Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN

2022-11-15

Daftar isi

    Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN merupakan jurusan teknik elektro yang dikhususkan dalam mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang memilih jurusan ini karena dianggap bisa membawa masa depan menjadi lebih baik. Menjadi lulusan jurusan Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi

    Terbarukan IT PLN, kamu bisa kerja di bidang pembangkiĀ­tan, transmisi, distribusi dan pemanfaatan tenaga listrik. Jadi, tidak mengherankan jika passing grade-nya cukup tinggi.

    Fakultas ini telah terakreditasi Unggul sehingga banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan tersebut. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum paham betul apa yang dipelajari di Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya. Nah, jika kamu salah satunya, mari simak penjelasan mengenai Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya.

    Apa Itu Institut Teknologi PLN?

    Institut Teknologi PLN sendiri merupakan kampus swasta Badan Usaha milik negara (BUMN) yang berada di bawah naungan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero dan berlokasi di Jakarta Barat. Di tengah banyaknya kebutuhan lulusan pendidikan tinggi selevel sarjana keteknikan serta pelatihan yang intensif di bidang energi dan ketenagalistrikan, maka PT PLN (Persero) menyediakan lembaga pendidikan tinggi bernama Sekolah Tinggi Teknik PLN yang kini telah bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN (IT-PLN).

    Kampus ini berdiri pada 1998 dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi - PLN, namun kemudian berubah menjadi Institut Teknologi PLN (IT PLN) pada 31 Januari 2020 berdasarkan SK Mendikbud Nomor:181/M/2020. Tujuan utama didirikannya Institut Teknolog PLN adalah untuk membentuk wadah bagi para pakar PLN untuk mentransfer ilmunya kepada generasi penerus.

    Bentuk dari persiapan tersebut IT PLN menyediakan banyak sekali keunggulan untuk kamu mahasiswa IT PLN, berikut beberapa fitur unggulan yang akan kamu rasakan ketika menjadi mahasiswa IT PLN. Salah satunya yang paling bisa dirasakan adalah fasilitas kampus nya yang akan sangat menunjang kamu menjadi mahasiswa teknik yang sebenarnya. Contohnya adalah kesediaan laboratorium yang sangat memadai untuk proses perkuliahan dan tentu nya sangat lengkap.

    Kemudian keunggulan lainnya yang dapat dirasakan oleh mahasiswa IT PLN adalah para dosen pengajar yang sangat berpengalaman dan sangat kompeten di bidang nya.Sangat menarik bukan dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap serta didukung dengan para pengajar yang bagus yang pastinya akan sangat membantu kamu dalam proses perkuliahan.

    Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN beserta Prodinya

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai jurusan Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya akan dijelaskan setelahnya. Fakultas ini berfokus untuk mengembangkan kompetensi pada konsentrasi Energi Terbarukan, Tenaga Listrik, Elektronika Industri, Pemanfaatan tenaga listrik, Distribusi Tenaga Listrik. Program Studi yang diadakan adalah:

    • D3 Teknologi Listrik, akreditasi B
    • S1 Teknik Elektro, akreditasi B

    Fakultas ini juga memiliki 3 program studi lainnya yang dapat kamu pilih yaitu :

    • S1 Sistem Energi
    • S1 Teknik Tenaga Listrik
    • S1 Energi Terbarukan

    Di jurusan Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN ini kamu akan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, desain, pengembangan, dan manufaktur perangkat listrik dan elektronik. Selain itu, kamu juga akan mendalami metode pembangkit listrik dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol hemat energi. So, kamu tidak hanya akan berurusan dengan kabel-kabel nantinya, tapi juga belajar tentang desain, pengembangan, serta pengawasan produksi peralatan elektronik juga.

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN

    Setelah mengetahui apa saja prodinya, berikut prospek kerja dari Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya akan diperinci di bagian selanjutnya. Bagi calon mahasiswa yang mengambil jurusan Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN tak perlu khawatir tentang prospek kerja karena sangat amat luas. Simak penjelasannya.

    1. Electrical Design Engineer

    Electrical design engineer atau insinyur desain listrik dapat bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi, dan sebagainya. Profesi ini mirip dengan insinyur lainnya, namun lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan. Selain itu, electrical design engineer juga memberikan layanan pemeliharaan atau pemasangan untuk sistem kelistrikan yang ada.

    2. Pertambangan

    Dalam pertambangan, ada pula prospek lulusan jurusan Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN yang cukup menarik. Pasalnya, dalam proses pertambangan, ada banyak permesinan dan kelistrikan yang perlu ditangani oleh ahlinya. Seorang teknisi elektro biasanya bertugas untuk memelihara, memperbaiki, dan memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang terkait bidangnya di industri pertambangan.

    3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

    PNS juga dapat dijadikan sebagai prospek kerja setelah lulus kuliah jurusan Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN. Umumnya, mahasiswa lulusan teknik elektro akan ditempatkan pada bidang sumber daya mineral dan juga energi. Untuk perihal gaji, jangan ditanyakan lagi. Sudah pasti gaji lulusan teknik elektro untuk pekerjaan Pegawai Negeri Sipil ini sangatlah besar.

    Biaya kuliah di Fakultas Ketenaga Listrikan dan Energi Terbarukan IT PLN

    Setelah mengetahui info lengkap mulai dari prodi dan prospek kerjanya, berikut akan dirinci mengenai Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya. Berikut biaya untuk S1 Teknik Elektro:

    • Uang Pangkal (UP): Rp 9.000.000
    • Uang Biaya Pengembangan dan Pembangunan Pendidikan (BP3): Rp 22.000.000
    • Semester 1: Rp 8.000.000
    • Semester 2: Rp 8.000.000
    • Semester 3: Rp 8.000.000
    • Semester 4: Rp 8.000.000
    • Semester 5: Rp 8.000.000
    • Semester 6: Rp 7.800.000
    • Semester 7: Rp 7.500.000
    • Semester 8: Rp 7.000.000
    • Biaya Pengembangan dan Pembangunan Pendidikan Jumlah Sampai Lulus: Rp 93.300.000

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN menggunakan Danacita

    Itulah penjelasan mengenai Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya. Jika kamu merupakan calon maba maupun mahasiswa aktif Fakultas Ketenaga Listrikan Dan Energi Terbarukan IT PLN dan biayanya dirasa sedikit membebani, pilihan alternatif untuk membantumu membayar biaya kuliah yaitu menggunakan Danacita.

    Danacita adalah perusahaan Financial Technology yang bergerak di bidang pembiayaan pendidikan. Pembiayaan yang disediakan oleh Danacita ditujukan untuk mahasiswa di Universitas/Perguruan Tinggi/Institut/Sekolah Tinggi, dan pelajar di lembaga pendidikan dan pelatihan non-formal. Danacita dan IT PLN sudah resmi bekerjasama untuk menyediakan opsi pembiayaan biaya kuliah secara bulanan untuk seluruh mahasiswa.

    Dengan menggunakan Danacita, kamu bisa membayar kuliah secara bulanan selama 6 hingga 24 bulan. Danacita sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tersertifikasi ISO 27001 sebagai pelaksanaan praktek keamanan informasi. Selain itu, kamu tidak perlu membayar DP (Down Payment) atau jaminan apapun. Pengajuan aplikasi dilakukan secara online dan juga offline hanya perlu menunggu 2 hari kerja untuk diproses. Kamu juga bisa melunasi cicilan lebih awal tanpa dikenakan biaya tambahan.

    Jika kamu tertarik, langsung ajukan dengan klik link di sini.

    [SEO]

    šŸ“ž Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    IT PLN Fakultas Ketenaga Listrikan dan Energi Terbarukan IT PLN
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri