Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Kuliah di Universitas Galuh Terlengkap

2023-02-03

Daftar isi

    Bagi kamu yang masih bingung menentukan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mana untuk melanjutkan jenjang akademikmu, Universitas Galuh bisa jadi destinasi pilihan PTS yang tepat. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika kamu berkuliah di kampus ini.

    Berbagai alasan kuliah di Universitas Galuh tersebut tentu bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih kampus ini sebagai kampusmu kelak. Lalu, apa saja ya alasan kuliah di Unigal? Simak artikel ini sampai selesai ya.

    Tentang Universitas Galuh

    Sebelum membahas tentang alasan kuliah di Universitas Galuh, berikut akan dijelaskan tentang kampusnya terlebih dahulu. Universitas Galuh adalah sebuah universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis yang berada di di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46274, Jawa Barat.

    Berdiri pada 8 April 1998, Universitas Galuh lahir dari gabungan beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada waktu itu. Sekolah tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh.

    Visi dari universitas ini adalah Menjadi Universitas Unggul serta berwawasan Global pada Tahun 2045 .

    Sementara untuk misinya sendiri, yaitu:

    • Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam meningkatkan mutu manajemen internal Perguruan tinggi dan pada gilirannya akan meningkatkan citra institusi dimata stakeholders.
    • Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam mendorong dan mengembangkan unggulan dan inovasi Perguruan Tinggi di bidang penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang secara langsung dapat membantu peningkatan daya saing daerah dan pembangunan nasional.
    • Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam mengembangkan program unggulan Perguruan Tinggi seperti peningkatan jumlah publikasi ilmiah,pertukaran dosen/mahasiswa, kerja sama serta perolehan status akreditasi yang kesemuanya bertaraf internasional untuk meningkatkan wawasan global.
    • Menyelenggarakan Pendidikan berbasi teknologi dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan berwawasan global.
    • Menyelenggarakan Pendidikan berbasis teknologi dalam menjalin kerja sama akademik dan/atau non akademik dengan perguruan tinggi lain, atau institusi lain, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

    Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Universitas Galuh

    Setelah mengenal kampus ini, berikut penjelasan mengenai alasan kuliah di Universitas Galuh.

    1. Telah Terakreditasi BAN-PT

    Alasan kuliah di Universitas Galuh yang pertama yaitu telah terakreditasi BAN-PT. Universitas Galuh telah memiliki akreditasi B oleh BAN-PT sesuai dengan SK 1704/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/X/2022.

    Akreditasi ini berlaku hingga 2027. Selain kampusnya, hampir semua program studi di Universitas Galuh juga telah diakui dan terakreditasi oleh BAN-PT. Hal ini membuktikan jika Universitas Galuh merupakan salah satu perguruan tinggi yang layak dari sisi akademis.

    2. Terdapat program Culture & Conservation

    Alasan kuliah di Universitas Galuh selanjutnya adalah terdapat Program Culture & Conservation. Ini merupakan salah satu program unggulan yang dihadirkan Universitas Galuh. Program ini memiliki visi untuk bisa mengakselerasi program Konservasi berbasis Budaya dengan standar Global dan menciptakan budaya Konservasi secara beradab demi keseimbangan alam dan Kesejahteraan Sosial Kemasyarakatan.

    Lewat program ini, Universitas Galuh bekerjasama banyak lembaga untuk menjalankan berbagai program dan pelatihan yang menarik. Misalnya program Hibber dan pelatihan keterampilan Batik EcoPrint.

    3. Tersedia Berbagai Beasiswa

    Berikutnya, alasan kuliah di Universitas Galuh adalah tersedianya berbagai beasiswa. Universitas Galuh sangat mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi. Untuk itu, setiap mahasiswa yang berprestasi diberikan beasiswa, baik yang berasal dari Pemerintah, Swasta maupun Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis diantaranya :

    • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBBM)
    • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA)
    • Beasiswa Supersemar
    • Beasiswa Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (BPPE)
    • Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi & tidak mampu program regular Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
    • Beasiswa Bantuan Belajar bagi Guru
    • Beasiswa Yayasan Pendidikan Galuh
    • Bantuan Khusus Mahasiswa
    • Beasiswa Korban Bencana Alam Nasional
    • Beasiswa Pemerintah Kota Banjar
    • Beasiswa BIDIKMISI
    • Beasiswa Kemenag RI
    • Beasiswa Dinas Pendidikan Prov. Jabar
    • Beasiswa Pemuda Berprestasi
    • Beasiswa Atlet/Keluarga Atlet Berprestasi
    • Beasiswa Guru Non PNS Berprestasi
    • Beasiswa Mahasiswa 3T
    • Beasiswa Biaya Pendidikan
    • Beasiswa Tugas Akhir Pemprov. Jabar

    4. Pemilik Beragam Organisasi Kemahasiswaan

    Alasan kuliah di Universitas Galuh yang lainnya yaitu memiliki bermacam organisasi kemahasiswaan. Selain mengapresiasi mahasiswa, Universitas Galuh juga sangat mendukung setiap mahasiswa yang ingin mengembangaan skillnya lewat organisasi kemahasiswaa. Universitas Galuh menyediakan beragam organisasi yang dapat mendukung minat dan bakat kamu. Mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa, hingga Unit Kegiatan Mahasiswa.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Fakultas dan Program Studi di Universitas Galuh

    1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Hadirnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tidak lepas dari cikal bakal lahirnya Universitas Galuh. Fakultas ini merupakan fakultas yang berasal dari IKIP Bandung Extension Ciamis yang didirikan pada tahun 1967.

    Pasang surut dialami oleh fakultas ini, hingga akhirnya pada tanggal 8 April 1998, keluar Surat Keputusan Nomor 114/SK/Dikti/98 yang menetapkan penggabungan dan perubahan sekolah-sekolah tinggi menjadi fakultas-fakultas di dalam Universitas Galuh. Maka sejak saat itu sekolah-sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis berubah menjadi fakultas-fakultas, termasuk STTK Galuh yang berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

    Saat ini, fakultas ini menyelenggarakan 7 program studi (prodi), yaitu

    1. Pendidikan Jasmani dengan akreditasi B
    2. Pendidikan Bahasa Indonesia dengan akreditasi B
    3. Pendidikan Biologi dengan akreditas B
    4. Pendidikan Bahasa Inggris dengan akreditas B
    5. Pendidikan Matematika dengan akreditas B
    6. Pendidikan Akuntansi dengan akreditas B
    7. Pendidikan Sejarah dengan akreditas B

    2. Fakultas Ekonomi

    Fakultas Ekonomi Universitas Galuh merupakan fakultas yang awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Galuh dan berdiri sejak tahun 1996. Fakultas ini memiliki visi untuk menjadi Entrepreneur faculty yang unggul dan berwawasan global dalam bidang UMKM dengan mengusung nilai-nilai kagaluhan pada tahun 2035.

    Fakultas ini memiliki dua program studi yang ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat belajar dan mengembangkan keilmuan, khususnya di bidang ekonomi. Kedua program studi tersebut yaitu:

    1. Manajemen
    2. Akuntansi

    3. Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum Universitas Galuh merupakan fakultas yang menyelenggarakan program studi Ilmu Hukum. Untuk itu, fakultas ini diharapkan menjadi pusat pengembangan ilmu hukum yang memberikan kontribusi dalam peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan mendukung penegakan hukum. Adapun visi dari fakultas ini yaitu menjadi program studi yang unggul dalam bidang ilmu hukum di tingkat nasional menuju persaingan global tahun 2030.

    4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan salah satu fakultas di lingkup Universitas Galuh yang telah terakreditasi B. Fakultas ini memiliki visi sebagai pusat pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang unggul menuju persaingan global pada tahun 2030. Fakultas ini menyelenggarakan dua program studi, yaitu:

    • Administrasi Publik
    • Ilmu Pemerintahan

    5. Fakultas Pertanian

    Fakultas Pertanian Universitas Galuh adalah fakultas yang berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Galuh dan berdiri pada 1997. Fakultas ini juga merupakan salah satu dari Sekolah Tinggi yang menjadi cikal bakal Universitas Galuh. Seiring perkembangannya, di tahun 1998, Sekolah Tinggi ini bermetamorfosa menjadi Fakultas Pertanian, sejalan dengan resmi berdirinya Universitas Galuh yang lahir dari gabungan beberapa sekolah tinggi.

    Fakultas Pertanian Universitas Galuh memiliki satu program studi, yaitu Agribisnis yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

    6. Fakultas Teknik

    Fakultas Teknik Universitas Galuh adalah fakultas yang memiliki visi untuk mewujudkan Fakultas Teknik Universitas Galuh menjadi terkemuka, unggul dan berdaya saing global pada tahun 2030. Fakultas ini bertujuan untuk memastikan tersedianya sumber daya manusia Fakultas Teknik yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan, hingga meningkatnya kualitas manajemen Fakultas Teknik.

    Program studi di Fakultas Teknik Universitas Galuh antara lain:

    • Teknik Mesin
    • Teknik Sipil
    • Teknik Industri
    • Sistem Informasi

    7. Fakultas Ilmu Kesehatan

    Fakultas Ilmu Kesehatan juga merupakan hasil dari penggabungan 5 sekolah tinggi swasta dilingkungan Yayasan Pendidikan Galuh di Ciamis sekaligus berubah bentuk menjadi Universitas Galuh di Ciamis. Fakultas ini lahir sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi departemen pendidikan dan kebudayaan No. 114/KEP/DIKTI/1998

    Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh memilih visi menjadi fakultas kesehatan unggul mengedepankan pelayanan kesehatan berbasis komunitas dan berdaya saing global pada tahun 2030. Berikut program studi dari Fakultas Kesehatan Universitas Galuh:

    • Keperawatan
    • Kebidanan
    • Profesi Ners

    Kerjasama Resmi Universitas Galuh dan Danacita

    Itu dia penjelasan mengenai alasan kuliah di Universitas Galuh. Jika kamu ingin masuk ke kampus ini, untuk urusan biaya bisa menggunakan Danacita. Danacita merupakan perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Sebagai komitmen untuk dapat memberikan kemudahan dalam proses pembiayaan pendidikan bagi calon mahasiswa, Danacita telah menjalin kerjasama dengan Universitas Galuh.

    Dengan terwujudnya kerjasama ini, sangat menguntungkan dan mempermudah kamu untuk berkuliah di Universitas Galuh. Kamu dapat mengajukan program cicilan multi semester di Danacita dan dapat langsung membiayai pendidikannya sampai dengan 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan. Pastinya, program cicilan multi semester ini akan memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa aktif untuk meraih cita-cita masa depan bersama Universitas Galuh.

    Kabar baiknya, Danacita dijamin aman karena telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, persyaratan untuk mengajukan cicilan lewat Danacita juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa berkas untuk verifikasi.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    universitas galuh alasan kuliah di Universitas Galuh
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri