Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Informasi Terlengkap Fakultas Psikologi UPJ

2022-11-17

Daftar isi

    Siapa yang bercita-cita ingin menjadi HRD? Atau mungkin ingin menjadi Psikolog? Langkah pertama yang harus kamu lewati adalah dengan mengambil program studi Psikologi. Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Di program studi ini kamu akan belajar berbagai faktor yang mempengaruhi tingkah laku manusia, seperti faktor tempat tinggal, keluarga, lingkungan sosial, atau faktor genetik.

    Untuk kamu yang ingin mengambil jurusan Psikologi, UPJ bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut akan dijelaskan mengenai Fakultas Psikologi UPJ mulai dari alasannya hingga prospek kerjanya.

    Mengenal UPJ

    Sebelum membahas Fakultas Psikologi UPJ, akan lebih baik untuk mengenal UPJ terlebih dahulu. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di daerah Bintaro yang berdiri pada tahun 2011 dan didukung oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya. Kelompok usaha Pembangunan Jaya sendiri merupakan salah satu group perusahaan yang memiliki 17 usaha yang bergerak dibidang properti, manufaktur, konsultan manajemen, konsultan desain, kontraktor, pariwisata/rekreasi, trading, mekanikal & elektrikal dan pendidikan.

    UPJ didirikan melalui pengalaman panjang grup Jaya yang telah melahirkan berbagai mahakarya properti dan pembangunan infrastruktur monumental di DKI Jaya dan sekitarnya. Berbekal reputasi kualitas unggul, kepeloporan dan inovasi tersebut Grup Jaya mengembangkan UPJ sebagai pusat pendidikan tinggi unggulan dengan keunggulan di bidang Urban lifestyle and Urban Development.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, UPJ mengadopsi nilai-nilai Jaya yang merupakan nilai-nilai yang disarikan dari pengalaman lebih dari 50 tahun jatuh bangun kelompok usaha Pembangunan Jaya. Nilai-nilai yang dimaksud ialah Integritas, Komit, Adil, Intrapreneurship, dan Dorongan Berprestasi. Kelima nilai-nilai ini telah teruji oleh waktu dan menjadi pegangan dan panduan bagi segenap sivitas akademika UPJ.

    Baca juga: Mau Tau Biaya Kuliah 2022/2023 di UPJ? Simak di Sini Yuk!

    Penjelasan Fakultas Psikologi UPJ

    Fakultas Psikologi merupakan salah satu fakultas di UPJ yang memiliki visi untuk mengembangkan psikologi perkotaan (urban psychology) yang berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat urban dengan program studi S1 Psikologi. Selain itu, secara umum fakultas ini juga ingin menjadi program studi yang unggul dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang psikologi dan membentuk Manusia Jaya sebagai pembelajar seumur hidup, yang bermartabat, berwawasan luas, berdaya saing tinggi, peduli lingkungan, dan pelopor kesejahteraan di Asia Tenggara.

    Program Studi Psikologi di Fakultas Psikologi UPJ memiliki keunikan yang menjadi ciri khas, yaitu Psikologi Perkotaan (Urban Psychology). Hal ini diwujudkan melalui Capaian Pembelajaran dimana lulusan Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya:

    1. Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyelesaikan masalah.
    2. Mampu menerapkan Nilai-Nilai Jaya untuk menjadi insan yang bermartabat.
    3. Memiliki wawasan ilmu pengetahuan di luar bidang studi yang dipelajarinya, terkait dengan urban development dan urban lifestyle.
    4. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan keseimbangan alam/lingkungan (Sustainable Eco Development).
    5. Mampu memiliki jiwa kewirausahaan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.
    6. Mampu memiliki sertifikat Bahasa Inggris (TOEIC) dan sertifikasi ICT atau sesuai dengan bidang keahlian terkait.
    7. Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
    8. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologis berdasarkan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern.
    9. Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.
    10. Mampu melakukan intervensi psikologi non klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat urban dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
    11. Mampu memperoleh informasi data dan melakukan analisis data secara bertanggung jawab.
    12. Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggung jawab dalam konteks psikologi.
    13. Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif generik.
    14. Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme.
    15. Mampu merencanakan dan mengembangkan karir dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development).
    16. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

    Setelah menyelesaikan pendidikan di Program Studi Psikologi UPJ, kamu dapat bekerja di berbagai bidang dan industri seperti Tenaga KErja di bidang SDM, Konsultan di bidang Psikologi, Pengajar, Penulis, Konselor, Asisten Peneliti, dan masih banyak lagi.

    Keunggulan UPJ?

    1. Kelas Open To All (KOTA)

    Sebagai kampus yang terletak di daerah urban, UPJ memiliki Kurikulum Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang menitikberatkan pada Urban Development & Urban Lifestyle (Pengembangan urban & gaya hidup urban) sebagai fokus keunggulan UPJ. Untuk Fakultas Psikologi sendiri difokuskan pada Urban Society. Dengan ini, kamu bisa ikut serta mengembangkan nggak cuma lingkungan masyarakat di sekitar kampus, tapi kamu juga bisa bawa kembali ke daerah tempat tinggalmu nanti lho.

    2. Sustainable Eco Development (SED)

    Selain KOTA, UPJ juga mencanangkan Sustainable Eco Development (SED) sebagai fokus untuk mahasiswa-mahasiswanya. Program ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran menjaga kelestarian hidup. SED tersebut memiliki standar kompetensi yang dibagi tiga, yaitu:

    • Kognitif agar mahasiswa memahami konsep SED
    • Afektif agar SED menjadi pola kehidupan sehari-hari mahasiswa
    • Psikomotorik, agar SED menjadi sesuatu yang alamiah bagi mahasiswa.

    3. Jaya Soft Skill Development Program (JSDP)

    Dengan program outbound dan modul-modul khas JSDP, UPJ mempersiapkan lulusan yang berintegritas, professional, dan berjiwa entrepreneur dengan 1000 poin soft skills. Program ini bertujuan untuk membekali kamu agar bisa bersaing setelah lulus nanti.

    4. English Discoveries and Toeic

    Untuk mempersiapkan lulusan UPJ menghadapi persaingan global, sebagai mahasiswa UPJ nantinya kamu juga akan mempelajari bahasa Inggris melalui sistem baru English Discoveries Online (EDO) yang interaktif, berbasis teknologi, kapan saja dan di mana saja, dan mengukur kemampuan komunikasi bahasa Inggris dalam dunia Internasional melalui TOEIC® (Test of English for International Communication).

    Biaya Kuliah di Fakultas Psikologi UPJ

    Berikut biaya kuliah di Fakultas Psikologi UPJ

    Potongan Masuk/SP*

    Jenis Potongan/ Beasiswa Kategori Potongan/ Beasiswa Total Biaya Uang Masuk
    Potongan Rata-rata Rapor Rata-rata rapor >9,01Rata-rata rapor 8,51 - 9,00Rata-rata rapor 8,01 - 8,50Rata-rata rapor 7,51 - 8,00 Rp. 5.900.000,-Rp. 11.800.000,-Rp. 16.225.000,-Rp. 17.700.000,-
    Peringkat Kelas Peringkat kelas 1-5Peringkat kelas 6-10 Rp. 7.375.000,-Rp. 10.325.000,-
    Ujian Saringan Masuk (USM) USM Grade AUSM Grade BUSM Grade C Rp. 0,-Rp. 11.800.000,-Rp. 17.700.000,-

    *Siswa dapat memilih satu jenis potongan/ beasiswa uang pangkal/ SP yang berlaku

    Biaya SPP/ SKS

    Program Studi Biaya SPP SKS Kelas Semester 1 SKS Praktik Semester 1 Total SPP & SKS Semester 1
    Psikologi Rp. 3.500.000 20 - Rp 8.900.000 

    Bayar Biaya Kuliah di Fakultas Psikologi UPJ Lewat Danacita

    Kabar gembira untuk kamu yang ingin kuliah di Fakultas Psikologi UPJ, sekarang kamu bisa belajar dengan biaya yang terjangkau lewat Danacita. Saat ini, Danacita dan UPJ telah bekerja sama untuk mempermudah mahasiswa UPJ untuk membiayai studi mereka.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan UPJ adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa UPJ. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di UPJ tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Selain dengan UPJ, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di Indonesia sehingga sudah pasti aman dan terjamin. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Psikologi upj Fakultas Psikologi UPJ
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri