Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Terbaru! Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan Biayanya

2022-10-02

Daftar isi

    Jika kamu termasuk kelompok calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di UNNES, akan lebih baik jika kamu menentukan fakultas dan jurusan yang akan dipilih. Tentunya kamu harus memilih keduanya yang sesuai dengan keinginan atau passion-mu. Jika kamu memiliki passion di dunia pendidikan, maka tak ada salahnya untuk melirik Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES. Maka dari itu, simak informasi mengenai Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan biayanya berikut.

    Tentang Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

    Dalam memahami Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan biayanya, akan dijelaskan terlebih dahulu tentang fakultas ini. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) adalah sebuah fakultas yang menjadi cikal bakal terbentuknya UNNES. Fakultas ini berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Saat ini, Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu di Tegal, Ngaliyan, dan Sekaran.

    Fakultas ini mengedepankan kreativitas dengan terus berkreasi dan inovasi meningkatkan kinerja teknologi yang memadai. Selain itu, Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES juga terus membuktikan diri untuk selalu konsisten menjunjung pendidikan tinggi dan memberikan kualitas pendidikan yang terbaik. Hal ini tertuang dalam visi dan misi Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.

    Visi FIP UNNES yaitu menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan yang Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

    Sementara untuk misinya sendiri yaitu:

    • Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan pendidik dan tenaga kependidikan profesional berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
    • Mewujudkan iklim akademik unggul yang selaras dengan nilai-nilai konservasi
    • Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dan psikologi yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.
    • Mengembangkan jejaring dan kemitraan bidang pendidikan dan psikologi pada tingkat nasional dan internasional dalam menunjang penguatan kelembagaan yang bereputasi internasional.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    Program Studi Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

    Selanjutnya, akan dibahas mengenai program studi Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan biayanya akan dibahas di bagian berikutnya.

    1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES merupakan salah satu jurusan yang telah terakreditasi A. Visi dari jurusan ini adalah menjadi program studi yang unggul, berbudaya, berdaya saing global, dan sebagai inovator dalam bidang pendidikan dasar berwawasan konservasi pada tahun 2024.

    Sesuai namanya, di sini kamu akan dididik dan diarahkan untuk menjadi tenaga pengajar di sekolah dasar. Namun, ini tidak menutup kemungkinan kamu bisa berkarir di bidang lain. Lulusan PGSD dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian atau lembaga pendidikan sekolah, perguruan tinggi baik negeri atau swasta, serta di berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

    2. Pendidikan Guru PAUD

    Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi untuk menghasilkan sarjana pendidikan di bidang pendidikan anak usia dini. Prodi ini mengembangkan kajian, penelitian, pelatihan di bidang pendidikan anak usia dini serta menyelenggarakan bimbingan, pendampingan, advokasi, dan bantuan profesional kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini. Hal ini tertuang dalam visinya yaitu menjadi pusat unggulan inovasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

    3. Bimbingan dan Konseling

    Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES menyelenggarakan pendidikan di bidang Bimbingan dan Konseling yang dapat memberikan pelayanan konseling baik di sekolah maupun masyarakat. Lulusan prodi ini ditujukan untuk menjadi tenaga pendidik, asisten peneliti, asisten laboratorium, pengembang media, wirausahawan, motivator di Bimbingan Konseling yang berkepribadian Pancasila, berwawasan konservasi, dan bereputasi internasional.

    4. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

    Jurusan Kurikulum, dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES difokuskan untuk menghasilkan teknolog pendidikan/pembelajaran, mulai dari perancang, pengembang, pengelola, dan penilai pembelajaran di berbagai jalur, jenis, dan jenjang serta bentuk pendidikan. Lulusannya dibekali dengan kompetensi tambahan sebagai perekayasa kurikulum, pengajar (guru, instruktur, fasilitator, tutor, widyaiswara, pelatih), dan peneliti dalam bidang keilmuan kurikulum, pembelajaran, dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

    5. Psikologi

    Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES merupakan sebuah jurusan yang menyelenggarakan program pendidikan akademik jenjang sarjana dalam bidang Psikologi. Prodi ini adalah satu-satunya program studi non kependidikan di fakultas ilmu pendidikan, dan untuk kedepannya, diproyeksikan untuk berkembang menjadi fakultas yang berdiri sendiri.

    Adapun visi dari prodi ini yaitu menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Psikologi yang berwawasan konservasi serta mampu berkompetisi pada tingkat nasional dan internasional.

    6. Pendidikan Luar Biasa

    Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) awalnya bernama Jurusan Pendidikan Sosial dan berdiri bersamaan dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

    Seiring perkembangannya, jurusan ini menghasilkan tenaga kependidikan akademik-profesional yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam pengelolaan lembaga dan program pendidikan serta memberdayakan masyarakat di luar sistem pendidikan persekolahan, baik dalam kualitas maupun relevansinya dengan kebutuhan pembangunan.

    Keunggulan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

    Setelah mengetahui tentang apa saja prodi yang ada, berikut akan dijelaskan mengenai keunggulan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan biayanya akan dirincikan di bagian setelahnya.

    1. Memiliki Berbagai Program Internasional

    Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES melakukan berbagai kerjasama untuk menyelenggarakan program-program pendukung. Seperti kelas internasional untuk jurusan PGPAUD, seminar internasional dua tahuna (Biennial Conference), pertukaran pelajar, hingga short course ke negara Asia.

    2. Banyak Aktivitas dan Kegiatan Kemahasiswaan

    Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES tidak hanya memfokuskan kurikulumnya ke akademik saja, tetapi juga kepada peningkatan kreativitas dan inovasi dari mahasiswanya melalui berbagai macam aktivitas yang bermanfaat. Seperti organisasi himpunan dan BEM, unit kegiatan mahasiswa, komunitas, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk memfasilitasi bakat dan minat mahasiswanya.

    3. Tenaga Pendidik yang Kompeten

    Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES didukung oleh dosen-dosen, baik itu lulusan magister, doktor hingga profesor yang telah memiliki keahlian dan kompetensi sesuai dengan bidangnya. Setidaknya, terdapat sekitar 147 tenaga pendidik atau dosen yang terbagi ke 6 program studi FIP UNNES.

    4. Fasilitas Lengkap

    Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES didukung dengan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai untuk melakukan aktivitas pembelajaran. Mulai dari ruang kuliah yang nyaman, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, perpustakaan, dan lain sebagainya.

    Biaya Kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES

    Setelah mengetahui informasi lengkap di atas tentang Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan biayanya akan diperinci dalam tabel berikut.

    Program studi None Kelompok Uang Kuliah Tunggal None None
    III IV V VI VII
    PGSD 3.1000.000 4.200.000 5.300.000 5.750.000 6.400.000
    PG-PAUD 2.500.000 3.500.000 4.500.000 5.100.000 5.700.000
    Bimbingan dan Konseling 3.000.000 4.100.000 5.200.000 5.900.000 6.500.000
    Kurikulum dan Teknologi Pendidikan 2.500.000 3.500.000 4.500.000 5.200.000 5.800.000
    Psikologi 2.900.000 3.900.000 4.900.000 5.500.000 6.000.000
    Pendidikan Luar Biasa 2.500.000 3.500.000 4.500.000 5.100.000 5.700.000

    Bayar Kuliah Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dengan Danacita

    Itulah informasi lengkap mengenai Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dan biayanya. Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan UNNES untuk meringankan biaya pendidikan. Danacita sendiri adalah perusahaan penyedia pembiayaan pendidikan terjangkau untuk para pelajar yang mengejar perguruan tinggi dan pelatihan vokasi di Indonesia serta sudah berizin dan diawasi OJK.

    Danacita hadir untuk membuka akses yang lebih besar lagi terhadap pendidikan tinggi di Indonesia. Bagi kamu yang merupakan mahasiswa UNNES dan sedang mengalami kesulitan dalam pembayaran biaya kuliah, bisa menjadikan Danacita sebagai alternatif pembayarannya. Dengan begitu, biaya kuliahmu akan menjadi lebih ringan karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!