Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Yuk Pahami Lebih Dalam Tentang Fakultas Hukum dan Prospek Karir Lulusan Fakultas Hukum 2022

2022-04-18

FH.jpg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Kamu tentunya sudah sangat familiar dengan fakultas yang satu ini karena menjadi salah satu fakultas favorit atau tujuan pelajar-pelajar di Indonesia yang ingin berkarir di bidang hukum. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang fakultas hukum, mulai dari peminatan di fakultas hukum, prospek karir untuk lulusan fakultas hukum hingga rekomendasi fakultas di universitas yang telah bekerjasama dengan Danacita.

    Mengenal Fakultas Hukum

    Di dalam ilmu hukum, kamu akan mengenal sebuah istilah Ubi Societas Ibi Ius yang diperkenalkan oleh Marcus Tullius Cicero seorang filsuf terkenal dari Roma. Jika diartikan secara harfiah, istilah tersebut berarti dimana ada masyarakat disitu ada hukum. Hal ini mengakibatkan hampir semua aspek kehidupan yang kita lakukan diatur oleh hukum yang berlaku.

    Nah, jika mengacu ke istilah tersebut maka nggak heran kalau Fakultas hukum menjadi salah satu fakultas tujuan favorit bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya. Salah satu keunggulan dengan berkuliah di fakultas hukum, kamu dapat mempertajam cara berpikir untuk memahami suatu permasalahan melalui berbagai perspective, mampu untuk melakukan negosiasi, mampu untuk menghafal dan mengutarakan pendapat secara lugas serta memperdalam pengalaman di bidang kehidupan dan ilmu sosial.

    Baca juga: SOSHUM: Pengertian, Program Studi dan Rekomendasi Universitas

    Peminatan di Fakultas Hukum

    Berikut adalah beberapa peminatan yang dapat kamu pilih jika kamu ingin berkuliah di fakultas Hukum:

    Hukum Perdata

    Umumnya peminatan hukum perdata ini akan diminati oleh mahasiswa program studi hukum yang memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang notaris. Peminatan hukum perdata ini akan berfokus perihal sengketa dan ganti rugi perdata lainnya, hukum jaminan, hukum gono gini, adopsi anak, penyelesaian sengketa di luar pengadilan, hukum waris, hukum acara perdata, dan masih banyak lagi.

    Hukum Pidana

    Dalam peminatan hukum pidana umumnya akan diminati oleh mahasiswa program studi hukum yang memiliki ketertarikan di di bidang pencegahan dan penanggulangan kejahatan. Melalui peminatan hukum pidana ini, mahasiswa program studi hukum akan mempelajari hukum tindak pidana narkotika, tindak pidana korupsi, tindak pidana perdagangan anak, cyber law, KDRT, pencemaran nama baik, dan masalah-masalah lain yang terkait bidang pidana.

    Hukum Tata Negara

    Umumnya akan diminati oleh mahasiswa program studi hukum yang memiliki ketertarikan pada masalah kenegaraan dan administrasi negara. Nantinya, kamu akan mempelajari lembaga negara, peraturan perundang-undangan, perpajakan, otonomi daerah, pemilu, dan masih banyak lainnya.

    Hukum Internasional

    Hukum internasional merupakan peminatan yang cukup populer untuk mahasiswa program studi hukum yang ingin berkarir di Kementerian Luar Negeri atau mengincar profesi di bidang diplomatik. Peminatan ini fokus pada masalah internasional seperti sengketa internasional, kerjasama internasional, organisasi internasional, dan lain sebagainya.

    Hukum Ekonomi Bisnis

    Dalam peminatan ini, hal-hal yang dipelajari di antaranya adalah sengketa merek, hak cipta, sengketa dagang, hukum penanaman modal dan pasar modal, hingga perdagangan internasional dan regional.

    Prospek Karir Lulusan Fakultas Hukum

    Berikut adalah beberapa prospek karir yang dapat kamu pilih setelah menyelesaikan pendidikan sarjana di fakultas hukum:

    1. Pengacara
    2. Notaris
    3. Konsultan Hukum
    4. Pegawai Pemerintahan
    5. Hakim
    6. Jaksa
    7. Diplomat

    Rekomendasi Fakultas Hukum di Universitas yang Telah Bekerjasama Dengan Danacita

    Bagi kamu yang ingin segera berkuliah di fakultas hukum, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang memiliki fakultas hukum, seperti FH UNHAS, UNISBA, President University dan UNTAR.

    FH UNHAS

    Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin atau yang juga dikenal sebagai FH UNHAS merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang didirikan pada tanggal 3 Maret 1952 sesuai dengan Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3399/Kab. Awal pendiriannya, FH UNHAS merupakan cabang dari fakultas hukum dan pengetahuan masyarakat Universitas Indonesia. FH UNHAS kemudian menjadi salah satu pionir lahirnya Universitas Hasanuddin bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran pada tanggal 9 September 1956. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fakultas hukum di UNHAS , kamu dapat langsung mengunjungi website resmi fakultas hukum UNHAS disini

    Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Harus Berkuliah di Fakultas Hukum UNHAS

    UNISBA

    Salah satu fakultas unggulan di UNISBA adalah fakultas hukum. Universitas Islam Bandung atau UNISBA adalah salah satu universitas terbaik yang berada di Bandung, Ibukota Jawa Barat. Didirikan pada 15 November 1958 di kota Bandung, UNISBA didirikan oleh tokoh-tokoh Islam Bandung saat itu, seperti: Prof. Sjafie Soemardja, dr.H. Chasan Boesoiri, Drs. Achmad Sadali, Oja Somantri, R. Kosasih, R. Sabri Gandanegara, dan Dadang Hermawan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fakultas hukum di UNISBA, kamu dapat langsung mengunjungi website resmi fakultas hukum UNISBA disini

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di UNISBA (Universitas Islam Bandung)

    President University

    President University atau yang juga dikenal dengan sebutan PU adalah universitas swasta yang mengedepankan international learning dan research environment untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan. Di President University (PU), kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran kuliah kamu lho. Nah, ini menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing tertinggi di Indonesia. Salah satu program studi unggulan di President University adalah program studi hukum. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program studi hukum di President University, kamu dapat langsung mengunjungi website resmi program studi hukum di President University disini

    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus kuliah di President University 2022/2023

    UNTAR

    Berdasarkan BAN-PT, saat ini UNTAR telah memiliki akreditasi A atau unggul, sehingga kamu nggak perlu khawatir dengan kualitas pendidikannya. Selain kualitas pendidikan yang terpercaya, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh UNTAR untuk mendukung kegiatan belajar kamu. Salah satu fakultas unggulan di UNTAR adalah fakultas hukum. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fakultas hukum di UNTAR, kamu dapat langsung mengunjungi website resmi fakultas hukum UNTAR disini

    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus masuk UNTAR 2022/2023

    Kenapa Harus Mengajukan Biaya Kuliah Dengan Danacita?

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan.

    Berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus mengajukan dan memanfaatkan program cicilan Danacita untuk biaya pendidikan dan pelatihan kamu dengan Danacita:

    1. Keamanan transaksi: Danacita telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan datamu terjamin
    2. Partner Resmi 90+ lembaga pendidikan dan pelatihan dengan pembayaran biaya pengajuan langsung ke pihak lembaga pendidikan atau pelatihan
    3. Pengajuan tanpa DP atau Jaminan
    4. Proses pengajuan mudah 100% online, maksimal 3 hari kerja
    5. Bebas lakukan pelunasan lebih awal tanpa biaya apapun

    Cara Pengajuan Biaya Kuliah Kamu di Danacita

    1. Kunjungi website Danacita disini
    2. Klik Ajukan jumlah biaya pendidikan kamu
    3. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti, bukti tagihan dari lembaga pendidikan atau pelatihan & Slip Gaji/Mutasi Rekening Wali 1 bulan terakhir.
    4. Pastikan nomor handphone yang didaftarkan (Pelajar & Wali), dapat dihubungi oleh tim verifikasi Danacita.
    5. Cek status pengajuan di akun Danacita kamu.

    Kamu bisa cek lebih lengkapnya di sini ya.

    Sekarang kuliah di fakultas hukum nggak perlu pusing dengan biaya, karena kamu bisa mengajukan di Danacita untuk semua biaya kuliahmu melalui program cicilan Danacita dan pastinya cicilan di Danacita tanpa DP dan jaminan apapun! Yuk segera wujudkan mimpimu bersama Danacita sekarang!

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    Fakultas Hukum Rekomendasi Universitas
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria