Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Matematika: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-16

jurusan-pendidikan-matematika

Daftar isi

    Buat kamu yang masih di jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan akan lulus, penting untuk mempersiapkan pilihan jurusan kuliah yang akan diambil di universitas. Jika kamu tidak suka menghafal atau sulit menghafal, jurusan Pendidikan Matematika bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Sebab, jurusan Pendidikan Matematika ini banyak membahas tentang matematika yang tidak perlu kamu hafal. pada mata pelajaran matematika itu jarang sekali kita diminta untuk menghafal, lebih cenderung pada latihan mengerjakan soal-soal. Jurusan ini memang dikhususkan untuk kamu yang berasal dari saintek (MIPA), tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi kamu yang berasal dari jurusan soshum (IPS, bahasa dan keagamaan).

    Kamu tertarik dengan matematika atau bahkan ingin berencana masuk ke jurusan pendidikan matematika? Kalau iya, simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian hingga rekomendasi kampusnya berikut ini.

    Apa Itu Jurusan Pendidikan Matematika?

    Jurusan Pendidikan Matematika adalah salah satu jurusan dari rumpun ilmu pendidikan dan berfokus pada pendidikan di bidang matematika. Artinya jurusan pendidikan matematika merupakan gabungan antara ilmu pendidikan dan matematika. Seseorang yang mengambil pendidikan matematika, setelah lulus nanti diharapkan mampu menjadi pengajar atau pendidik di sebuah lembaga atau institusi yang berhubungan dengan pendidikan.

    Di jurusan ini, kamu akan dibekali cara-cara mengajar, psikologi mengajar, bagaimana menjadi seorang pengajar dan yang terpenting kamu juga belajar tentang matematika juga loh. Dengan mengambil jurusan Pendidikan Matematika, kamu akan mendapat dua keilmuan sekaligus.

    Ada hal yang unik dibanding dengan jurusan lain, di jurusan Pendidikan Matematika ini adalah dasar dari segala mata pelajaran yang ada di sekolah. Untuk itu jika kamu tertarik untuk menjadi guru matematika, harus benar-benar mengetahui konsep dasar dari matematika.

    Mata Kuliah dan Perkuliahan Jurusan Pendidikan Matematika

    Ilmu matematika tak hanya sebatas ilmu menghitung, seiring perkembangan teknologi dan pengetahuan. Matematika juga diterapkan sebagai ilmu yang dapat memecahkan masalah dalam berbagai macam aspek kehidupan manusia, salah satunya kuliah jurusan pendidikan matematika.

    Meskipun masih terbilang baru, namun program studi ini bisa menjadi sangat populer karena potensial dengan syarat ilmu sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman. Jurusan matematika bisnis, merupakan program studi yang mempelajari ilmu matematika dalam penyelesaian berbagai permasalahan bisnis.

    Hal ini didapat dari kemampuan analisis dan berpikir logis dalam matematika bisa dijadikan sebagai alat untuk memecahkan masalah bisnis. Mahasiswa yang mengambil program pendidikan ini nantinya akan berjumpa dengan sederet mata perkuliahan yang sangat erat dengan matematika lanjutan, seperti statistika, aljabar dan logika matematika.

    Berikut mata kuliah yang biasanya diajarkan pada jurusan Pendidikan Matematika:

    1. Aljabar Linear
    2. Aljabar Matriks
    3. Analisis Numerik
    4. Analisis Real
    5. Analisis Regresi
    6. Analisis Vektor
    7. Fungsi Variabel Kompleks
    8. Geometri Analitik
    9. Geometri Bidang
    10. Geometri Ruang
    11. Geometri Transformasi
    12. Kalkulus
    13. Analisis Kurikulum dan Perencanaan Pengajaran Matematika
    14. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika
    15. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika
    16. Kurikulum dan Pembelajaran
    17. Landasan Pendidikan
    18. Matematika Diskrit
    19. Matematika Ekonomi
    20. Microteaching
    21. Model Pembelajaran Matematika
    22. Pengelolaan Pendidikan
    23. Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik
    24. Persamaan Diferensial
    25. Profesi Kependidikan
    26. Program Komputer
    27. Program Linear
    28. Statistika Matematika
    29. Strategi dan Media Pembelajaran Matematika
    30. Struktur Aljabar
    31. Teori Bilangan
    32. Teori Graph
    33. Trigonometri

    Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Matematika

    Jurusan Pendidikan Matematika adalah jurusan yang selalu diminati, karena Matematika sampai kapan pun akan selalu ada seiring perkembangan zaman.

    Alasan terbesar untuk memilih jurusan Pendidikan Matematika adalah prospek kerjanya luas, bisa bekerja di berbagai bidang. jika kamu masuk jurusan Pendidikan Matematika, bisa mengajar matematika dan mata pelajaran lainnya. Sebab, jika sudah masuk di jurusan Pendidikan Matematika, semua mata pelajaran lain itu mudah lho. Hal ini karena Matematika terintegrasi dengan beberapa pelajaran seperti fisika, kimia, ekonomi, akuntansi bahkan agama sekalipun. Semua mata pelajaran lain sudah kamu pelajari dasar-dasarnya di jurusan ini.

    Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Matematika

    Sebenarnya ilmu matematika bisa dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang sehingga prospek kerja lulusan jurusan Pendidikan Matematika ini sangat luas, bisa dimulai dari dunia pendidikan sebagai pengajar atau guru. Kemudian bekerja di sebuah perusahaan sebagai analis, ahli statistika, ahli keuangan, bahkan hingga astronom dan aktuaris.

    Saat ini, menjamurnya perusahaan asuransi membuat mereka wajib memiliki tenaga aktuaris, tugasnya merancang produk asuransi dan tingkat premi. Kemudian sebagai penentu status keuangan perusahaan hingga melakukan proyeksi keuangan. Jenis pekerjaan seperti adalah peluang besar untuk diisi oleh para mahasiswa lulusan matematika.

    Selain itu, posisi sebagai analis bisnis bagian production planning control maupun supply chain management. Banyak perusahaan membutuhkan lulusan matematika dan akan ditempatkan di posisi tersebut. Dari sekian banyak prospek kerja lulusan jurusan Pendidikan Matematika, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi juga menjadi salah satu keuntungannya.

    Kampus dengan Jurusan Pendidikan Matematika Terbaik

    Buat kalian yang ingin mendalami dunia Matematika dengan cara berkuliah di jurusan Pendidikan Matematika, berikut rekomendasi kampus dengan jurusan Pendidikan Matematika terbaik:

    1. Universitas Sampoerna

    Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sampoerna yang bernaung di Fakultas Ilmu Pendidikan menghasilkan sarjana yang berkualitas tinggi untuk menjadi guru matematika abad ke-21 yang mampu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta teknologi terkini untuk meningkatkan proses belajar mengajar.

    Program ini juga dirancang untuk memfasilitasi calon guru agar dapat menjadi pemimpin yang visioner di sekolah dan di masyarakat. Para mahasiswa akan dihadapkan pada lingkungan belajar yang tidak hanya mengunggulkan integritas, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis, namun juga keterampilan kolaboratif dan kewirausahaan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam komunitas global.

    Informasi selengkapnya di sini.

    2. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

    Jurusan Pendidikan Matematika UMBY adalah salah satu program studi yang bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Program studi Pendidikan Matematika berdiri pada tahun 2009 dan mulai menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk program Strata 1 (S1) pada tahun 2010. Lulusan jurusan Pendidikan Matematika akan menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) ketika telah menempuh sebanyak 146 sks sesuai ketentuan kurikulum jurusan Pendidikan Matematika.

    Informasi selengkapnya di sini.

    3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Tujuan adanya jurusan Pendidikan matematika UNNES adalah menjadi komitmen untuk menghadapi perkembangan dunia pendidikan tinggi ke depan dan beradaptasi dengan perubahan masyarakat nasional dan internasional yang tidak cukup “berlari”, harus “melompat” dan bahkan “terbang”. Untuk mensukseskan program-program UNNES yang melakukan lompatan-lompatan besar, jurusan Pendidikan matematika melakukan perubahan terencana yang berkesinambungan dan dirumuskan dalam rencana strategis bisnis.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    Berkuliah di Jurusan Pendidikan Matematika dengan Danacita

    Itu dia penjelasan dan rekomendasi kampus dengan Jurusan Pendidikan Matematika terbaik. Jurusan Pendidikan Matematika adalah salah satu jurusan favorit yang banyak diminati. Oleh karena itu, kamu harus pilih kampus yang berkualitas.

    Kampus rekomendasi yang telah disebutkan di atas juga telah bekerja sama dengan Danacita sebagai solusi pembayaran jika kamu memiliki kendala biaya. Danacita menawarkan pembiayaan pendidikan terjangkau kepada para pelajar yang bisa dibayarkan secara bulanan mulai dari 6 bulan hingga 24 bulan.

    Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Danacita. Di antaranya yaitu:

    • Sudah berizin dan diawasi OJK
    • Proses pengajuan mudah berbasis online
    • Pencairan langsung ke rekening institusi pendidikan dengan maksimal 2 hari kerja
    • Persyaratan mudah tidak perlu DP atau jaminan
    • Bebas biaya pelunasan di awal

    Itulah sederet keuntungan yang diberikan oleh Danacita. Segera permudah biaya pendidikan dengan menggunakan Danacita. Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melaluiwebsite atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!