Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Mengapa Memilih Cicilan Kuliah Bisa Menjadi Solusi Bagi Mahasiswa Sekarang

2022-02-24

Daftar isi

    Mengikuti perguruan tinggi masih menjadi jawaban bagi mayoritas orang dengan tujuan untuk menjadi sukses di masa mendatang. Untuk menjadi seorang mahasiswa, banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari kesiapan mental sampai kesiapan finansial. Sayangnya, masih banyak calon mahasiswa yang memiliki kendala dalam masa persiapan, terutama untuk kesiapan finansial.

    Untuk mahasiswa rantau, pada umumnya mereka harus pintar dalam mengatur keuangan agar bisa memenuhi kebutuhan, tetapi di sisi lain juga tidak membebani orang tua. Alasan lain, yaitu dengan kondisi pandemi seperti sekarang yang menyebabkan ekonomi menjadi tidak stabil sehingga menyulitkan sebagian orang untuk melanjutkan pendidikan. Kini, sudah banyak platform yang menyediakan layanan cicilan kuliah untuk membantu mahasiswa. Berikut ini adalah alasan kenapa cicilan bisa menjadi solusi kamu.

    Biaya Pendidikan yang Mengintimidasi

    Source image: Pexels/Khwanchai Phanthong

    Bagi mahasiswa baru, biaya yang harus dibayarkan untuk memulai perkuliahan biasanya sangat besar, mulai dari uang pangkal, biaya per semester, dan kebutuhan yang lainnya. Jumlah dari biaya tersebut sudah pasti tidak murah dan bahkan bisa mengintimidasi sebagian orang. Lain halnya untuk mahasiswa lama yang tanggungannya berfokus pada biaya per semester. Meskipun begitu, terkadang menjadi mahasiswa lama juga belum bisa tenang, karena biaya kuliah yang terus mengalami peningkatan.

    Dari alasan-alasan tersebut, biasanya disebabkan karena masih rendahnya anggaran pendidikan yang diberikan pemerintah dalam APBN, yaitu sebesar 20%. Karena sistem pendidikan di Indonesia dibagi menjadi tiga satuan, maka terdapat kekurangan dan biasanya kekurangan ini dibebankan untuk perguruan tinggi yang berdampak kepada mahasiswa. Selain itu, juga banyak alasan-alasan lain seperti fokus subsidi untuk pendidikan dasar, meningkatnya perlengkapan dan gaji mengajar bagi pengajar, adanya inflasi negara, dan yang lainnya.

    Dengan memilih cicilan kuliah dalam membantu kamu menanggung beban biaya perkuliahan, kamu bisa tetap terus fokus untuk melanjutkan pendidikan. Kamu juga bisa sedikit meringankan beban orang tuamu dan tetap menjalankan kewajiban sebagai anak.

    Membayar Biaya Tambahan Seperti Kursus

    Source image: Pexels/Pixabay

    Persaingan dalam dunia kerja sudah tidak perlu lagi diragukan kesulitannya. Hal ini lah yang menjadi momok bagi para mahasiswa di semester akhir. Di zaman sekarang, mayoritas perusahaan menuntut calon karyawan untuk memiliki banyak skill agar bisa menjadi aset masa mendatang bagi perusahaan.

    Salah satu jalan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia profesional, adalah dengan mengikuti kursus atau sertifikasi. Sayangnya, biaya yang diperlukan untuk melakukan kursus ini cukup besar, apalagi jika kamu ingin kursus di tempat yang sudah terjamin kualitasnya.

    Jika kamu tidak ingin semakin menambah beban orang tuamu, dengan biaya selain pendidikan, melakukan cicilan bisa menjadi solusinya. Di satu sisi kamu bisa mendapat pelatihan yang sesuai dengan minat, tetapi masalah biaya bisa jadi lebih terbantu.

    Keuntungan Memilih Cicilan Biaya Kuliah

    Kalau kamu memutuskan untuk memilih cicilan sebagai solusi biaya pendidikan, kamu bisa mulai belajar dalam mengatur keuangan. Karena dalam rentang waktu yang sudah ditentukan, kamu memiliki tanggung jawab untuk membayar cicilan tersebut. Kamu bisa mulai mencari-cari kerja, seperti part time, freelance atau magang supaya bisa membantu orang tuamu dalam melunasi cicilan tersebut.

    Sudah banyak platform yang menyediakan bantuan cicilan yang tidak ribet juga transparan, bahkan secara online. Meskipun begitu, kamu harus memahami betul platform apa yang akan kamu pilih sebelum memutuskan. Beberapa kriteria platform yang baik untuk mengajukan cicilan biaya kuliah yang aman yaitu harus legal, patuh pada hukum yang berlaku di Indonesia, terpercaya dengan informasi yang terperinci, juga diawasi dan mendapat sertifikat langsung dari OJK.

    Layanan cicilan pendidikan di Indonesia sudah bukan hal baru di masyarakat, tetapi masih jarang yang berfokus pada pendidikan bahkan bekerja sama langsung dengan mitra lembaga pendidikan.

    Platform yang bisa menjadi pilihan saat kamu butuh bantuan dalam dunia pendidikan seperti cicilan kuliah adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri