Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Fakultas Teknologi dan Sains Data UNS: Penjelasan Program Studi, Prospek Kerja, Hingga Biaya Kuliah

2023-10-16

Fakultas

Daftar isi

    Di tengah pesatnya perkembangan digital yang ada saat ini, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FTISD) Universitas Sebelas Maret (UNS) memiliki peran sentral dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan di ranah teknologi dan ilmu data. FTISD UNS, dengan berbagai program unggulannya, menawarkan mahasiswa peluang luar biasa untuk mengembangkan kemampuan di dunia teknologi informasi yang terus berkembang. Penasaran apa saja itu? Yuk kenalan dengan FTISD UNS.

    Mengenal Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS

    Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (FTISD) merupakan pemekaran dari prodi Informatika FMIPa UNS. Berdiri sejak Maret 2022, fakultas ini lahir dalam rangka mendukung pencapaian Visi Misi UNS, khususnya dalam pengembangan Ilmu dan Teknologi. Untuk itu FTISD berfokus kepada kajian tentang Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Data Science (DS).

    Visi

    Sebagai penyelenggara pendidikan yang unggul serta berdaya saing internasional dalam bidang Sains Data dan penerapannya khususnya Artificial Intelligent Engineering pada tahun 2037 dengan berlandaskan pada nilai luhur budaya nasional.

    Misi

    • Menyelenggarakan pendidikan sarjana yang menghasilkan lulusan bidang Sains Data dan penerapannya khususnya Artificial Intelligent Engineering yang berkualitas dan berwawasan global.
    • Melakukan kajian dan penelitian di bidang Sains Data dan penerapannya khususnya Artificial Intelligent Engineering yang bermanfaat dan meningkatkan daya saing bangsa.
    • Melakukan pengabdian masyarakat dan kerjasama sesuai dengan kompetensi dalam bidang sains data.

    Prodi yang Ada Di Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS

    FTISD UNS menawarkan prodi Sains Data yang mencakup segala aspek teknologi informasi dan ilmu data. Seiring berkembangnya dunia digital dan teknologi, bidang Sains Data menjadi salah satu bidang keilmuan yang semakin diminati dan populer. Hal inilah yang melatarbelakangi UNS menghadirkan prodi ini, yang sebelumnya berada di FMIPA dan akhirnya berdiri menjadi fakultas sendiri.

    Bidang studi Sains Data dianggap sebagai ilmu manajemen dan pengorganisasian data yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Big Data yang berubah dengan cepat. Oleh karena itu, prodi ini dianggap sebagai salah satu program studi penting di perguruan tinggi.

    Di prodi ini, kamu akan diajarkan untuk bagaimana mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis Big Data menjadi wawasan berharga. Dalam prosesnya, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan untuk menggunakan alat dan teknik untuk menggali wawasan berharga dari tumpukan Big Data. Tak hanya itu, dari hasil analisis prediktif hingga pemodelan statistik ini, kamu juga akan belajar cara mengurai data untuk mengidentifikasi tren, membuat keputusan cerdas, dan mengatasi tantangan dunia nyata. Semua keterampilan ini sangat dicari di berbagai sektor, termasuk bisnis, kesehatan, riset, dan pemerintahan.

    Berbicara soal kurikulum, program pendidikan S1 yang sekarang digunakan di Program Studi Sains Data merupakan kurikulum baru yang diberlakukan mulai tahun akademik 2023/2024. Dalam kurikulum ini, total Satuan Kredit Semester (SKS) normal yang harus kamu tempuh adalah 117 SKS Mata Kuliah Wajib dan 27 SKS Mata Kuliah Pilihan. Beban perkuliahan tersebut dapat diselesaikan selama delapan semester.

    Fasilitas yang Ada Di Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS

    Fasilitas yang dapat dinikmati oleh mahasiswa Program Studi Sains Data Universitas Sebelas Maret, antara lain:‚Äč

    • Tersedianya perpustakaan baik di tingkat universitas maupun fakultas yang dilengkapi dengan koleksi buku , jurnal ilmiah, CD ROM, dan fasilitas internet, yang dapat digunakan seluruh sivitas akademika untuk mengakses informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam pembelajaran maupun penelitian.
    • Tersedianya laboratorium komputer yang dilengkapi jaringan internet dan hotspot area sebagai sarana mencari dan mengakses pengetahuan dan informasi bagi seluruh sivitas akademika.
    • Aula sebagai tempat yang bisa menampung kegiatan akademik dengan peserta dalam jumlah besar misalnya audiensi, seminar, dan lain-lain.
    • Ruang kelas ber-ac untuk proses pembelajaran.
    • Papan pengumuman elektronik program studi informatika yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi-informasi akademik.

    Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS

    1. Data Scientist

    Prospek karir pertama untuk lulusan FTISD tidak lain adalah menjadi seorang Data Scientist atau Ilmuwan Data. Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu harus memiliki kemampuan memahami data dan mengelola data dalam jumlah besar, sehingga mampu memproses data yang besar menggunakan berbagai cara dan algoritma untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang kompleks.

    Umumnya, tugas seorang Data Scientist adalah mengelola data yang diperoleh, untuk mengembangkan infrastruktur perusahaan yang dapat membantu pengambilan keputusan. Data scientist juga harus melaporkan hasil olahan datanya kepada stakeholder, dan memberikan insight yang diperoleh dari olahan data tersebut.

    2. Data Analyst

    Profesi Data Analyst merupakan pekerjaan yang memiliki peran dalam mengobservasi informasi perusahaan. Hasil dari analisis tersebut dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan rujukan dalam mengambil langkah atau keputusan kedepannya. Informasi tersebut dikumpulkan dari fakta-fakta dan tren yang ada di perusahaan tersebut.

    Untuk menjadi seorang Data Analyst, kamu harus memiliki kemampuan mengelola database, termasuk menjaga konsistensi data; merancang visualisasi data, sehingga mampu menganalisis data-data tersebut dan menyajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti dan dipahami.

    3. Data Engineer

    Profesi selanjutnya ialah Data Engineer. Sebagai Data Engineer, kamu akan bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memproses, mengelola, dan menyimpan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber yang berbeda. Untuk itu, kamu dituntut memiliki kemampuan mengembangkan platform data atau infrastruktur yang berkaitan dengan volume data dalam jumlah besar, mulai dari merancang arsitektur database serta memelihara infrastruktur data.

    4. Data Architect

    Profesi lain yang tak kalah keren adalah Data Architect. Ini merupakan profesi yang memiliki kemampuan merancang dan mengelola fasilitas dan aplikasi sains data serta merancang workflow dan model data.

    Dengan kata lain, Data Architect bertugas untuk merancang basis data dan infrastruktur yang memungkinkan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengakses data dengan efisien. Sebagai seorang Data Architect, kamulah yang nantinya memutuskan tipe database yang akan digunakan, skema data, dan teknologi penyimpanan data.

    5. Business Analyst

    Business Analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menganalisis bisnis dan mengidentifikasi masalah, peluang, serta solusi yang dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi suatu organisasi. Tugas utama Business Analyst mencakup analisis bisnis, mengumpulkan data, merancang solusi, hingga melakukan konsultasi dan evaluasi bisnis.

    Bayar Biaya Kuliah di UNS Mudah Dengan Danacita

    Kini, kamu bisa bayar kuliah di UNS dengan metode cicilan bersama Danacita loh! Yuk, klik banner di bawah ini untuk mengetahui estimasi cicilan biaya kuliah kamu di UNS bersama Danacita!

    banner-gif-all

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!