Default Avatar

Written By

Eka Danacita

Cara Membayar PMB Universitas Paramadina Terbaru! Ada Opsi Cicilannya!

2024-05-20

Daftar isi

    Kabar gembira untuk kamu calon mahasiswa baru Universitas Paramadina. Saat ini, Universitas Paramadina menyediakan berbagai opsi pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Dengan komitmen untuk memberikan akses pendidikan yang inklusif, Universitas Paramadina menawarkan beragam skema pembiayaan, beasiswa, dan fasilitas pembayaran yang fleksibel. Salah satunya dengan metode cicilan.

    Jangan salah, metode cicilan dalam membayar biaya kuliah merupakan suatu opsi pembayaran yang memungkinkan kamu untuk membagi beban keuangan kamu menjadi pembayaran berkala dengan lebih mudah dan ringan. Melalui sistem cicilan, kamu tidak perlu membayar seluruh biaya pendidikan secara sekaligus, melainkan dapat mengatur pembayaran dalam periode tertentu sesuai dengan kesepakatan dengan lembaga pendidikan atau penyedia layanan keuangan.

    Pembayaran dengan metode cicilan ini memberikan fleksibilitas finansial kepada kamu yang mungkin menghadapi keterbatasan dalam hal keuangan. Ini memungkinkan kamu untuk mengejar pendidikan tinggi tanpa harus menanggung beban finansial yang terlalu berat secara seketika. Metode cicilan juga menciptakan kesempatan bagi setiap individu dengan berbagai latar belakang ekonomi untuk meraih pendidikan berkualitas, menggambarkan komitmen lembaga pendidikan terhadap inklusivitas dan aksesibilitas pendidikan tinggi.

    Cara Daftar PMB Di Universitas Paramadina

    Sebelum melihat tata cara membayar biaya kuliah dengan Danacita, berikut cara daftar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Paramadina. Nah, untuk mendaftar melalui prosedur PMB, langkah-langkahnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

    1. Mengisi formulir pendaftaran secara online di https://admission.paramadina.ac.id/s1
    2. Mempersiapkan scan dokumen berupa:
      1. Ijazah/STTB, atau SKL/rapor dari kelas 1 s/d kelas 3 SMA, yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
      2. Kartu Keluarga
      3. Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus pilihan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Desain Produk Lifestyle dan Psikologi)
    3. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-
    4. Mengecek kartu peserta ujian
    5. Mengikuti ujian masuk yang diselenggarakan di kampus Universitas Paramadina, sesuai jadwal yang sudah dipilih. Peserta membawa alat tulis dan khusus untuk Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Lifestyle akan ada ujian menggambar dengan menggunakan pensil.
    6. Materi Ujian Masuk berupa : Tes Potensi Akademik (TPA), bukan tes mata pelajaran seperti materi Ujian Nasional (UN) atau SNMPTN dan SBMPTN. TPA tujuannya adalah untuk melihat potensi minat dan bakat dari calon mahasiswa.

    Tata Cara Membayar Kuliah Di Universitas Paramadina Dengan Danacita

    Universitas Paramadina bekerjasama dengan Danacita untuk memberikan kemudahan dalam membayar biaya kuliah untuk setiap mahasiswanya. Danacita sendiri merupakan sebuah platform pembiayaan pendidikan yang beroperasi di Indonesia sejak 2018. Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengakses dana pendidikan melalui skema pembiayaan yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan model pembiayaan ini, Danacita berusaha membantu masyarakat Indonesia dalam mengatasi tantangan biaya pendidikan yang mungkin menjadi hambatan dalam meraih akses ke pendidikan tinggi.

    Untuk kamu calon mahasiswa baru Universitas Paramadina, berikut langkah-langkah dalam membayar biaya kuliah dengan Danacita

    1. Mengakses Dashboard PMB

    laman-pmb-paramadina

    Langkah pertama yang kamu lakukan adalah dengan mengakses dashboard PMB. Kamu bisa klik di sini. Di dahsboard ini, kamu akan diminta memasukan username/ email dan juga password yang telah kamu dapatkan sebelumnya.

    Namun jika kamu belum melakukan registrasi, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu, dengan mengklik “Segera Daftar” yang ada di bagian bawah.

    2. Pilih “Daftar Ulang”

    daftar-ulang-pmb-paramadina

    Setelah berhasil login, kamu akan masuk ke tampilan halaman seperti di atas. Di samping kiri bagian bawah, terdapat pilihan “Daftar Ulang”. Silahkan klik pilihan “Daftar Ulang” untuk memproses daftar ulang kamu.

    3. Pilih Metode Pembayaran

    daftar-ulang-dengan-danacita

    Setelah mengklik menu “Daftar Ulang”, akan tampil Form Pembayaran Ulang. Form ini berisi nama lengkap, nomor registrasi, program studi, hingga komponen biaya dan juga metode pembiayaan yang bisa kamu pilih. Perhatikan dengan baik isi form tersebut dan pastikan semuanya sesuai dengan data kamu.

    Pada bagian transaksi pembayaran, terdapat pilihan metode pembayaran dengan “Danacita”. Silahkan centang pada pilihan "Ingin membayar dengan cicilan Danacita"

    banner-3d-balok

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    4. Pilih Metode Angsuran Danacita

    Setelah menceklis pilihan di Danacita, kamu bisa akan melihat beberapa pilihan tenor angsuran beserta totalan biaya cicilan bulanan yang akan kamu bayar. Terdapat empat pilihan dengan simulasi tagihan berikut:

    Program Studi Total Biaya Kuliah Danacita - 6x Angsuran Danacita - 12x Angsuran Danacita - 18x Angsuran Danacita - 24x Angsuran
    S1 - Desain Komunikasi Visual Rp10,875,000 Rp2,040,875 Rp1,123,750 Rp818,042 Rp684,219

    Note:

    • Asumsi biaya kuliah pada Gelombang 2 PMB Universitas Paramadina
    • Cicilan bulanan termasuk biaya platform (1.6%, 1.75%, 1.8%, dan 2%, serta 3% biaya pengajuan)
    • Simulasi cicilan hanya estimasi, dan dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Danacita

    5. Selesai

    finalisasi-pendaftaran

    Setelah mengikuti sejumlah langkah di atas, selanjutnya kamu berada di tahap terakhir yaitu mereview form dan juga persetujuan untuk berbagai data kamu dengan pihak kampus. Pada tahap ini, sebelum benar-benar menyetujui dan submit, kamu harus mereview dan memperhatikan dengan seksama setiap admission data yang sudah kamu masukan sebelumnya. Jika semuanya sudah benar dan kamu sudah setuju untuk berbagi data, silahkan klik tombol “setuju” yang ada di sudut kanan bawah.

    Itu dia tata cara daftar PMB dan membayar kuliah di Universitas Paramadina dengan mudah lewat Danacita. Sangat mudah bukan? Dengan tersedianya opsi pembayaran melalui Danacita, Universitas Paramadina memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat dengan memberikan solusi pembiayaan yang fleksibel. Kerjasama ini mencerminkan komitmen universitas untuk mendukung mahasiswa dalam meraih pendidikan berkualitas tanpa harus terkendala oleh kendala finansial. Dengan tata cara pembayaran yang terstruktur, mahasiswa dan orang tua dapat dengan mudah mengakses Danacita sebagai sumber pembiayaan pendidikan di Universitas Paramadina.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner di atas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!