Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Cara Mulai Melek Investasi Bagi Mahasiswa dan Pemula

2022-03-30

Daftar isi

    Di zaman sekarang, investasi tidak hanya marak di kalangan generasi lebih tua saja, sudah mulai banyak generasi muda seperti mahasiswa yang mulai coba memulainya. Mungkin memang golongan muda tersebut masih minim pengalaman dalam dunia investasi, tapi tidak ada salahnya untuk memulai sejak dini agar bisa memiliki simpanan untuk masa depan.

    Sebagai mahasiswa, kamu bisa mencobanya dengan menyisihkan sebagian kecil uang sakumu untuk diinvestasikan. Tidak perlu memiliki modal yang besar untuk mulai investasi, karena sekarang sudah banyak layanan yang mematok harga minimal yang tidak terlalu mahal. Bila kamu baru ingin memulai investasi, simak penjelasan cara memulainya berikut ini.

    Pelajari Cara Kerja dan Instrumen Investasi

    Sebelum memulai investasi, tentu kamu harus mempelajari apa itu investasi terlebih dahulu, seperti cara kerjanya, bagaimana risiko yang harus ditanggung, dan masih banyak lainnya. Perlu diingat bahwa melakukan investasi tidak sama seperti menabung biasa di bank karena dilakukan di pasar modal yang pada dasarnya bersifat dinamis. Kamu juga harus mempelajari tentang instrumen investasi.

    Mungkin sebagai mahasiswa kamu bisa memilih investasi yang memiliki risiko rendah terlebih dahulu. Bila ke depannya sudah lebih paham baru bisa mengambil risiko yang lebih tinggi.

    Perhatikan Cash Flow (Perputaran Uang)

    Memperhatikan cash flow sebelum memulai investasi juga menjadi hal penting. Perhatikan dengan baik uang bulanan yang kamu dapat, baik itu yang diberikan orang tua atau bila kamu juga memiliki penghasilan sendiri. Hitung pengeluaran yang kira-kira kamu perlukan, seperti uang jajan, pulsa, dan yang lainnya. Cobalah untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran, lalu bila ada biaya yang bisa dikurangi, bisa dialihkan atau disisihkan untuk modal investasi.

    Tentukan Tujuan Investasi

    Hal yang tidak kalah pentingnya dan harus diperhatikan sebelum memulai investasi adalah kamu harus menentukan tujuan investasi. Tujuan ini harus disesuaikan dengan kebutuhanmu dan bisa saja dibagi berdasarkan target waktu. Misalnya, kamu bertujuan investasi untuk modal biaya pendidikan S2 atau untuk membeli apartemen sendiri misalnya. Jika kamu memiliki tujuan yang jelas, maka akan membuatmu jadi lebih terarah karena sudah ada target yang ditentukan sebelumnya.

    Pilih Investasi yang Cocok denganmu

    Sebagai mahasiswa yang masih baru belajar dan mulai investasi, kamu tidak perlu membuat target yang terlalu tinggi sehingga membuatmu merasa terbebani. Untuk pemula, kamu bisa memilih jenis investasi seperti reksadana atau saham yang masih bisa lebih terjangkau dan dengan risiko yang rendah. Sekarang juga sudah banyak aplikasi untuk investasi yang mudah dan hanya memerlukan modal sedikit, kamu bisa mencari aplikasi yang sudah pasti terpercaya dan aman.

    Disiplin Melakukan Investasi

    Dalam berinvestasi, kamu juga harus rutin dan disiplin sehingga membuatmu terlatih untuk mengatur atau mengatur keuangan. Selain itu, dengan rutin melakukannya, kamu bisa berkemungkinan mendapat hasil yang menguntungkan. Selalu ingat juga untuk rutin mengecek atau mengevaluasi keberlangsungan investasimu yang biasanya dapat dipantau langsung oleh pemilik. Dengan begitu, kamu bisa melihat investasi mana yang memberi keuntungan lebih untukmu sehingga bisa kamu jadikan prioritas.

    Itulah cara untuk memulai investasi yang bisa dilakukan bagi kamu yang masih pemula. Perlu diingat bahwa kamu harus bisa mengatur uang dengan baik. Jangan sampai dengan melakukan investasi kamu harus berhenti memberikan reward untuk diri sendiri karena keduanya sama pentingnya.

    Selain itu, kamu juga harus sadar bahwa investasi bukan hanya untuk keuangan atau barang yang bernilai materi saja, tapi kamu juga harus berinvestasi untuk dirimu sendiri juga, seperti dengan terus menjalani pendidikanmu. Bila kamu ingin meneruskan pendidikan membutuhkan pembiayaan tambahan, salah satu platform yang sudah pasti aman dan terpercaya yang bisa kamu ajukan adalah Danacita.

    Danacita adalah perusahaan finansial dan teknologi yang didirikan sejak tahun 2018 di Indonesia yang sudah membantu banyak pelajar dalam meringankan biaya pendidikan. Pelayanan yang diberikan oleh Danacita yaitu cicilan kuliah dan sudah berada di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia dan sudah resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Danacita juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi bersertifikasi ISO 27001. Selain itu, sejak tanggal 2 Agustus 2021, juga sudah diberi surat izin nomor KEP-68/D.05/2021 dalam

    Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

    Jangka waktu yang ditawarkan Danacita mulai dari 6 sampai 24 bulan dan tanpa adanya uang DP juga uang jaminan. Mahasiswa tidak perlu khawatir tentang masalah bunga, karena Danacita menawarkan bunga yang flat sehingga tidak menjadi beban pikiran. Cara pengajuan cicilannya pun mudah, karena secara virtual, hanya dengan membuat akun di www.danacita.co.id, lalu melengkapi profil dan mengajukan pembiayaan. Selain itu, mahasiswa juga bisa kembali mengajukan cicilan untuk semester selanjutnya meskipun masih ada cicilan yang harus diselesaikan.

    Dalam menggapai cita-citamu meraih pendidikan yang lebih tinggi, kamu tidak perlu pusing lagi karena Danacita siap membantu biaya pendidikan dan sudah menjadi mitra resmi banyak Universitas ternama dan juga lembaga kursus lainnya, jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri