Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Berencana S2? Saatnya Ambil Magister Akuntansi!

2022-09-09

Daftar isi

    Setelah menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sarjana, biasanya kamu memiliki dua pilihan yang akan dihadapi. Pertama, apakah akan fokus untuk mencari pekerjaan? Kedua, apakah akan melanjutkan lagi studimu ke jenjang S2 untuk mendapatkan gelar master? Atau, kamu ingin bekerja sambil meneruskan pendidikan S2?

    Beberapa orang mungkin masih berpikir "untuk apa melanjutkan pendidikan S2?" Eits, jangan salah. Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, lho. Salah satu jurusan yang memiliki peluang besar dalam karir atau masa depan adalah magister akuntansi.

    Bagi kamu yang masih penasaran apa saja hal yang membuat magister akuntansi cukup diminati, bagaimana prospek kerja, hingga rekomendasi kuliahnya, simak pembahasannya berikut ini.

    Apa Itu Magister Akuntansi

    Program magister akuntansi merupakan program S2 bisnis dengan penekanan pada perspektif akuntansi untuk membentuk karakter pemimpin bisnis yang kreatif dan inovatif. Akuntansi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, pengklasifikasian, pengukuran, pengolahan dan penyajian data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan, sehingga dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan untuk mengambil keputusan dan tujuan lainnya.

    Akuntansi memberikan berbagai informasi mengenai kegiatan keuangan dalam perusahaan maupun instansi yang bisa jadi tolok ukur performa dan juga alat kontrol sebuah perusahaan. Nantinya, lulusan magister akuntansi diharapkan tidak hanya unggul dalam disiplin akuntansi tetapi juga memiliki wawasan tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk pengambilan keputusan strategis.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Magister Akuntansi

    Pasti kamu bertanya-tanya apa saja yang dipelajari dalam kuliah jurusan akuntansi. Pada dasarnya, jurusan akuntansi akan mempelajari cara pencatatan laporan keuangan, memeriksa, dan memberi penilaian atas informasi keuangan.

    Lebih lengkapnya, berikut mata kuliah yang dipelajari di magister akuntansi:

    1. Akuntansi Manajemen

    Mata kuliah akuntansi manajemen lebih banyak menekankan kepada upaya penyajian informasi bagi kepentingan manajemen dalam pengambilan keputusan kegiatan operasional sehari-hari maupun strategis. Akuntansi manajemen ini berupaya memberikan pemahaman berkaitan dengan perilaku biaya, analisis titik impas, relevansi biaya untuk pengambilan keputusan taktis, pusat pertanggungjawaban dan penilaian kinerja.

    2. Akuntansi Keuangan

    Mata kuliah ini mempelajari seputar kondisi keuangan di instansi publik, baik di tingkat daerah maupun pusat, dengan beberapa mata kuliah seperti standar akuntansi sektor publik, perencanaan dan pengembangan sektor publik, audit akuntansi sektor publik.

    Selain mata kuliahnya yang sangat menarik, akuntansi keuangan membawa kamu kepada peluang kerja yang besar, seperti menjadi Financial Analyst, Public Accountant, Accounting Staff, Credit Analyst, Accounts Payable/Receivable Clerk, Financial Planner, dan masih banyak lainnya.

    3. Akuntansi Perpajakan

    Akuntansi perpajakan adalah cabang dari ilmu akuntansi. Ilmu ini akan membahas segala hal mengenai pencatatan dan penyusunan laporan semua transaksi keuangan dalam mengetahui besarnya pajak yang harus dibayar Wajib Pajak (WP). Pada dasarnya, baik akuntansi biasa maupun perpajakan memiliki cara kerja yang serupa. Bedanya, jika akuntansi biasa menghasilkan laporan keuangan, akuntansi perpajakan menghasilkan laporan pajak.

    4. Pengauditan

    Mata kuliah auditing bertujuan untuk memberikan mahasiswa doktoral pemahaman tentang teori auditing, praktik dan metode penelitian empiris bidang auditing. Fokus utamanya adalah penelitian audit empiris.

    Keuntungan Ambil Magister Akuntansi

    Pada dasarnya, melalui jurusan akuntansi, kamu dapat mempelajari prinsip-prinsip akuntansi, seperti misalnya audit, pelaporan, pengaturan, dan juga peraturan pajak. Dengan begitu, nantinya akan dihasilkan akuntan yang mampu menangani berbagai seluk-beluk keuangan, terutama keuangan pada perusahaan maupun badan usaha lainnya.

    Nah, jika kamu mengambil magister akuntansi, berikut beberapa keuntungan yang akan diperoleh:

    1. Memiliki Jenjang Karir yang Cerah

    Setiap perusahaan pasti membutuhkan jasa akuntan untuk mengelola sistem keuangan perusahaan. Selain itu banyak sekali pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan akuntansi. Lulusan akuntansi bisa bekerja sebagai auditor, akuntan, manajer, bekerja di sektor perbankan, analis sistem informasi akuntansi, EDP dan masih banyak lagi.

    2. Investasi untuk Gaji Lebih Tinggi

    Pekerjaan dengan syarat S2 umumnya memiliki range gaji yang tinggi. Jika lulusan S1 akuntansi biasanya memulai karir dari nol, lulusan S2 bisa memulai perjalanan karirnya di tahap yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti dosen, manajer, atau posisi strategis lainnya. Hal ini dikarenakan bidang-bidang pekerjaan tersebut membutuhkan lulusan S2 akuntansi untuk menduduki posisi tersebut. Pastinya, semakin tinggi posisi yang kamu dapatkan, maka akan semakin tinggi pula gaji yang akan kamu peroleh.

    3. Mendalami Ilmu atau Konsentrasi Tertentu

    Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang magister akuntansi, kamu bisa mendalaminya. Ilmu yang sebelumnya sudah kamu dapatkan saat S1 akan semakin dalam dan tajam. Selain itu, kamu enggak usah khawatir dengan mata kuliah yang menumpuk ya. Sebab, jenjang S2 akuntansi tak sama dengan jenjang S1. Di sini, mata kuliah yang akan kamu hadapi akan lebih terfokus dibandingkan S1.

    Jenjang Karir Magister Akuntansi

    Magister Akuntansi akan membiasakan siswa dengan metode yang paling efektif menghitung, meringkas dan mengkomunikasikan informasi keuangan penting.

    Semua bisnis berusaha untuk menghasilkan uang, dan terlepas dari industrinya, perusahaan akan membutuhkan spesialis akuntansi dan keuangan dalam menjalankan bisnis mereka sehari-hari. Umumnya, gelar akuntansi akan mencakup berbagai mata pelajaran yang berhubungan dengan bisnis dan berfungsi sebagai jalur yang bagus untuk posisi entry-level.

    Beberapa peran karir lulusan dapat mengejar meliputi:

    • Akuntan Publik
    • Auditor
    • Analis anggaran
    • Manajer keuangan

    Rekomendasi Kampus Magister Akuntansi: UNTAR

    Magister akuntansi UNTAR merupakan sebuah jurusan yang lengkap dengan laboratorium akuntansi, perpajakan, komputasi, dan lain-lain. Alumninya memiliki peluang untuk berkarir sebagai Konsultan Pajak, Konsultan Sistem Informasi Akuntansi, Auditor, dan masih banyak lagi.

    Program studi magister akuntansi di UNTAR juga sudak terakreditasi A sehingga kamu tak perlu khawatir akan kualitas pengajaran hingga fasilitas kampusnya. Kamu juga bisa menyelesaikan program studi ini dalam 3 semester, lho dengan bidang unggulan Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perpajakan, Pengauditan, dan GRC.

    Pembelajaran didukung dengan sarana prasarana yang lengkap, pakar dan profesional bisnis, Focus Group Discussion (FGD), sharing session serta studi lapangan di industri dan bisnis. Tersedia program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), by course dan by research applicative.

    Pada program studi magister akuntansi, kurikulum pembelajaran didesain untuk menghasilkan lulusan magister akuntansi yang handal mampu melakukan inovasi untuk menghasilkan kinerja yang tinggi dari dalam bidang keuangan baik sebagai profesional maupun sebagai pemilik perusahaan.

    Kerjasama UNTAR dan Danacita

    Buat kamu yang ingin mengambil magister akuntansi tetapi terkendala dengan biaya, jangan khawatir, sebab Danacita hadir untuk membantu kamu menggapai cita-cita untuk belajar di prodi favoritmu dengan meringankan biaya pendidikan kamu.

    Danacita adalah sebuah platform fintech yang hadir sebagai solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi maupun kursus. Terdapat berbagai pilihan tenor pembayaran mulai dari 6 hingga 24 bulan dengan berbagai metode pembayaran kembali yang memudahkan proses pembayaran cicilan setiap bulannya.

    Danacita juga sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia dan tersertifikasi ISO 27001 sebagai pelaksanaan praktek keamanan informasi. Selain itu, kamu tidak perlu membayar DP (Down Payment) atau jaminan apapun. Pengajuan aplikasi dilakukan secara online dan juga offline hanya perlu menunggu 2 hari kerja untuk diproses. Kamu juga bisa melunasi cicilan lebih awal tanpa dikenakan biaya tambahan.

    Jadi, tunggu apalagi? Segera daftar dan wujudkan mimpimu sekarang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    rekomendasi kampus magister akuntansi magister akuntansi UNTAR
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri