Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Alasan Rahasia Kuliah di AKPAR NHI Bandung

2023-03-02

Daftar isi

    Jika kamu sudah sampai di tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA), berarti sudah saatnya memikirkan jenjang pendidikan berikutnya, yaitu universitas. Ya, masa perkuliahan akan segera datang. Untuk itu, kamu wajib memilih perguruan tinggi terbaik dan tepat untukmu.

    Terlepas dari jurusan semasa SMA, IPA maupun IPS, kamu tetap bisa memilih program studi (prodi) berkualitas yang sesuai di kampus yang tepat, kok. Namun, memilih kampus serta jurusan yang tepat tentu bukan hal yang mudah. Sebab, salah memilih bisa mempengaruhi perjalananmu untuk menyelesaikan perguruan tinggi.

    Nah, jika kamu suka dengan bidang pariwisata, bisa memilih AKPAR NHI Bandung. Pasti kamu penasaran dengan kampus ini kan? Untuk itu, simak informasi lengkap mengenai alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung di bawah ini.

    Tentang AKPAR NHI Bandung

    Alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung yang pertama adalah karena memiliki jejak sejarah yang sangat baik.

    STP Bandung menjadi cikal bakal berdirinya AKPAR NHI Bandung. STP ini pun tidak terlepas dari berdirinya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) di tahun 1959. SKP merupakan sekolah kejuruan menengah atas yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

    Tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 1962, SKP resmi berganti nama menjadi SKPP yang merupakan singkatan dari Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoranan. Perubahan ini juga bersamaan dengan beralihnya kelembagaan yang menaunginya. Dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi Departemen Perhubungan.

    Setahun kemudian, tepatnya 11 Maret 1963, berdirilah Akademi Perhotelan dan Perestoranan (APP). APP ini sebagai kelanjutan dari SKP dan masa pendidikan berlangsung selama 3 tahun.

    Pada 8 Maret 1965, APP mengalami perubahan nama menjadi APN yang merupakan singkatan dari Akademi Perhotelan Nasional. APN. Akademi ini (APN) sekaligus menjadi pendidikan tinggi pertama di Indonesia yang bergerak di bidang perhotelan.

    Departemen Perhubungan kemudian memutuskan untuk menggabungkan SKPP dan APN menjadi Pusat Pendidikan Kepariwisataan (PUSDIKPAR) di tanggal 7 Maret 1967. Tiga tahun berselang, pada 6 Januari 1970, Pusdikpar resmi berubah nama menjadi APN.

    Hingga pada akhirnya, 21 Juli 1973, APN menjadi NHI (National Hotel Institute). Perubahan ini tidak terlepas dari kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Swiss dalam bidang pendidikan perhotelan. Sistem pendidikan yang diterapkan di NHI adalah program Diploma I, II, dan III.

    Program Studi yang Berkualitas

    Alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung selanjutnya ialah kampus ini telah membuka program studi perhotelan. Prodi ini sendiri memiliki 4 program pendidikan, yaitu:

    1. Room Division Service

    Peminatan Room Division Service atau Divisi Kamar mempelajari tentang Front Office, Laundry, dan Housekeeping. Dalam mendukung proses pembelajaran, Akademi Pariwisata NHI Bandung telah melengkapi berbagai sarana prasarana. Diantaranya seperti laboratorium praktikum berupa ruang simulasi, laboratorium bahasa, perpustakaan, internet, dan IT.

    Selain sarana prasarana yang mendukung, tenaga pengajar dan para dosen juga merupakan yang berkompeten dan ahli. Mereka berasal dari lulusan S1 dan S2 yang telah memiliki pengalaman di industri pariwisata.

    2. Food & Beverage Service

    Peminatan Food & Beverage Service atau juga disebut dengan F&B Services bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki pengetahuan dan kompeten dalam pengelolaan kegiatan operasional pelayanan makanan dan minuman.

    Sarana dan prasarana pendukung juga sama halnya dengan peminatan Room Division. Tersedia laboratorium, bar, restaurant, banquet, perpustakaan, stewart, lounge, dan room service. Begitu juga dengan tenaga pengajar dan dosen yang berkualifikasi S1 dan S2.

    3. Kitchen

    Peminatan Kitchen menjadi bagian dalam program studi Diploma II Jurusan Perhotelan Akademi Pariwisata NHI Bandung. Peminatan ini bertujuan untuk mencetak para lulusan yang profesional dalam mengelola kegiatan operasional, khususnya di bidang pengolahan makanan.

    4. Pastry

    Peminatan Pastry (Food Production) bertujuan untuk mendidik dan melatih calon tenaga kerja yang profesional agar mampu mengelola kegiatan operasional bagian pengolahan Roti dan Kue.

    Para lulusannya dipersiapkan untuk dapat mengisi jabatan sebagai pimpinan menengah di industri perhotelan, usaha jasa boga, restaurant, rumah makan dan diharapkan menjadi wiraswasta.

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Fasilitas Kampus yang Lengkap

    Kampus ini menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa sehingga menjadi salah satu alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung.

    Beberapa fasilitas yang dimiliki AKPAR NHI Bandung, yaitu:

    • Area Receptionist
    • Lab. Komputer
    • Perpustakaan
    • Ruang Kelas
    • Ruangan Mockup Kamar
    • Gedung Praktek Novena
    • Lab. Restaurant
    • Lab. Kitchen
    • Lab. Pastry
    • Individual Kitchen

    Keunggulan AKPAR NHI Bandung

    Alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung selanjutnya adalah kampus ini memiliki keunggulan yang mendukung para mahasiswanya agar sukses setelah lulus.

    Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki, antara lain:

    1. Pembelajaran AKPAR NHI Bandung

    Pada proses belajar mengajar, AKPAR NHI Bandung menyusun sedemikian rupa dan selalu mengikuti perkembangan yang ada agar lulusan kampus ini sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang ada.

    • Kurikulum berdasarkan KKNI
    • Evaluasi Kurikulum secara berkala
    • Materi menggunakan Toolbook Asia
    • Menggunakan Swiss Model Hotel School
    • Pola Perkuliahan 1 Minggu Teori dan 1 Minggu Praktik
    • Praktik Kerja Industri selama 2 semester
    • Memiliki Jaringan kerjasama dengan industri
    • Mahasiswa memiliki prestasi baik ditingkat Nasional maupun Asean

    2. Lulusan AKPAR NHI Bandung

    Alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung adalah kampus ini terbukti melahirkan alumni yang berprestasi dan bahkan ada yang bekerja di luar negeri.

    • Lulusan AKPAR NHI diakui oleh Industri baik dalam maupun luar negeri
    • Lulusan AKPAR NHI memiliki pengalaman 1 tahun di industri
    • Lulusan AKPAR NHI dibekali dengan sertifikat kompetensi dari BNSP
    • 34% Alumni sudah tersebar di luar negeri
    • 74% masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari 1 tahun
    • 74% pekerjaan alumni sesuai dengan program studinya

    Berkuliah di AKPAR NHI Bandung dengan Danacita

    Itu dia informasi mengenai alasan kuliah di AKPAR NHI Bandung. Ada kabar gembira untuk kamu yang ingin kuliah namun terkendala dengan biaya. AKPAR NHI Bandung telah bekerja sama dengan Danacita untuk urusan pembayaran biaya kuliah.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk membuka akses pendidikan kepada pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan ke Danacita, biaya kuliahmu akan jadi lebih ringan karena bisa dibayar mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa ada tuntutan untuk membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Selain dengan AKPAR NHI Bandung, Danacita juga telah bekerjasama dengan lebih dari

    130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia sehingga sudah pasti aman dan terjamin.

    Tertarik untuk kuliah di STKIP Kusuma Negara dengan menggunakan Danacita? Cari tahu informasinya di website Danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri