Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN

2022-11-16

Daftar isi

    Bingung menentukan kampus pilihan? Tertarik belajar di bidang mesin, teknologi, dan bisnis energi? IT PLN bisa jadi salah satu pilihan kampus yang tepat karena di kampus ini terdapat Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN.

    IT PLN merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengikuti perkembangan teknologi dan bisnis. Hal itu bisa dilihat dari beberapa jurusan yang disediakan. Jika kamu tertarik untuk masuk ke IT PLN di fakultas ini, maka kamu harus paham betul mengenai Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN. Berikut akan dijelaskan dengan lengkap tentang fakultas ini hingga jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN? Simak artikel ini untuk mengetahuinya.

    Apa itu IT PLN

    Sebelum mengetahui apa saja saja jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN, sebaiknya kita ketahui lebih dulu apa itu IT PLN. Institut Teknologi PLN atau IT PLN sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) yang telah berdiri sejak tahun 1998.

    Saat pertama kali dibangun, kampus ini berlokasi di Gedung Indonesia Power Jalan Gatot Subroto. IT PLN berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN (YKP-PLN). Barulah pada 31 Januari 2020, STT-PLN bertransformasi menjadi Institut Teknologi PLN dengan 4 fakultas dan 13 program studi. Salah satunya adalah Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN.

    Selain itu, Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN menyediakan beberapa fasilitas diantaranya seperti, Perpustakaan, Masjid, Lapangan Olahraga, Kantin Mahasiswa, Kantin Dosen, Teater, Auditorium, Mezzanine, Portacamp UKM, Klinik, Common Space, Dinding Panjat Tebing, dll.

    Baca juga: Informasi Terbaru Pendaftaran untuk Jadi #Ksatriapetir di Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IT PLN 2022!

    Penjelasan mengenai Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN beserta Prodinya

    Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN memiliki visi dan misi untuk mendukung pendidikan yang berkualitas, diantaranya yaitu:

    Visi

    Menjadi fakultas yang berkelas internasional, modern, mandiri dan unggul di bidang Teknik Mesin, Kewirausahaan, Teknik Industri dan vokasi Teknik Mesin yang berorientasi terhadap perkembangan revolusi industri 4.0 dan berwawasan lingkungan.

    Misi

    • Menyelenggarakan program pendidikan akademik sarjana teknik mesin, teknik industri, kewirausahaan dan vokasi teknik mesin yang modern, mandiri, dan unggul dengan tata Kelola yang baik berstandar internasional.
    • Menyelenggarakan penelitian terapan berfokus pada teknik mesin, teknik industri, kewirausahaan dan vokasi teknik mesin yang berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan umat manusia.
    • Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan bentuk pembinaan, pelatihan, konsultasi dan pemberdayaan masyarakat di bidang teknik mesin, teknik industri dan kewirausahaan serta vokasi teknik mesin.
    • Berkontribusi bagi negeri dalam menciptakan sumber daya manusia yang berakhlak dan berdaya saing di bidang teknik mesin, teknik industri, kewirausahaan dan vokasi teknik mesin.
    • Membangun Kerjasama dengan berbagai pihak dalam skala nasional maupun internasional, dalam rangka memastikan continuous improvement dan keberlangsungan kualitas output/produk layanan di bidang teknik mesin, teknik industri, kewirausahaan dan vokasi teknik mesin.

    Beberapa jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN di antaranya yaitu:

    1. D3 Teknik Mesin
    2. S1 Teknik Mesin
    3. S1 Teknik Industri
    4. S1 Kewirausahaan

    Pekerjaan yang bisa diambil dari Lulusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN

    Jika kamu lulusan dari salah satu jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah prospek kerja yang menjanjikan.

    Berikut beberapa prospek kerja dari beberapa jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN:

    • S1 Teknik Mesin: Mechanical Engineer, Operation & Maintenance Engineer, Research and Development (RnD), Robot Engineer, Workshop Engineer, Perancang Produk Otomotif, Drafter Engineer, Consultant Engineer, System Analyst dan Entrepreneur.
    • S1 Teknik Industri: System development engineer, logistic and transportation specialist, quality control engineer, cost control engineer, production planning and inventory engineer, researcher, data analyst, dan entrepreneur.
    • S1 Kewirausahaan: Entrepreneur, Konsultan, Pegawai, Industri Jasa dan Manufaktur.
    • D3 Teknik Mesin: sebagai tenaga ahli madya (D3) Teknik Mesin, pastinya kamu akan dibekali kemampuan hingga siap bekerja. Oleh karena itu, kamu bisa ditempatkan di perusahaan pembangkit listrik baik BUMN maupun swasta. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di sektor lain seperti perusahaan minyak dan gas, manufaktur, otomotif yang berkaitan dengan operasi dan perawatan mesin juga sebagai entrepreneur.

    Biaya kuliah di Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN

    Hal yang harus kamu tahu terkait Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN selanjutnya adalah biaya kuliah yang terjangkau. Biaya tersebut terbagi dalam Uang Pangkal, Biaya Pengembangan dan Pembangunan Pendidikan (BP3), dan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

    Pada jalur tanpa tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022, hanya dengan biaya Rp 20 juta-an pada pembayaran awal, kamu sudah bisa masuk jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN.

    Pembayaran kuliah di Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN menggunakan Danacita

    Itu dia informasi lengkap mengenai jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN. Bagi kamu yang merasa berat dengan biaya pendidikan, IT PLN bersama Danacita membuka program cicilan untuk kamu yang ingin membayar biaya kuliah dengan cara dicicil.

    Danacita adalah platform pembiayaan pendidikan yang telah berdiri sejak tahun 2018. Hingga saat ini, Danacita telah tercatat memiliki lebih dari 14 ribu pengguna dari kalangan mahasiswa hingga peserta kursus, 120 mitra pendidikan, dan terdapat lebih dari Rp 171 miliar dana pendidikan yang telah dialokasikan.

    Danacita adalah solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam membayar biaya pendidikan dengan menawarkan tenor pembayaran mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Solusi mudah dan aman untuk gapai mimpi pendidikanmu

    Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan

    Kamu tidak perlu khawatir karena dana pendidikan akan langsung dibayarkan ke institusi pendidikan yang telah bermitra. Maksimal 3 hari kerja.

    • Persyaratan mudah

    Danacita tidak memerlukan DP maupun jaminan. Kamu bisa langsung mengajukan hanya dengan KTP, bukti tagihan, dan bukti penghasilan satu bulan terakhir.

    • Proses pengajuan mudah berbasis online

    Kamu bisa mulai melakukan pengajuan di mana pun dan kapanpun melalui website dan aplikasi android Danacita.

    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Jika kamu memiliki dana lebih dan ingin segera melakukan pelunasan maka bisa hubungi tim customer care Danacita tanpa adanya denda.

    Itu dia informasi lengkap mengenai Danacita. Segera raih mimpi bersama Danacita. Ketahui informasi lengkapnya di website Danacita atau aplikasi Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Jurusan Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi IT PLN IT PLN
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri