Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta: Gabung ke UKM ini Jika Kamu ingin Jadi Mahasiswa Aktif di INTY

2022-03-23

ITNY-ukm.jpg

Mahasiswa ITNY

Daftar isi

    Organisasi kemahasiswaan adalah suatu bentuk organisasi di level kampus. Organisasi itu sendiri memiliki bidang yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan fakultas dan program studi. Misalnya, program studi teknik sipil jelas memiliki organisasi mahasiswa yang berbeda dengan teknik elektronika.

    Jika pendidikan akademik melatih kemampuan hard skill yang kamu miliki, maka organisasi mahasiswa adalah tempat di mana kamu melatih kemampuan soft skill.

    Hard skill adalah kemampuan manusia pada bidang yang lebih spesifik, misalnya keterampilan program studi yang kamu miliki. Sedangkan soft skill lebih ke arah yang bersifat umum seperti kemampuan berinteraksi, etika dan moral, disiplin, serta kemampuan memecahkan masalah.

    Tujuan dari organisasi mahasiswa itu sendiri adalah mengembangkan kemampuan soft skill kamu dengan cara mengimplementasikannya di dalam kehidupan organisasi sehari-hari. Di dalam organisasi, kamu akan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain, menjaga etika, moral, serta disiplin waktu, memecahkan masalah dan sebagainya.


    Baca juga: Minat Kuliah Teknologi di Yogyakarta? Masuk ITNY Aja!


    Mengenal Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

    Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) adalah institusi pendidikan yang memiliki ambisi untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi dan technopreneurship dalam pengelolaan energi dan lingkungan yang berkelanjutan.

    Jauh sebelum berubah nama menjadi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Dahulu, pada tahun 1974-1986, ITNY memiliki nama Akademi Teknologi Nasional (ATNAS) yang kemudian berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) pada tahun 1986-2019.

    Kampus yang tersebar di berbagai lokasi seperti Jl. Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki pilihan jenjang pendidikan mulai dari D3, S1, hingga S2 dengan memiliki 5 fakultas.

    Fakultas tersebut antara lain:

    • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
    • Fakultas Teknologi Industri
    • Fakultas Teknologi Mineral
    • Fakultas Vokasi
    • Pascasarjana

    Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi dan technopreneurship khususnya dalam pengelolaan energi dan lingkungan berkelanjutan, di lingkup internasional pada tahun 2045.

    Kemudian tujuan yang ingin dicapai ialah menghasilkan lulusan yang unggul, menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa, menghasilkan masyarakat mandiri energi dan berwawasan lingkungan, menghasilkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional yang berideologi pancasila, serta menghasilkan kerja sama dalam peningkatan kompetensi dan rekrutmen lulusan.

    Melihat ambisi yang cukup besar dari kampus ITNY, mahasiswa dituntut mengasah hard skill yang dimilikinya setajam mungkin. Meskipun demikian, soft skill tidak kalah penting sebagai peran pendukung dalam melakukan pekerjaan.

    Mengenal Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

    Untuk mengasah kemampuan soft skill mahasiswa, ITNY menyediakan organisasi kemahasiswaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat serta kemampuan yang dimiliki di luar akademik yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa.

    Berikut adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY):

    UKM Perguruan Pencak Silat Betako Merpati Putih

    Bela diri merupakan kemampuan yang penting untuk menjaga diri dari segala tindak kriminal yang bisa terjadi di mana saja. Untuk mengasah kemampuan bela diri tersebut, ITNY bekerja sama dengan Perguruan Merpati Putih sebagai aliran silat yang akan mendidik mahasiswa untuk dapat memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni.

    Selain sebagai kemampuan untuk menjaga diri, Pencak Silat biasa dijadikan lomba mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Kompetisi yang diselenggarakan bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan yang mereka miliki.

    Mapala Gapadri

    Mapala Gapadri adalah sekelompok mahasiswa pencinta alam yang ada di Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). Di UKM ini, kamu akan diajak untuk berkenalan lebih dekat dengan alam. Selain mencintai alam, kamu akan diajarkan bagaimana cara bertahan hidup di alam bebas, tumbuhan apa yang bisa dan tidak bisa dimakan, serta bagaimana cara mahasiswa pencinta alam merawat serta menjaga alam agar tetap lestari.

    UKM ini cocok bagi kamu yang senang berpetualang dan menjelajahi alam seperti hutan, gunung, laut, dan pantai.

    UKM Bola Basket

    Bola basket merupakan cabang olahraga yang disenangi oleh kaum laki-laki maupun perempuan. Bagi kamu yang memiliki bakat di bidang olahraga basket, sebaiknya terus diasah dengan mengikuti UKM Bola Basket. Selain mendapatkan kesehatan, cabang olahraga bola basket memiliki banyak kejuaraan atau lomba yang bisa kamu ikuti.

    UKM Musik

    Pencinta musik wajib mengikuti organisasi kemahasiswaan yang satu ini. Berkumpul bersama orang-orang yang memiliki hobi yang sama bisa membantu kamu untuk berkembang. Di UKM Musik, kamu akan berbagi ilmu dengan mahasiswa lain yang memiliki kemampuan yang berbeda.

    Misalnya kamu adalah seorang vokalis, berteman dengan seorang pemain instrumen bukan tidak mungkin kamu juga bisa mempelajari instrumen tersebut darinya. Selain itu, UKM ini sering mengadakan acara musik seperti konser dan perform di acara-acara lainnya.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    ITNY UKM ITNY
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria