Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan Biayanya Terlengkap

2022-09-29

Daftar isi

    Lulusan SMA jurusan IPS bingung ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke mana? Fakultas Ilmu Sosial bisa jadi tempat berlabuh yang tepat. Mungkin kamu sudah mengetahui apa saja bidang ilmu yang berkaitan dengan ilmu sosial selama mempelajarinya di bangku sekolah. Namun, bidang kajian di pendidikan tinggi mempelajari ilmu sosial dengan lebih detail, spesifik, dan berorientasi terhadap praktik di kehidupan nyata.

    Fakultas Ilmu Sosial mewadahi banyak sekali program studi terkait sosial humaniora di dalamnya serta memiliki prospek kerja yang bagus dan cukup luas di masa depan. Selain itu, memilih perguruan tinggi berkualitas perlu dipikirkan secara matang. Salah satu tujuan yang bisa kamu pilih yaitu Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Oleh karena itu, simak artikel ini untuk mengetahui Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan biayanya.

    Apa itu UNNES

    Sebelum membahas Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan biayanya, akan lebih baik untuk mengenali kampus ini terlebih dahulu. Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebelum berdiri sendiri sebagai universitas, sebelumnya UNNES merupakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro. Hal ini tertuang dalam Keputusan Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No. 108487/S tanggal 27 Desember 1960.

    Kemudian pada tanggal 4 Mei 1964, untuk pertama kalinya FKIP Universitas Diponegoro berubah menjadi perguruan tinggi yang berdiri sendiri dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta cabang Semarang. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No. 35 tahun 1964.

    IKIP Yogyakarta cabang Semarang berkembang begitu pesat. Agar perkembangan tersebut semakin terarah, Menteri PTIP kembali menerbitkan Keputusan Menteri PTIP No. 40 tahun 1965 tertanggal 8 Maret 1965 yang menetapkan IKIP Yogyakarta cabang Semarang menjadi IKIP Semarang. Ini adalah saat di mana IKIP Semarang ditetapkan sebagai perguruan tinggi yang berdiri sendiri.

    Setelah melewati proses yang panjang, barulah pada tahun 2000 IKIP Semarang kembali berganti nama dan bentuk menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang kita kenal hingga saat ini. Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja UNNES dan No. 35/O/2000 tentang statuta UNNES.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan Program Studinya

    Keberadaan Fakultas Ilmu Sosial UNNES tidak terlepas dari awal berdirinya UNNES sebagai perguruan tinggi sejak tahun 1961. Fakultas Ilmu Sosial UNNES menjadi saksi dari perjalanan UNNES menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia.

    Fakultas Ilmu Sosial UNNES memiliki visi yang sama dengan Perguruan Tinggi, yaitu menjadi fakultas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Selain itu, Fakultas Ilmu Sosial UNNES juga mewadahi beberapa program studi di antaranya yaitu:

    • Ilmu Sejarah (S1)
    • Pendidikan Sejarah (S1)
    • Pendidikan Geografi (S1)
    • Geografi (S1)
    • Pendidikan PKn (S1)
    • Ilmu Politik (S1)
    • Pendidikan Sosiologi dan Antropologi (S1)
    • Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S1)
    • Survey dan Pemetaan Wilayah (D3)

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Ilmu Sosial UNNES

    Sebagai seorang lulusan Fakultas Ilmu Sosial UNNES, banyak bidang terkait yang menjadi prospek kerja menjanjikan di masa depan. Pekerjaan Fakultas Ilmu Sosial sangat berkaitan dengan bidang sosial humaniora, diantaranya yaitu:

    • Politikus

    Salah satu program studi di fakultas ilmu sosial adalah program studi ilmu politik. Program studi yang satu ini memungkinkan kamu menjadi seorang politikus. Selama menjalani masa perkuliahan, kamu akan dibekali pemahaman tentang dunia politik dan bagaimana politik bekerja dalam menjalankan pemerintahan. Selain itu kamu juga bisa menjadi pakar politik nasional hingga internasional.

    • Sosiolog dan Antropolog

    Sosiolog dan Antropolog merupakan bidang keilmuan yang mengamati perilaku masyarakat. Kedua bidang ini biasanya bekerja di perusahaan-perusahaan yang memerlukan data perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu juga menyangkut produk apa yang sedang dibutuhkan masyarakat berdasarkan pengamatan serta bagaimana bentuk promosi yang sesuai dengan perilaku masyarakat saat ini.

    • Sejarawan

    Fakultas Ilmu Sosial UNNES memiliki program studi Ilmu Sejarah bagi kamu yang suka mempelajari sejarah. Salah satu bentuk memprediksi masa depan adalah dengan mempelajari masa lalu. Jurusan ini biasanya bekerja di lembaga pemerintahan dan lembaga pendidikan.

    Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Sosial UNNES

    Universitas Negeri Semarang (UNNES) menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sistem ini hanya berlaku untuk mahasiswa jalur reguler yaitu SNMPTN dan SBMPTN dengan menerapkan sistem pembayaran satu kali tiap semester. Besarannya ditentukan berdasarkan golongan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi mahasiswanya. Berikut daftar Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan biayanya.

    • Golongan UKT I : Rp500.000
    • Golongan UKT II : Rp1.000.000
    • Golongan UKT III : Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000
    • Golongan UKT IV : Rp3.200.000 hingga Rp4.400.000
    • Golongan UKT V : Rp4.500.000 hingga Rp5.500.000
    • Golongan UKT VI : Rp5.100.000 hingga Rp7.150.000
    • Golongan UKT VII : Rp5.700.000 hingga Rp8.250.000

    Sedangkan untuk mahasiswa jalur Mandiri memiliki besaran biaya kuliah dan golongan yang berbeda. Berikut daftarnya.

    • Golongan I : Rp5.000.000
    • Golongan II : Rp10.000.000
    • Golongan III : Rp15.000.000
    • Golongan IV : Rp20.000.000
    • Golongan V : Rp25.000.000

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ilmu Sosial UNNES dengan Danacita

    Itu dia penjelasan seputar Fakultas Ilmu Sosial UNNES dan biayanya. Jika kamu kesulitan dalam hal biaya saat masa pembayaran berlangsung, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah Danacita. Dengan begitu, pembayaran biaya kuliahmu di Fakultas Ilmu Sosial UNNES bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK.

    Mudahkan masa kuliahmu dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!