Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Cara Untuk Memilih Teman Saat Kuliah

2023-03-31

cara-untuk-memilih-teman-saat-kuliah

Daftar isi

    Kehidupan perkuliahan sangat jauh berbeda dengan kehidupan saat kamu bersekolah. Baik dari segi akademiknya, hingga lingkungan pertemanannya. Di SMA, kebanyakan temanmu mungkin berasal dari daerah atau kota yang sama. Bahkan tak sedikit teman SMA yang juga berasal dari SMP atau bahkan SD yang sama dengan kamu. Hal ini membuatmu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa akrab dengan mereka.

    Berbeda dengan perkuliahan di mana kebanyakan mahasiswa berasal dari SMA, daerah, kota, bahkan provinsi dan pulau yang berbeda. Perbedaan latar belakang ini tentu saja mempengaruhi bagaimana kamu berteman satu sama lain.

    Memilih lingkaran pertemanan selama kuliah sangatlah penting karena sedikit banyak akan berpengaruh dalam membentuk pengalaman kuliah dan pribadi selama jauh dari keluarga. Sebab, kamu akan bersama-sama dengan mereka menimba ilmu di dunia kampus setidaknya 4 tahun atau bahkan lebih.

    Memilih teman yang salah juga akan bisa merusak setiap aspek kehidupan kampus, seperti akademik dan kesehatan mental. Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal-asalan dalam memilih teman di kampus.

    Manfaat Memiliki Teman yang Baik Selama Kuliah

    1. Mewarnai Masa-masa Kuliahmu

    Memprioritaskan akademik memang merupakan hal utama, tetapi kamu tidak boleh melupakan hal lainnya, terutama memiliki lingkaran pertemanan yang baik. Masa kuliah harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin. Dengan adanya teman, kamu bisa melakukan banyak kegiatan seru, mencoba hal baru dan lain sebagainya.

    2. Dapat Bertukar Pikiran

    Dunia kuliah merupakan tempat dimana akan ada banyak hal yang kamu pikirkan. Hal ini membuat overthinking menjadi sesuatu yang tak bisa dihindari. Jika kamu menyimpannya sendirian, tentu saja semuanya akan terasa lebih berat. Oleh karena itu, memiliki teman yang bisa diajak bertukar pikiran sangatlah penting, sebab bisa membantu meluruskan pikiran yang rumit.

    3. Membangun Networking

    Memiliki teman selama kuliah bisa menjadi investasi masa depanmu. Sebab, kamu membuka pertemanan dengan berbagai orang dengan latar belakang yang berbeda untuk menambah pengetahuan, pengalaman, serta perspektif baru yang nantinya akan menjadi networking. Bukan tidak mungkin jika kedepannya kamu dan teman kamu menjadi partner dalam bekerja.

    4. Jadi Penyemangat

    Kehidupan kuliah berjalan sangat dinamis. Kamu tidak akan bisa menghindari berbagai permasalah yang ada selama kuliah. Saat itu terjadi, memiliki teman yang selalu ada untuk kamu menjadi hal yang menyenangkan. Mereka bisa menguatkan dan menumbuhkan rasa semangat di dalam diri kamu selama masa-masa sulitmu. Dengan demikian, masalah terasa sedikit lebih ringan.

    Tips Memilih Teman Kuliah yang Baik

    Agar kamu tidak salah dalam memilih teman dan lingkaran pergaulan, terdapat beberapa tips memilih teman kuliah yang bisa kamu terapkan.

    1. Kenali Dirimu Dengan Baik Terlebih Dahulu

    Sebelum memutuskan untuk terbuka dengan orang lain dan mencari teman, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali dirimu dengan baik. Tentunya tips memilih teman kuliah yang satu ini menjadi step penting pertama yang perlu kamu lakukan.

    Cari tahu apa yang kamu inginkan dari sebuah lingkaran pertemanan, apa yang kamu suka, dan orang yang seperti apa yang cocok dengan dirimu?

    Dalam proses mengenali diri, kamu perlu menjadi diri sendiri, karena yang akan menjalani hubungan pertemanan adalah diri kamu bukan orang lain. Jangan menjadi orang lain hanya karena ingin mendapatkan banyak teman di kampus.

    2. Ikuti Banyak Kegiatan Kampus

    Pertemanan di dunia kampus tidak terbatas pada satu jurusan dan fakultas kamu saja. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan kampus, mulai dari organisasi, UKM, komunitas dan yang lainnya untuk mendapatkan teman.

    Dari sini, kamu bisa melihat mana saja orang-orang yang saru frekuensi denganmu. Carilah mereka yang bisa memenuhi kriteria pertemanan versi kamu, melalui berbagai kegiatan kampus.

    3. Cobalah untuk Inisiatif Menjalin Komunikasi yang Baik

    Dalam proses mencari teman, kamu harus lebih aktif dan inisiatif dalam menjalin komunikasi. Ajaklah orang-orang yang kamu temui untuk berbincang tentang banyak hal. Bisa dimulai dengan bercerita tentang kesukaan atau hobi masing-masing. Dari obrolan ringan ini kamu dapat menilai apakah mereka adalah orang yang kamu cari atau tidak.

    4. Jangan Hanya Bergantung Pada Satu Orang

    Saat baru pertama kali terjun di lingkungan yang baru, ada kemungkinan kamu akan langsung menempel pada orang pertama yang kamu anggap cocok. Namun, perilaku seperti ini sebaiknya kamu hindari. Sebab ini dapat menyebabkan masalah di kemudian hari ketika orang tersebut mengecewakanmu.

    Tak ada salahnya jika kamu berkenalan dengan banyak orang, selama kamu bisa membuat batasan sebelum orang tersebut benar-benar teman yang bisa kamu percaya dan andalkan.

    5. Berani Katakan Tidak

    Ketika kamu sedang dalam proses mencari teman, tak jarang kamu akan menemui orang-orang yang tidak sesuai dengan apa yang kamu yakini. Saat kamu berhadapan dengan momen seperti ini, tak ada salahnya untuk mengatakan tidak kepada mereka. Dengan berani mengatakan tidak, kamu sebenarnya tidak menyakiti orang lain, hanya saja kamu sedang menjaga nilai-nilai yang kamu yakini.

    6. Bertemanlah Dengan yang Memiliki Tujuan dan Nilai yang Sama Dengan Kamu

    Salah satu kriteria utama yang harus kamu cari dalam pertemanan adalah memiliki tujuan dan nilai yang sama dengan kamu. Kamu tidak harus mencari teman yang benar-benar sama sepertimu secara eksklusif. Namun, setidaknya dia memiliki tujuan dan nilai yang sama denganmu. Teman yang memiliki tujuan dan nilai yang sama dengan kamu akan menemanimu menghabiskan hari dengan belajar dan membantu mendorongmu mencapai tujuan.

    7. Cari Teman yang Mengikuti Kegiatan Positif dan Bisa Memotivasimu

    Selain memiliki tujuan dan nilai yang sama, lingkaran pertemanan kamu selama kuliah juga harus bisa memberikan kegiatan positif dan memotivasimu. Dengan memiliki teman yang selalu melakukan hal-hal yang positif, maka kamu juga akan tertular untuk ikut dalam kegiatan positif yang dilakukan oleh temanmu tersebut. Misalnya belajar, mengaji, kerja kelompok, dan kegiatan positif lainnya.

    Secara tidak langsung, teman seperti ini akan selalu memotivasi kamu untuk menjadi seorang yang berkembang ke arah kebaikan dan mendukungmu untuk terus bersemangat.

    Itulah penjelasan mengenai manfaat dan tips dalam memilih teman saat kuliah. Semoga dengan adanya teman yang baik di sisi kamu selama kuliah bisa mewarnai dunia perkuliahan mu dan mendorongmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Begitupun dengan dirimu untuk temanmu nanti.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    cara memilih teman saat kuliah tips memilih teman tips mahasiswa
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran