Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Program Studi Sistem Komputer dan Prospek Kerjanya 2022

2022-01-26

coding-man.jpg

Daftar isi

    Program studi sistem komputer merupakan salah satu pilihan paling tepat untuk kamu yang suka mengikuti perkembangan teknologi, jaringan, dan bidang perakitan komputer. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga membuat prospek kerja program studi sistem komputer semakin luas dan menjamur di mana-mana.

    Program studi sistem komputer sendiri merupakan program studi perkuliahan yang kerap disebut juga dengan nama teknik komputer. Dalam program studi sistem komputer, nantinya kamu akan mempelajari tentang integrasi antara ilmu komputer dan teknik elektro. Pengintegrasian ini berguna untuk pengembangan software, hardware, dan juga jaringan komputer.

    Bukan hanya itu saja. Dalam program studi sistem komputer kamu juga akan belajar tentang bagaimana melakukan rekayasa perangkat lunak, hingga membuat sistem perangkat lunak yang baru.

    Nah, buat kamu yang tertarik dengan program studi sistem komputeri, yuk kenali lebih dalam apa itu program studi sistem komputer melalui ulasan berikut!

    Apa Itu Program Studi Sistem Komputer?

    Program studi sistem komputer merupakan sebuah program studi yang mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer.

    Bidang studi ini akan mempelajari bagaimana merancang dan membangun otak komputer atau alat elektronik lainnya guna mengontrol jalannya sistem. Maksud dari otak komputer tersebut adalah processor atau chip yang terdapat dalam motherboard.

    Sama halnya dengan ilmu komputer lainnya, sistem komputer juga akan mempelajari pemrograman. Namun berbeda dari teknik informatika, pemrograman di sistem komputer lebih menekankan pada bahasa pemrograman mesin.

    Maka tak heran kalau mayoritas orang menilai bahwa program studi sistem komputer merupakan salah satuprogram studi yang sangat sulit. Sebab, butuh ketelitian yang tinggi bila tak ingin sistem yang dirancang menjadi gagal dan sia-sia. Tapi tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk kamu yang suka mengotak-atik dan merakit mesin komputer.

    Selain itu, seimbang dengan tingkat kesulitannya, program studi sistem komputer juga menawarkan prospek kerja dengan masa depan cerah bagi kamu yang memiliki kemampuan dan memenuhi kualifikasi.

    Perbedaan Program Studi Sistem Komputer dan Teknik Informatika

    Menilik dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa program studi sistem komputer menekankan pada pengintegrasian ilmu komputer dan teknik elektro. Yang nantinya menghasilkan sebuah output lengkap berupa hardware, software, dan network.

    Bidang ilmu ini juga lebih fokus untuk mempelajari seputar pembangunan teknologi. Mulai dari mendesain, merakit, mengimplementasikan, dan memeliharanya.

    Sementara teknik informatika merupakan program studi yang lebih fokus pada pengembangan sistem berbasis komputer, kecerdasan buatan, serta jaringan dan pemrograman.

    Sehingga, bidang ilmu ini lebih menekankan pada bagaimana cara mengoptimalkan kinerja subsistem melalui proses analisis, perancangan, dan implementasi berdasarkan algoritma.

    Kenapa Memilih Program Studi Sistem Komputer?

    Saat ini, komputer telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan demikian, program studi sistem komputer pun menawarkan berbagai macam prospek kerja dengan cakupan yang luas.

    Apalagi sistem komputer sendiri merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu, seperti teknik informatika, sistem informasi, dan teknik elektro. Sehingga kesempatan kerja lulusan program studi sistem komputer pun bisa dibilang tak terbatas.

    Selain itu, nilai tambah lainnya adalah dengan mempelajari program studi sistem komputer, kamu juga akan selalu up to date tentang perkembangan teknologi dan berbagai macam aspek di dalamnya.

    Mata Kuliah Program Studi Teknik Komputer

    Program studi sistem komputer berfokus pada perancangan dan pembangunan sistem berbasis komputer. Sehingga nantinya kamu akan lebih sering mempelajari materi seputar pemrograman, arsitektur komputer, merakit perangkat keras dan perangkat lunak, sistem komunikasi, topologi jaringan, serta interaksi antara semua elemen tersebut.

    Berikut ini adalah mata kuliah program studi sistem komputer yang perlu kamu ketahui:

    • Kalkulus
    • Algoritma dan Pemrograman
    • Pemrograman Web
    • Matrik dan Vektor
    • Struktur Data
    • Organisasi Komputer
    • Rangkaian Listrik
    • Rangkaian Digital
    • Arsitektur Komputer
    • Rekayasa Perangkat Lunak
    • Jaringan Komputer
    • Analisis Kerja Sistem
    • Elektronika
    • Keamanan Komputer
    • Komputasi Bergerak
    • Sistem Operasi
    • Basis Data
    • Kriptografi
    • Bahasa Pemrograman Rakitan
    • Robotika
    • Pemrograman Multimedia
    • Simulasi dan Pemodelan
    • Sistem Embedded
    • Sistem Kecerdasan Buatan
    • Pengolahan Sinyal Digital
    • Sistem Mikroprosesor

    Kompentensi Mahasiswa Program Studi Sistem Komputer

    Berikut adalah beberap kompentensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa program studi sistem komputer:

    • Kemampuan untuk interpretasikan analitis, logis, dan sistematis rekayasa komputer.
    • Kemampuan dalam pemecahan masalah konkrit dalam bidang rekayasa komputer.
    • Kemampuan untuk memahami teoritis keilmuan dasar rekayasa komputer.
    • Kemampuan dalam penggunaan metode, alat bantu dan prosedur tepat guna pada bidang rekayasa komputer.

    Prospek Kerja Program Studi Sistem Komputer

    Sebagaimana program studi sistem komputer lainnya, prospek kerja lulusan program studi sistem komputer pun sangat luas. Apalagi ditunjang dengan perkembangan teknologi yang kian canggih dari waktu ke waktu. Beberapa peluang karir lulusan program studi sistem komputer antara lain:

    Programmer

    Program studi sistem komputer memang pada dasarnya tidak terlalu mendalami pemrograman. Namun, kamu tetap bisa menjadi programmer karena memiliki dasar-dasar pemrograman yang bisa kamu tingkatkan dan asah.

    Network Engineer

    Pelajaran seputar networking yang kamu dapatkan di program studi sistem komputer juga bisa bermanfaat untuk membantumu meniti karir sebagai network engineer.

    Dalam profesi ini kamu akan berhubungan dengan jaringan telekomunikasi, yang mana menjadi aspek krusial di zaman sekarang. Peluang karir di perusahaan telekomunikasi pun akan terbuka lebar untukmu.

    System Analyst

    Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan program studi sistem komputer adalah menjadi system analyst. Ini merupakan profesi yang bertanggung jawab melakukan analisis sistem di suatu perusahaan.

    Tujuannya adalah untuk membantu engineer untuk memecahkan masalah dan membuat solusi agar sistem atau aplikasi yang digunakan bisa berfungsi dengan baik.

    Mobile Technology and Embedded System

    Peluang kerja ini cocok untuk mahasiswa lulusan program studi sistem komputer yang mahir untuk merancang perangkat mobile. Mobile Technology and Embedded System sendiri saat ini sedang dicari oleh perusahaan-perusahaan teknologi.

    IT Consultant

    Profesi selanjutnya yang bisa mahasiswa lulusan program studi sistem komputer setelah menyelesaikan pendidikan di program studi sistem komputer adalah konsultan IT. Nantinya, kamu akan bertugas memberikan rekomendasi mengenai sistem aplikasi maupun sistem pada perangkat keras.

    Dengan banyaknya prospek kerja ini, kamu pun tidak perlu merasa bingung untuk mengejar karir di bidang apa setelah lulus nantinya.

    Nah, setelah membaca ulasan tentang program studi sistem komputer di atas, apakah kamu tertarik untuk memilih program studi yang satu ini? Selain prospek kerja yang menjanjikan, program studi ini juga bersifat multidisipliner, yang tentunya dapat mengasah kemampuanmu di berbagai bidang.

    Wujudkan Mimpi Berkuliah di Program Studi Sistem Komputer Bersama Danacita

    Bagi kamu yang ingin segera berkuliah di program studi sistem komputer, berikut adalah beberapa rekomendasi universitas yang memiliki program studi sistem komputer, seperti President University dan Sampoerna University.

    President University

    Salah satu program studi unggulan di President University adalah program studi sistem komputer.. President University atau yang juga dikenal dengan sebutan PU adalah universitas swasta yang mengedepankan international learning dan research environment untuk dapat mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia di masa depan. Di President University (PU), kamu akan diharuskan untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk semua mata pelajaran kuliah kamu lho. Nah, ini menjadikan President University (PU) sebagai salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing tertinggi di Indonesia.


    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) President University (PU) 2022/2023


    Sampoerna University

    Salah satu program studi unggulan di Sampoerna University adalah program studi sistem komputer. Sampoerna University adalah universitas yang telah bertaraf internasional dan merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pengalaman program pendidikan dengan American-style sesuai dengan standar kurikulum, fakultas, fasilitas dan operasional di Amerika serta dikombinasikan program akademik dalam konteks Indonesia. Sampoerna University merupakan bagian dari Sampoerna Schools System of Indonesia. Sampoerna University juga telah berkerjasama secara resmi dengan University of Arizona untuk menawarkan program Dual Degree yang memungkinakn mahasiswa di Sampoerna University untuk belajar selama 4 tahun di Jakarta di bawah kurikulum US dan lulus dengan 2 gelar, satu gelar sarjana dari AS dari University of Arizona dan Sarjana (Strata 1) dari Sampoerna University.


    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sampoerna University 2022/2023


    Sekarang kuliah di program studi sistem komputer nggak perlu pusing dengan biaya, karena kamu bisa mengajukan di Danacita untuk semua biaya kuliahmu melalui program cicilan Danacita dan pastinya cicilan di Danacita tanpa DP dan jaminan apapun! Yuk segera wujudkan mimpimu bersama Danacita sekarang!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria