Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Mau Kuliah di FEB UGM? Cek Dulu Cara Pendaftaran FEB UGM Di Sini!

2022-09-11

blog-biaya-mahasiswa-aktif-feb-ugm.jpg

Daftar isi

    Perguruan tinggi menjadi institusi pendidikan yang paling diminati sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi. Dalam mengenyam pendidikan tinggi, mahasiswa akan menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk jenjang diploma dan 4 tahun untuk jenjang Sarjana. Oleh karena itu, penting untuk memilih perguruan tinggi yang berkualitas untuk mendapatkan pendidikan yang juga berkualitas. Salah satunya adalah FEB UGM. Simak informasi dan cara pendaftaran PMB FEB UGM berikut ini,

    Sejarah Singkat FEB UGM

    Sebelum kamu masuk ke bagaimana cara mengikuti PMB FEB UGM, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang sejarah dan latar belakang dari FEB UGM. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada atau FEB UGM telah berdiri sejak tahun 1955 yang disahkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 53759/Kab. FEB UGM yang berlokasi di Yogyakarta ini sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi UGM. Pada awal berdirinya, FEB UGM merupakan fakultas ekonomi negeri yang ketiga di Indonesia.

    Alasan perubahan nama Fakultas Ekonomi UGM menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM adalah untuk memenuhi tujuan go international, fakultas memandang perlu menggunakan istilah yang berlaku secara internasional yang memudahkan FEB UGM untuk dapat beradaptasi dalam komunitas internasional.

    Sejalan dengan itu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM terus berupaya untuk meningkatkan standar mutu pengajaran dan penelitian dengan turut serta menjadi anggota sekolah bisnis tingkat dunia. Hal tersebut tercatat pada tanggal 10 Maret 2006, di mana Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM terdaftar sebagai anggota The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International.

    Selanjutnya pada tanggal 12 Mei 2014, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM berhasil meraih akreditasi AACSB International dan menjadi sekolah bisnis pertama di Indonesia yang terakreditasi.

    Jurusan yang tersedia di FEB UGM

    Mengikuti proses seleksi PMB FEB UGM tentu perlu mengetahui jurusan apa saja yang tersedia di fakultas ini. Sebagai salah satu Fakultas Ekonomika dan Bisnis tertua di Indonesia, FEB UGM memiliki beragam pilihan jurusan atau program studi di berbagai jenjang mulai dari Sarjana (S-1) hingga Doktoral (S-3). Berikut daftar jurusan yang tersedia di PMB FEB UGM.

    Jenjang Sarjana (S-1)

    • Program Studi Akuntansi (Sarjana Ekonomi/S.E.)
    • Program Studi Ilmu Ekonomi (Sarjana Ekonomi/S.E.)
    • Program Studi Manajemen (Sarjana Ekonomi/S.E.)

    Jenjang Magister (S-2)

    • Prorgram Studi Magister Sains Akuntansi, Magister Sains Ilmu Ekonomi, Magister Sains Manajemen (M.Sc.)
    • Program Studi Magister Akuntansi (M.Acc.)
    • Program Studi Magister Manajemen (M.B.A.)
    • Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan (M.Ec.Dev.)

    Jenjang Doktor (S-3)

    • Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi (Dr.)
    • Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (Dr.)
    • Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (Dr.)

    Fasilitas FEB UGM

    FEB UGM memiliki berbagai macam fasilitas pendukung yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk membantu kegiatan belajar mereka. Selain fasilitas-fasilitas umum seperti sarana dan prasarana. FEB UGM memiliki Unit Pendukung yang dapat membantu pembinaan dan pengembangan diri mahasiswanya. Di antaranya seperti:

    Unit Publikasi

    Unit Publikasi didirikan FEB UGM untuk mengakomodasi hasil penelitian ilmiah oleh para profesor dan akademisi di bidang ekonomi dan bisnis. Unit Publikasi merupakan hasil sinergi antara 3 lembaga penelitian milik fakultas yaitu Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JIEB), Jurnal Bisnis Internasional Gadjah Mada (GAMAIJB), dan Jurnal Sistem Informasi Bisnis dan Akuntansi (ABIS).

    Unit Pengembangan Pribadi dan Kesehatan Mahasiswa

    Unit Pengembangan Pribadi dan Kesehatan Mahasiswa merupakan salah satu unit di bawah Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB UGM. Resmi didirikan pada tahun 2020. Unit ini memiliki peran penting dalam mendampingi dan mempersiapkan mahasiswa FEB UGM dalam rangka mengembangkan potensi dan kapabilitas mereka. Unit ini juga bertanggungjawab atas kesehatan fisik dan mental mahasiswa

    Unit Penelitian dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB)

    P2EB FEB UGM secara resmi berdiri pada tanggal 1 Juli 2010. Unit ini terbentuk dari penggabungan beberapa unit yang ada di FEB UGM yang terdiri dari Penelitian dan Pengembangan Ekonomi (PPE), Penelitian dan Pengembangan Manajemen (PPM), Penelitian dan Pengembangan Akuntansi (PPA), Pusat Pelatihan Bahasa (PB), Pusat Data Bisnis dan Ekonomi (PDBE), Center for Good Corporate Governance (CGCG), dan Laboratorium Ekonomi dan Bisnis Islam (LEBI).

    Cara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) FEB UGM

    PMB FEB UGM tahun 2022 telah dibuka. Sebelum mengetahui cara pendaftaran mahasiswa baru FEB UGM. Sebaiknya kamu perlu mengetahui persyaratan umum yang diterapkan oleh PMB FEB UGM untuk jenjang Sarjana terlebih dahulu. Berikut persyaratannya.

    • Lulusan SMU/Sederajat dengan maksimal tahun kelulusan tiga tahun
    • Mengikuti salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru, berikut daftarnya
    • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau jalur undangan.
    • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
    • Seleksi Jalur Prestasi

    Penelusuran Bibit Unggul (tidak mampu secara ekonomi, prestasi akademik, prestasi olahraga dan seni, pola kemitraan daerah 3T)

    • Seleksi Ujian Tulis

    Seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM

    • Seleksi Program Sarjana Internasional (IUP)

    Mengikuti ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru program Internasional; AcEPT (Academic English Proficiency Test), GMST (Gadjah Mada Scholastic Test), dan LGD (Leaderless Group Discussion).

    Kuliah Di FEB UGM Jadi Lebih Mudah Bareng Danacita

    Untuk kamu yang ingin kuliah di FEB UGM tapi terkendala dengan biaya kuliah, kamu gak usah khawatir. Danacita siap mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di jurusan dan kampus favoritmu.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional. Danacita juga merupakan partner resmi dari FEB UGM, jadi kamu nggak perlu khawatir lagi.

    Biaya UKT Cicilan Regular 6 bulan Cicilan Regular 12 bulan Cicilan Regular 24 bulan
    3,500,000 646,330 352,910 209,700
    5,250,000 969,500 529,370 314,560
    7,000,000 1,292,660 705,830 419,410
    9,000,000 1,662,000 907,500 539,250
    9,500,000 1,754,330 957,910 569,200
    10,000,000 1,846,660 1,008,330 599,160

    Itu dia informasi mengenai PMB FEB UGM tahun 2022. Bila kamu memiliki kendala mengenai biaya pendidikan, Danacita menawarkan solusi untuk meringankan biaya pendidikan yang kamu butuhkan. Danacita berkomitmen untuk membantu mahasiswa dan calon mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikannya. Informasi selengkapnya klik di sini!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!