Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Desain Interior dan 4 Prospek Kerjanya

2022-09-08

Daftar isi

    Kuliah desain interior kini semakin tinggi peminatnya melihat cerahnya masa depan profesi seorang interior designer saat ini. Profesi yang satu ini sangat identik dengan gambar dan cocok untuk kamu yang hobi gambar. Meskipun terdengar asing di telinga, sebenarnya jurusan ini telah ada sejak lama. Namanya semakin santer terdengar yang disebabkan semakin banyaknya peminat di jurusan yang satu ini. Bagaimana tidak? Desain telah menjadi bagian dalam gaya hidup manusia saat ini.

    Saat ini telah banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan desain interior. Hal ini dikarenakan prospek kerja jurusan desain interior semakin terbuka lebar dalam memasuki dunia bisnis digital. Sebagai seorang mahasiswa jurusan desain interior, mahasiswa harus menyelesaikan studinya dengan waktu 3,5 sampai 4 tahun untuk bisa memperoleh gelar Sarjana Desain (S.Ds.).

    Apa itu jurusan desain interior

    Jurusan desain interior merupakan salah satu jurusan yang menggabungkan berbagai macam bidang seperti seni, teknologi, hingga bisnis. Tugas seorang desainer interior yaitu merancang gambar khususnya di bagian interior. Gambar-gambar tersebut dibuat menggunakan software ataupun aplikasi untuk membuat rancangan gambar seperti SketchUp, Home Design 3D, Sweet Home 3D, hingga AutoCAD.

    Seorang desainer interior diharuskan memiliki kemampuan kreativitas serta inovasi yang baik. Mereka dituntut untuk menciptakan sesuatu yang baru dalam melihat peluang-peluang yang ada. Kreativitas tersebut nantinya dituangkan atau dirancang ke dalam bentuk gambar. Dari gambar itulah nantinya akan terlihat produk seperti apa yang dihasilkan sebelum akhirnya direalisasikan.

    Kenapa kamu harus masuk jurusan desain interior

    Jurusan desain interior membutuhkan kemampuan kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu, kemampuan kreativitas kamu akan terus dilatih selama menjalani perkuliahan. Dengan begitu, kamu akan siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan setelah lulus kuliah.

    Selain itu, melihat perkembangan dunia bisnis digital saat ini, seorang desainer interior semakin diperlukan untuk membuat rancangan visual di berbagai perusahaan. Desainer interior juga semakin dibutuhkan seiring bertambahnya perusahaan-perusahaan startup yang membutuhkan jasa untuk merancang kantor mereka.

    Prospek kerja jurusan desain interior 1: Pengusaha

    Prospek kerja jurusan desain interior yang pertama adalah menjadi seorang pengusaha. Jenis usaha yang bisa dilakukan oleh seorang desainer interior adalah dengan menjual jasa rancangan-rancangan interior buatan sendiri. Selain itu, kamu juga bisa membangun perusahaan kontraktor khususnya di bagian interior untuk menyalurkan kemampuan yang kamu miliki.

    Prospek kerja jurusan desain interior 2: Kontraktor

    Prospek kerja jurusan desain interior selanjutnya adalah bekerja sebagai kontraktor. Kontraktor merupakan perusahaan yang menawarkan jasa konsultasi konstruksi, termasuk di dalamnya ada pengkajian, perancangan, pengawasan, dan manajemen. Nah, seorang desainer interior-lah yang mengambil peran sebagai perancang di bagian interior.

    Prospek kerja jurusan desain interior 3: Visual Merchandiser

    Sebelumnya telah disebutkan bahwa kebutuhan desainer interior semakin terbuka lebar memasuki dunia bisnis digital. Prospek kerja jurusan desain interior yang satu ini bertugas untuk menata produk dengan memperhatikan aspek yang dapat menarik perhatian konsumen dan membentuk citra toko. Dalam hal ini, seorang desainer interior bertanggung jawab dalam promosi suatu produk untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

    Prospek kerja jurusan desain interior 4: Marketing Desainer

    Masih seputar dunia bisnis digital, prospek kerja jurusan desain interior juga mencakup marketing desainer. Marketing desainer menekankan perancangan visual yang menarik sehingga membuat konsumen merasa ingin membeli produk yang dijual oleh perusahaan.

    Prospek kerja jurusan desain interior 5: Dosen

    Melihat semakin banyak mahasiswa yang berminat kuliah di jurusan desain interior, maka tenaga pendidik yang dibutuhkan juga semakin besar. Menjadi dosen desain interior adalah salah satu pilihan yang tepat terutama bagi kamu yang juga menyukai bidang pendidikan dan pengajaran. Perlu kamu ketahui bahwa syarat untuk menjadi dosen saat ini diperlukan gelar Magister untuk bisa mengajar di perguruan tinggi.

    Kampus rekomendasi jurusan desain interior : USAHID Solo

    Walaupun jurusan desain interior semakin banyak dan terdapat di beberapa kampus. Jumlahnya masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya. Salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi desain interior adalah Universitas Sahid Surakarta atau USAHID Solo.

    Program studi desain interior di USAHID Solo merupakan salah satu program studi yang berdasarkan ilmu desain yaitu merancang, menciptakan, dan membuat sesuatu yang baru. Program studi ini juga mendukung penuh seluruh mahasiswanya untuk dapat menggali potensi, meningkatkan kreativitas, dan menemukan inovasi.

    Sebagai mahasiswa jurusan Desain Interior, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi yang dapat membantunya bersaing ketika terjun ke dunia kerja. Kompetisi tersebut antara lain:

    • Memahami kebutuhan manusia pengguna ruang serta respon mereka terhadap lingkungan.
    • Memahami dan mengaplikasikan etika profesi.
    • Memahami desain interior berkelanjutan.
    • Memiliki pola berpikir dengan perspektif global dan pemahaman bahwa desain merupakan upaya pemecahan masalah.
    • Memiliki kemampuan beradaptasi, berpikir analitis, kreatif, dan strategis.
    • Memiliki kemampuan berpikir kritis, active listening skill, serta daya interpretasi yang efektif.
    • Memiliki kompetensi dasar desain.
    • Memahami teori-teori desain, unsur-unsur dan prinsip desain, green design, sejarah desain, serta human factors.

    USAHID Solo merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. Selain itu, USAHID Solo juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Surakarta yang menyelenggarakan program studi desain interior jenjang Sarjana dengan akreditasi B.

    Itu dia informasi seputar prospek kerja jurusan desain interior. Jika kamu memiliki kendala dalam pembayaran kuliah, Danacita menawarkan bantuan dengan memberikan keringanan yaitu membayar dengan cara dicicil. Pastikan kuliahmu selesai tanpa hambatan. Informasi lengkap seputar Danacita klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!