Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Yuk Kenalan Dengan Program Studi Finance dan Prospek Kerjanya 2022

2022-01-26

finance.jpg

Daftar isi

    Bidang keuangan atau financial tentunya menjadi sektor yang vital bagi semua perusahaan. Oleh karena itu, peluang karir untuk lulusan program studi finance pun sangat menjanjikan.

    Setiap perusahaan tentunya membutuhkan bagian finansial yang dapat mengatur arus keluar masuk keuangan perusahaan agar operasional nggak terganggu sehingga hampir semua industri membutuhkan seorang yang kompeten di bagian finansial.

    Melihat peran krusial yang dimiliki bagian finansial dalam suatu perusahaan, tentunya program studi finance bisa jadi opsi yang patut kamu perhitungkan saat memilih program studi perkuliahan. Program studi finance merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin menjajal karir profesional bidang keuangan.

    Tertarik untuk jadi mahasiswa program studi finance? Jika iya, ketahui dulu informasi lengkap hingga prospek kerjanya berikut ini, yuk!

    Apa Itu Program Studi Finance?

    Program studi finance adalah bidang ilmu terkait pengelolaan sumber daya keuangan (finansial) dalam suatu bisnis untuk mencapai tujuan tertentu.

    Sesuai dengan fungsi utamanya, program studi ini tentunya akan mempelajari bagaimana cara menggunakan sumber daya, menghitung, menganalisa, meriset, hingga mengelola aspek keuangan dan moneter dari suatu bisnis.

    Program studi finance memiliki hubungan yang sangat erat dengan manajemen, bisnis, dan akuntansi. Maka jangan heran kalau nantinya kamu akan sering bersinggungan dengan mata kuliah di tiga bidang tersebut. Yang mana ketiganya sama-sama mempelajari berbagai keterampilan penting untuk karir di bidang keuangan.

    Mata Kuliah Program Studi Finance

    Bidang finansial atau keuangan menjadi bagian yang krusial dalam berbagai bisnis. Maka mata kuliah di program studi finance biasanya akan mencakup matematika, sains, hingga ilmu sosial sebagai materi pengantar. Setelah itu, kamu akan mulai mendalami tentang finance dan fungsi lainnya.

    Secara umum, berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di program studi finance:

    • Corporate Finance
    • Bank Management
    • Risk and Insurance
    • Financial Markets
    • Financial Modelling
    • Investment Banking
    • Fixed Income Securities

    Kenapa Pilih Program Studi Finance?

    Berbagai sektor bisnis membutuhkan para ahli finansial untuk mengatur jalannya keuangan. Sehingga nggak heran kalau program studi finance memiliki banyak peminat di kalangan calon mahasiswa setiap tahunnya.

    Karena seiring dengan kebutuhan pengelolaan keuangan di setiap industri, lulusan program studi finance pasti memiliki peluang kerja yang sangat besar.

    Selain itu, keunggulan lainnya adalah kamu bisa masuk ke berbagai perusahaan atau instansi. Jadi, bisa dibilang kamu akan cocok saat melamar kerja di perusahaan manapun, karena sejatinya semua bisnis memang membutuhkan jasa ahli keuangan.

    Prospek Kerja Program Studi Finance

    Seperti yang telah kita bahas di atas, kamu tak perlu khawatir mencari peluang karir yang tepat saat lulus dari program studi finance nantinya. Karena ada banyak sekali prospek kerja dan profesi yang bisa kamu pilih sebagai mahasiswa lulusan program studi finance. Di antaranya adalah :

    Financial Analyst

    Peluang kerja yang satu ini termasuk sebagai salah satu profesi favorit bagi mahasiswa lulusan program studi finance. Sehingga tak heran kalau tingkat persaingannya pun sangat tinggi.

    Tugas utama seorang financial analyst adalah merekomendasikan keputusan bisnis perusahaan. Untuk membuat keputusan bisnis, kamu harus mempertimbangkan berbagai aspek penting seperti tren pasar, status keuangan, jenis transaksi, hingga kekuatan finansial sektor bisnis.

    Investment Analyst

    Ketimbang financial analyst, profesi investment analyst untuk lulusan mahasiswa program studi finance memiliki tanggung jawab yang lebih terbatas, yakni pada aktivitas investasi.

    Seorang investment analyst harus melakukan riset yang mendalam untuk memberikan keputusan investasi. Sehingga, kamu juga perlu bekerjasama dengan tim lain agar mendapatkan insight dan bisa memberikan rekomendasi keputusan investasi yang tepat.

    Banker

    Ingin meniti karir sebagai profesional bankir? Maka program studi finance adalah pilihan paling tepat.

    Tugas dan tanggung jawab bankir dari program studi finance ini berkaitan dengan pemasaran produk bank, analisis kelayakan pemberian kredit, dan lain sebagainya.

    Di Indonesia, bankir menjadi profesi yang sangat menggiurkan. Karena peluang karir ini memiliki tingkat persaingan yang cukup rendah tapi menawarkan gaji tinggi.

    Broker

    Peluang karir lulusan program studi finance selanjutnya adalah sebagai broker, yang merupakan perantara antara penjual dengan pembeli dalam sektor investasi.

    Jika kamu tertarik untuk mencoba profesi ini, nantinya kamu akan bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas krusial seperti analisis pasar, menjalankan transaksi, hingga menjaga relasi dengan klien.

    Risk Analyst

    Sesuai dengan namanya, tugas utama risk analyst adalah melakukan penilaian risiko keuangan perusahaan. Penilaian ini mencakup berbagai aspek, di antaranya investasi, biaya operasional perusahaan, dan lain sebagainya. Risk Analyst dapat menjadi pertimbangan karir bagi mahasiswa lulusan program studi finance.

    Corporate Finance

    Prospek kerja berikutnya bagi mahasiswa lulusan program studi finance adalah sebagai corporate finance. Ini merupakan salah satu peluang karir yang akan banyak kamu temui di perusahaan kecil maupun besar.

    Tanggung jawab profesi ini di antaranya adalah mencari dan mengatur modal untuk menjalankan usaha, mengatur strategi finansial perusahaan, memprediksi untung rugi, hingga mempersiapkan financial statement atau laporan keuangan.

    Financial Planner

    Financial planner adalah salah satu prospek kerja unggulan bagi mahasiswa lulusan program studi finance. Tugas utama financial planner adalah merencanakan pengelolaan keuangan untuk mencapai stabilitas finansial, baik saat ini maupun di masa mendatang.

    Biasanya, financial planner akan mengulas kebutuhan finansial para klien. Misalnya di bidang perencanaan tabungan, investasi, atau pengelolaan kekayaan dan aset.

    Commercial Banking

    Ini juga menjadi salah satu prospek kerja yang banyak diburu oleh mahasiswa lulusan program studi finance. Sebab, pilihan karir yang ada di bidang ini mencakup teller bank, marketing, kreditor, hingga juga manajer cabang.

    Public Accounting

    Public Accountaing atau Akuntan publik adalah prospek kerja program studi finance selanjutnya yang akan bertanggung jawab untuk membantu perusahaan atau perorangan untuk melacak keuangan mereka. Biasanya, akuntan publik akan mencatat transaksi bisnis, mengaudit catatan finansial, mempersiapkan laporan keuangan, hingga menyediakan jasa konsultasi.

    Auditor

    Prospek kerja selanjutnya dari lulusan program studi finance adalah menjadi auditor. Tugas utama profesi yang satu ini adalah melakukan proses audit laporan keuangan. Dibutuhkan ketelitian tinggi dan detail oriented jika kamu ingin berkarir di bidang ini.

    Wujudkan Mimpi Berkuliah di Program Studi Finance Bersama Danacita

    Bagi kamu yang ingin segera berkuliah di program studi finance, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang memiliki program studi finance, seperti President University dan UNISBA

    President University

    President University atau yang juga dikenal dengan sebutan PU adalah universitas swasta yang mengedepankan international learning dan research environment untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan. Di President University (PU), kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran kuliah kamu lho. Nah, ini menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing tertinggi di Indonesia. Salah satu program studi unggulan di President University adalah program studi finance.


    Baca juga: Alasan terbaru kenapa kamu harus kuliah di President University 2022/2023


    Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Ingin kuliah di program studi finance di Bandung? Maka UNISBA adalah universitas yang tepat untuk kamu. Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapat ketika kamu melanjutkan untuk berkuliah di program studi finance UNISBA. Diantaranya adalah akreditasi, umur dan juga reputasi. Secara akreditasi UNISBA saat ini memiliki akreditas institusi A. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitasnya. Kedua umur UNISBA sudah sangat matang, jadi kampus ini sudah sangat dipercaya oleh berbagai jenis industri perusahaan. Ketiga reputasi, UNISBA memiliki reputasi yang tinggi, dimana kampus ini sudah mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam hingga luar negeri. Jadi kamu ngga perlu khawatir lagi ketika nanti sudah lulus dari program studi finace UNISBA.

    Baca juga: Biaya kuliah di UNISBA 2022/2023 Dengan Danacita

    Sekarang kuliah di program studi finance nggak perlu pusing dengan biaya, karena kamu bisa mengajukan di Danacita untuk semua biaya kuliahmu melalui program cicilan Danacita dan pastinya cicilan di Danacita tanpa DP dan jaminan apapun! Yuk segera wujudkan mimpimu bersama Danacita sekarang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria