Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan & Fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta

2022-09-29

Daftar isi

    Menentukan jurusan yang ingin diambil di perguruan tinggi bukan perkara yang mudah dan tidak boleh disepelekan. Biasanya, untuk menentukan jurusan kuliah harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Selain itu, kamu juga bisa melihatnya dari sisi prospek kerja dan peluangnya di masa depan.

    Salah satu universitas yang bisa menjadi pilihan atau tujuan adalah Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Berikut ini adalah rangkuman penjelasan daftar jurusan & fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

    Penjelasan Singkat Mengenai Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Sebelum mengetahui informasi jurusan & fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta, ada baiknya untuk mengenal kampus ini terlebih dahulu. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah memiliki sejarah yang panjang sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia. Pada awal mula berdirinya, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bernama Institut Pertanian Wangsa Manggala (IPW) di tahun 1984. Dua tahun setelah berdirinya, kembali mengalami perubahan nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA). Hingga pada tahun 2008, UNWAMA resmi berganti nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sampai saat ini.

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) hadir di atas kepentingan masyarakat. Hal tersebut tertuang dalam visi UMBY yaitu menjadi universitas yang memiliki komitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita yang tertanam dalam semboyan Angudi Mulyaning Bangsa. Memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat nasional maupun internasional.

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki dua lokasi kampus yang berbeda. Kampus I terletak di Jalan Wates KM 10 Pedes, Argomulyo Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan Kampus II terletak di Jalan Jembatan Merah 84C, Gejayan, Yogyakarta. Berikut jurusan & fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

    Penjelasan Mengenai Jurusan & Fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Fakultas di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Sebagai perguruan tinggi yang telah 38 tahun mengabdi untuk negeri, jurusan & fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terus bertambah seiring waktu sesuai perkembangan dan kemajuan zaman. Berikut ini adalah daftar fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

    • Fakultas Agroteknologi

    Fakultas ini hadir atas ketergantungan perekonomian Indonesia terhadap sektor pertanian. Sebagai negara agrikultur, Indonesia masih memanfaatkan kekayaan alam dan kesuburan tanahnya sebagai kebutuhan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang ahli di bidang agroteknologi untuk mendukung hal tersebut.

    • Fakultas Ekonomi

    Saat ini, Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menekankan pendidikan di bidang soft skill dalam upaya menjadikan Fakultas Ekonomi terkemuka di Indonesia dan berwawasan internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai dengan visi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

    • Fakultas Psikologi

    Fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) selanjutnya adalah Fakultas Psikologi. Fakultas ini telah berdiri sejak tahun 1993 dan hingga saat ini telah meluluskan ribuan wisudawan yang bekerja di berbagai bidang di Indonesia. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, Fakultas Psikologi berhasil mendapatkan akreditasi A tiga kali berturut-turut oleh BAN-PT.

    • Fakultas Teknologi Informasi

    Fakultas Teknologi Informasi UMBY hadir atas dasar kebutuhan perusahaan dan pelaku ekonomi lainnya di bidang teknologi dan informasi. Di dunia yang serba digital sekarang ini, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang teknologi dan informasi semakin meningkat. Sehingga, peluang dan prospek kerja fakultas ini terlihat begitu cerah di masa depan.

    • Fakultas Keguruan

    Fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berikutnya adalah Fakultas Keguruan. Fakultas yang satu ini memfokuskan di bidang pendidikan dan pengajaran. Hingga saat ini, Indonesia masih defisit tenaga pengajar. Atas dasar inilah Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan pendidikan keguruan untuk kamu yang berminat di bidang pendidikan.

    • Fakultas Ilmu Komunikasi

    Fakultas ini berfokus di bidang komunikasi dan media. Perkembangan dunia media sosial membuat kebutuhan akan fakultas ini semakin meningkat. Seorang lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki peranan penting dalam bidang broadcasting, public relations, marketing communication, advertising, hingga visual communication.

    Jurusan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah menyelenggarakan beberapa program studi sejak awal berdirinya hingga saat ini. Beberapa program studi tersebut terbagi ke beberapa fakultas yang berbeda-beda. Berikut daftar jurusan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).

    1. S1 Agroteknologi
    2. S1 Industri Peternakan
    3. S1 Teknologi Pangan/Teknologi Hasil Pertanian
    4. S1 Manajemen
    5. S1 Akuntansi
    6. S1 Psikologi
    7. S2 Psikologi
    8. S2-Profesi Psikologi
    9. S1 Teknik Informatika
    10. S1 Sistem Informasi
    11. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
    12. S1 Pendidikan Matematika
    13. S1 Bimbingan dan Konseling
    14. S1 Ilmu Keolahragaan
    15. S1 Ilmu Komunikasi

    Biaya Kuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

    Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki prinsip agar bisa memudahkan mahasiswanya dalam membayar biaya pendidikan. Oleh karena itu, UMBY menerapkan sistem angsuran berapapun sesuai dengan kemampuan mahasiswanya. Adapun rincian biayanya sebagai berikut.

    • Biaya SPA (Sumbangan Pembangunan Akademik)

    Biaya SPA dibayarkan 1x selama studi dan bisa diangsur sebanyak 8x selama 2 tahun atau 4 semester sejak mahasiswa pertama kali masuk kuliah.

    • Biaya Tridharma

    Biaya Tridharma hanya dibayarkan khusus untuk program studi terakreditasi A. Besarannya berbeda-beda dan dibayarkan 1x selama studi yang bisa diangsur banyak 8x selama 2 tahun atau 4 semester.

    • UKT SPP

    Biaya UKT SPP sudah mencakup biaya SPP Tetap, SPP Variabel, dan SPP Praktikum. Biaya SPP per SKS masing-masing tergantung program studi yang diambil. Biaya SPP bisa diangsur sebanyak 6x selama satu semester (6 bulan).

    • Biaya Lain-lain

    Biaya lain-lain mencakup biaya wisuda Rp2.000.000, biaya KKN Rp1.100.000, dan biaya LSP sebesar Rp700.000. Biaya ini hanya dibayarkan satu kali selama studi dan dapat diangsur sebanyak 8x selama 2 tahun atau 4 semester.

    Pembiayaan kuliah di UMBY menggunakan Danacita

    Untuk kamu yang ingin berkuliah di Universitas Mercu Buana Yogyakarta namun memiliki kendala dengan biaya, tak perlu khawatir lagi karena Danacita siap membantu untuk mewujudkan mimpi pendidikanmu. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia yang sudah berizin OJK. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Sudah banyak mahasiswa yang memanfaatkan Danacita sebagai platform pembayaran biaya pendidikan. Danacita juga telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Dengan Danacita, kamu bisa membayar biaya kuliahmu lebih ringan mulai dari 6 hingga 24 bulan.

    Platform pembiayaan pendidikan untuk mahasiswa dan peserta pelatihan ini memiliki persyaratan yang cukup mudah untuk pengajuan peminjaman. Pinjaman ini tentunya tidak memberikan syarat-syarat yang sulit seperti mewajibkan jaminan atau agunan seperti aset dan surat berharga lainnya.

    Itu dia informasi lengkap seputar Jurusan & Fakultas Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang ingin melanjutkan kuliah. Mudahkan masa kuliahmu dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!