Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Data Science

2022-01-26

data

Daftar isi

    Sudahkah kamu mengenal tentang Jurusan Sains Data atau yang juga dikenal dengan Jurusan Data Science? Mungkin sebelumnya program studi data science memang belum banyak dikenal secara luas. Tapi, dalam beberapa tahun terakhir, program studi data science ini menjadi semakin banyak diminati seiring dengan kebutuhan akan pentingnya untuk menghasilkan sebuah kebijakan atau keputusan yang berlandaskan dengan data (Data-driven decision-making).

    Maka dari itu, wajar kalau saat ini banyak perusahaan yang memprioritaskan pengolahan data untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan bisnis di masa depan. Sehingga kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang data science semakin meningkat setiap tahunnya. Nah, inilah sebabnya lulusan dari Jurusan Data Science sangat diminati saat ini.

    Data science sendiri mempelajari segala hal yang berhubungan dengan data komputer. Sehingga bidang studi ini mempelajari tentang cara mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data untuk kepentingan bisnis serta menentukan arah perusahaan.

    Bagi kamu yang masih penasaran dengan Jurusan Data Science, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

    Apa Itu Jurusan Data Science?

    Secara umum, Jurusan Data Science adalah bidang studi yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk melakukan pengolahan dan menginterpretasi data dengan tujuan untuk menemukan pola-pola tersembunyi dari data tersebut. Pengolahan data ini berdasarkan ilmu statistika serta menggunakan bahasa pemrograman seperti python dan R serta tools tertentu.

    Seiring dengan banyaknya data yang dihasilkan perharinya melalui aktivitas manusia, sudah banyak perusahaan yang mengerti pentingnya pengolahan data untuk perkembangan bisnis kedepannya. Kebutuhan akan peran lulusan Jurusan Data Science pun tentunya turut meningkat pula.

    Bahkan, menurut sebuah survei oleh Institute for Business Management for Business Value (IBM), kebutuhan akan lulusan Jurusan Data Science dari 364 ribu menjadi 2, 7 juta di seluruh dunia. Lonjakan signifikan ini diprediksi akan terus bertambah di masa depan.

    Maka dari itu, Jurusan Data Science bisa dibilang sangat menjanjikan karir masa depan bagi kamu yang mempelajarinya dari sekarang.

    Tapi sebagai catatan, kamu harus menguasai berbagai disiplin keilmuan saat mempelajari data science. Antara lain ilmu matematika, statistika, transformasi data, data wrangling, hingga bahasa pemrograman sebagai pondasi dasar. Sedangkan ilmu-ilmu lain yang menjadi penunjang utama adalah sistem informasi, manajemen, ilmu ekonomi, hingga ilmu komunikasi.

    Sehingga nantinya kamu mampu mengelola data, memecahkan berbagai masalah, dan membuat keputusan terbaik untuk perusahaan berdasarkan data tersebut.

    Alasan Kenapa Harus Pilih Jurusan Data Science

    Jurusan Data Science ini merupakan pilihan tepat untuk kamu yang suka berhubungan dengan data dan pemecahan masalah. Karena saat belajar di program studi data science, nantinya kamu akan sering bergulat dengan data terstruktur maupun tidak terstruktur.

    Contoh data yang terstruktur adalah data demografi dan data keuangan. Sedangkan data yang tidak terstruktur misalnya email, foto, video, media sosial, dan lain sebagainya.

    Selain itu, Jurusan Data Science juga cocok untuk kamu yang menyukai untuk belajar banyak hal baru sekaligus. Sebab, ilmu yang akan kamu dapat di program studi data scinece bersifat multidisipliner, alias tidak cuma terbatas pada satu bidang saja.

    Selain statistika dan matematika, kamu juga akan belajar tentang bahasa pemrograman yang berguna untuk data mining. Tak hanya itu saja. Kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menjelaskan hasil pengolahan data yang kamu lakukan secara jelas dan mudah dipahami.

    Materi Kuliah Jurusan Data Science

    Data science merupakan multidisipliner yang mencakup berbagai macam disiplin ilmu lainnya. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Data Science antara lain:

    • Pengantar Data Science
    • Proyek Data Science 1
    • Proyek Data Science 2
    • Data Science pada Domain Spesifik
    • Metode Numerik
    • Statistika dengan R
    • Statistika Multivariat dengan R
    • Sistem Kecerdasan Bisnis
    • Pengantar Penambangan Data dengan Python
    • Penambangan Data
    • Pola Komputasi Big Data
    • Basis Data dan Pemrograman SQL untuk Big Data
    • Analisis Big Data
    • Teknologi Big Data dan Cloud Computing

    Kompetensi Mahasiswa Jurusan Data Science

    Berikut adalah beberapa kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Data Science:

    • Kemampuan untuk menguasai konsep serta metode statistika dan matematika dalam mengolah dan menganalisis data untuk menghasilkan rekomendasi dalam proses pengambilan keputusan.
    • Kemampuan untuk menguasai model-model pemrograman, bahasa pemrograman, basis data, pengambilan informasi, visualisasi data, dan antarmuka halaman web interaktif
    • Kemampuan untuk memilih alat/metode/perangkat lunak yang sesuai kebutuhan dalam praktik profesional untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi dan data yang tersedia.

    Prospek Kerja Jurusan Data Science

    Peluang karir untuk lulusan Jurusan Data Science yang paling populer adalah data scientist. Selain itu, profesi data analyst dan data engineer juga mulai banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan.

    Hal ini karena semakin banyak industri yang memerlukan tenaga ahli yang dapat mengolah serta menginterpretasikan data dalam jumlah besar (big data) untuk kepentingan perusahaan. Misalnya dalam proses pengambilan keputusan, hingga strategi pemasaran apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan keuntungan.

    Berikut ini adalah prospek kerja lulusan Jurusan Data Science yang perlu kamu ketahui:

    • Data Scientist. Yakni profesi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat berguna dalam mengambil sebuah keputusan.
    • Data Analyst. Yaitu profesi yang bertugas untuk meneliti informasi data dan menerjemahkan data tersebut dengan menggunakan tools analisis data. Tujuannya adalah untuk membantu proses pengolahan data.
    • Data Engineer. Secara umum, data engineer bertugas untuk membangun sistem infrastruktur, mengatur, dan mengelola proses arsitektur data pada sebuah perusahaan. Ini meliputi pipeline, basis data (database) hingga data warehouse.

    Jurusan Data Science sendiri memang bisa dibilang masih cukup baru dalam bidang keilmuan di universitas atau perguruan tinggi Indonesia. Kendati demikian, program studi ini menawarkan prospek kerja yang luas di masa mendatang.

    Apalagi saat ini kita hidup dalam era teknologi, di mana hampir semua bidang menggunakan data untuk menjalankan bisnis dan mengambil keputusan. Dengan prospek kerja yang cerah, ngggak heran jika minat pada Jurusan Data Science juga semakin meningkat.

    Nah, apa kamu juga tertarik untuk melanjutkan pendidikan Jurusan Data Science? Jika iya, kamu bisa memilih universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program studi data science.

    Wujudkan Mimpi Berkuliah di Jurusan Data Science Bersama Danacita

    Bagi kamu yang ingin segera berkuliah di Jurusan Data Science, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang memiliki program studi data science, seperti Universitas Nusa Mandiri dan Universitas Ciputra.

    Universitas Ciputra

    Salah satu jurusan unggulan di Universitas Ciputra adalah Jurusan Data Science. Universitas Ciputra atau yang juga dikenal dengan sebutan UC adalah salah satu universitas swasta di Indonesia yang mengedepankan praktik entreprenuership di dalam pendidikan. Dilansir dari website resminya, Universitas Ciputra memiliki komitmen untuk dapat membekali setiap mahasiswa dengan kemampuan entrupreneur sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Komitmen tersebut diwujudkan oleh Universitas Ciputra dengan memberikan secara merata untuk setiap jurusan maupun konsentrasi pentingnya praktik entreprenuership mulai dari awal perkuliahan hingga lulus kuliah


    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Ciputra


    Universitas Nusa Mandiri (UNM)

    Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki keunikan yang jarang ditemukan di kampus-kampus lain. Keunikan yang ada di Universitas Nusa Mandiri (UNM) yaitu adanya Jurusan Sains Data atau Data Science dengan program pendidikan S1. Jurusan Data Science umumnya hanya bisa ditemukan di kursus-kursus atau bootcamp teknologi digital saja. Dengan mengikuti Jurusan Data Science, kamu bisa langsung menjadi seorang Data Scientist. Data Scientist sendiri adalah posisi yang banyak dicari perusahaan-perusahaan lho.


    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Nusa Mandiri (UNM) Tahun 2022 di Sini!


    Sekarang kuliah di Jurusan Data Science nggak perlu pusing dengan biaya, karena kamu bisa mengajukan di Danacita untuk semua biaya kuliahmu melalui program cicilan Danacita dan pastinya cicilan di Danacita tanpa DP dan jaminan apapun! Yuk segera wujudkan mimpimu bersama Danacita sekarang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria