Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Lengkap Monash University Indonesia

2022-10-02

Daftar isi

    Bingung ingin melakukan apa setelah lulus sekolah menengah? Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, apalagi untuk kamu yang memiliki minat belajar tinggi. Belajar di perguruan tinggi tidak semata-mata hanya untuk meraih gelar, Tentunya kamu pun akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru.

    Salah satu perguruan tinggi yang bisa menjadi tujuan adalah Monash University. Bagi kamu yang memang mengincar untuk berkuliah di sini, pasti akan berusaha mencari tahu tentang Monash University Indonesia. Berikut ini akan dijelaskan informasi lengkap tentang Monash University Indonesia sebagai bahan pertimbangan kamu dalam menentukan pilihan perguruan tinggi di Indonesia.

    Penjelasan mengenai Monash University Indonesia

    Membicarakan tentang Monash University Indonesia, yang merupakan perguruan asing pertama yang membuka cabangnya ke Indonesia. Kampus yang berpusat di Australia ini sebelumnya telah membuka cabang di berbagai negara seperti India, Malaysia, Italia, Tiongkok, dan terakhir Indonesia.

    Meskipun terbilang perguruan tinggi baru, kehadiran Monash University telah dinanti banyak orang. Hal ini dikarenakan kampus yang berpusat di Australia ini merupakan salah satu kampus terbaik di dunia. Monash University menempati peringkat ke-58 versi QS World University Rankings 2022.

    Terdapat tiga keunggulan tentang Monash University Indonesia yang bisa menjadi alasan mengapa kamu harus kuliah di sini. Alasannya yaitu, kurikulum yang sama dengan Monash University Australia, berkolaborasi dengan berbagai institusi, dan tersedia dalam beasiswa LPDP. Berikut penjelasannya.

    • Kurikulum yang sama dengan Monash University Australia

    Yang perlu diketahui tentang Monash University Indonesia, kamu tidak perlu lagi pergi ke Australia untuk merasakan pendidikan tinggi. Sebab, Monash University Indonesia merupakan bagian dari kampus yang ada di Australia. Hal tersebut juga termasuk kurikulum yang diajarkan sama persis.

    Selain itu kamu juga akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan yang ada di Australia. Ketika kamu lulus, maka kamu akan mendapatkan ijazah Monash University dari kampus pusat dan berlaku secara internasional.

    • Kolaborasi dengan berbagai institusi

    Sejak awal berdirinya pada tahun 2021, Monash University Indonesia telah bekerja sama dengan berbagai institusi untuk membantu perkembangan mahasiswanya. Di antaranya seperti Tokopedia, Traveloka, Bank Mandiri, dan berbagai Universitas lainnya di Indonesia.

    • Tersedianya beasiswa LPDP

    Biaya pendidikan di Monash University Indonesia memang tidak murah. Diperkirakan mahasiswa akan menelan biaya sekitar 360 juta-an hingga mereka lulus. Hal tersebut setara dengan kurikulum dan fasilitas berkualitas internasional yang mereka dapatkan. Oleh karena itu, Monash University Indonesia menerima beasiswa LPDP sebagai bantuan pembiayaan dari pemerintah.

    Lokasi Kampus dan Sejarah

    Hal lain yang perlu diketahui tentang Monash University Indonesia yaitu kampus ini terletak di Bumi Serpong Damai atau yang dikenal dengan BSD City, Tangerang Selatan, Banten, persisnya berada di barat daya Jakarta. Monash University Indonesia terletak di lokasi kota yang berkembang, modern, serta berkelanjutan.

    Selain itu, Monash University Indonesia pun berada di tempat yang ramah lingkungan dan membentuk kawasan kerja, rekreasi, dan gaya hidup yang sehat di sekitar kampus.

    Membahas sejarah tentang Monash University Indonesia, kampus ini merupakan cabang dari perguruan tinggi besar yang terletak di Australia. Monash University didirikan pada tahun 1958 yang kemudian baru menerima mahasiswa pertamanya pada tahun 1961. Selain itu, nama universitas ini diambil dari nama seorang Jenderal militer Australia yang bernama Sir John Monash.


    Baca juga: Keunggulan dan Informasi PMB Monash University


    Fakultas yang Tersedia di Monash University Indonesia

    Tentang Monash University Indonesia selanjutnya yang perlu diketahui adalah empat pilihan program studi yang ditawarkan. Program studi tersebut merupakan program studi Pascasarjana. Di antaranya seperti, Data Sains (Data Science), Inovasi Bisnis (Business Innovation), Desain Perkotaan (Urban Design), dan Kebijakan dan Manajemen Publik (Public Policy and Management). Berikut penjelasannya.

    blog-danacita-monash-university-partnerpage-blog

    🧑‍🎓 Klik banner di atas untuk Ajukan Sekarang di Danacita!

    Data Science (Data Sains)

    Jurusan ini mempelajari berbagai topik seperti kemampuan analisis statistik dan eksplorasi, format dan bahasa data, memproses kumpulan big data, mengelola data beserta peranannya, serta mempelajari dampak dalam organisasi masyarakat.

    Business Innovation (Inovasi Bisnis)

    Program studi selanjutnya yaitu Innovation Business. Jurusan ini terdiri dari berbagai topik pembelajaran seperti manajemen, pemasaran, keuangan, dan ekonomi yang merupakan keterampilan paling dibutuhkan untuk kemajuan Indonesia.

    Urban Design (Desain Perkotaan)

    Desain Perkotaan merupakan program studi yang mencakup ilmu ekonomi, teknik, ilmu lingkungan, geografi, pembangunan internasional, dan berbagai bidang lain yang menginformasikan dan berdampak pada perencanaan kota serta pembangunan berkelanjutan terhadap hunian yang layak.

    Public Policy and Management (Kebijakan dan Manajemen Publik)

    Kebijakan dan Manajemen Publik merupakan program studi yang mempersiapkan lulusannya dalam memahami bagaimana pemerintahan dan kebijakan publik bekerja di setiap tingkatnya. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari dan membekali mahasiswanya dengan keterampilan dan alat praktis yang didukung untuk menginformasikan kebijakan, mengembangkan solusi, memimpin orang lain, dan mempengaruhi perubahan dalam sektor publik, masyarakat sipil, dan bisnis.


    Baca juga: Biaya Monash University Indonesia 2022 Terbaru!


    Fasilitas di Monash University Indonesia

    Selain fakultas, hal lain tentang Monash University Indonesia yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah fasilitas apa saja yang disediakan. Kampus Monash University Indonesia digadang-gadang akan menjadi tolok ukur untuk fasilitas pascasarjana dan penelitian berkualitas tinggi. Berikut ini adalah fasilitas yang bisa kamu dapatkan di Monash University Indonesia:

    • Ruang istirahat modern.
    • Informasi dan teknologi terbaru.
    • Ruang penelitian dan pembelajaran interaktif untuk staf dan mahasiswa.
    • Perpustakaan kampus spesialis terbaik di Indonesia, canggih secara digital, interaktif, dan dengan akses online yang belum pernah ada sebelumnya ke katalog materi yang sangat banyak.

    Selain fasilitas di atas, Gedung Green Office 9 merupakan salah satu gedung perkantoran paling berkelanjutan di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan penerimaan Sertifikasi Platinum Green Building dari Green Building Council Indonesia. Sertifikasi tersebut berkaitan dengan sistem drainase, saluran pembuangan limbah yang luas, serta tersedianya fasilitas daur ulang.

    Itu dia penjelasan lengkap mengenai informasi tentang Monash University Indonesia. Jika kamu tertarik, kami bisa langsung daftar untuk menjadi bagian dari Monash University. Setelah menjadi mahasiswa Monash University tapi kamu mengalami kesulitan akan biaya kuliahnya, kamu bisa mengajukan pembiayaan dengan Danacita sebagai alternatif pembayarannya.

    Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan yang sudah resmi dan berizin OJK serta bekerja sama dengan Monash University Indonesia. Jika kamu mengajukan pembiayaan ke Danacita, maka kamu bisa membayar kuliah secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Dengan begitu, biaya kuliahmu akan lebih ringan. Untuk info selengkapnya, kamu bisa melihatnya di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!