaik dari jurusan ini.

    Pertumbuhan karir untuk lulusan administrasi bisnis yang terus meningkat ini juga diikuti, dengan pilihan pekerjaan yang banyak dan bervariasi. Industri umum bagi mereka yang memiliki gelar sarjana dalam administrasi bisnis adalah perbankan investasi dan manajemen usaha kecil. Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan bidang-bidang seperti manajemen umum dan operasi, analisis manajemen, atau bahkan karir di pemerintahan, dan lain sebagainya.

    Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?

    Lulusan Administrasi Bisnis merupakan salah satu lulusan yang memiliki prospek kerja yang sangat luas. Berdasarkan Bureau of Labor Statistics (BLS), gelar sarjana administrasi bisnis sangat diminati, bersama dengan gelar akuntansi dan keuangan. Faktanya, BLS mengharapkan permintaan tumbuh antara 7-23% antara sekarang dan 2026.

    Gelar dalam administrasi bisnis menawarkan fleksibilitas yang besar dan dapat menjadi jalur untuk memasuki bidang-bidang seperti keuangan, akuntansi, manajemen, sumber daya manusia, pemasaran, dan banyak lagi. Selain itu, kamu dapat mulai mengajar kelas administrasi bisnis. Semua kemungkinan ini tentu harus didukung dengan penggunaan keterampilan jaringan dan sertifikasi serta kursus tambahan yang dapat mengarah pada pertumbuhan karir lebih lanjut.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik

    1. President University

    Jurusan Administrasi Bisnisi di President University merupakan salah satu jurusan yang masuk dalam Fakultas Bisnis. Visi dari jurusan ini ialah menjadi pusat pendidikan dan pengembangan Administrasi Bisnis di Asia yang akan menghasilkan pemimpin bisnis masa depan yang berjiwa wirausaha, pola pikir multikultural, dan berdaya saing global.

    Konsentrasi ini untuk para visioner yang memiliki keinginan untuk membuka usaha di masa depan tetapi tidak tahu caranya. Konsentrasi ini juga ditawarkan bagi mereka yang berasal dari latar belakang bisnis keluarga dan bertujuan untuk mengembangkan bisnis menjadi bisnis rantai atau waralaba.

    Program studi Administrasi Bisnis President University menawarkan enam konsentrasi untuk mempersiapkan kamu memasuki profesi, yaitu:

    • Bisnis Digital
    • Bisnis Global
    • Bisnis Retail
    • Manajemen Kekayaan dan Perencanaan Keuangan
    • Bisnis Keluarga
    • Bisnis Perhotelan dan Pariwisata

    2. Universitas Bisnis Sarana Informatika (UBSI)

    Jurusan Administrasi Bisnis merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBSI. Jurusan ini memiliki visi untuk menjadi program studi yang menghasilkan lulusan berkualitas di bidang administrasi bisnis melalui penguasaan teknologi informasi untuk mewujudkan kreativitas berwirausaha.

    Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan berjiwa entrepreneur di bidang ekonomi dan bisnis.

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Administrasi Bisnis Dengan Danacita

    Kamu ingin berkuliah di jurusan administrasi tapi terkendala biaya? Gak usah khawatir, karena Danacita siap mewujudkan impian kamu.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan banyak lembaga pendidikan, termasuk dengan President Univesrity dan UBSI. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa Presdient University dan UBSI. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya.

    Terlebih syarat untuk mengajukan juga sangat mudah. kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara. Selain itu, Danacita juga aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!