Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-21

jurusan-pendidikan-teknologi-informasi

Daftar isi

    Salah satu hal yang membuat calon mahasiswa adalah menentukan jurusan yang ingin diambil. Hal ini karena mereka terkadang belum tahu sama sekali apa saja pilihan jurusan kuliah yang ada di universitas.

    Untuk kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, jurusan Pendidikan Teknologi Informasi, bisa menjadi salah satu rekomendasi pilihan kamu.

    Apa itu jurusan Pendidikan Teknologi Informasi? Apa saja yang dipelajari dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

    Apa itu Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi?

    Jurusan Pendidikan Teknologi informasi merupakan salah satu bidang studi yang akan membekali kamu pada penguasaan ilmu dasar teknologi informasi serta memperbesar kesempatan memperdalam keahlian dan kemampuan pembelajarannya sesuai dengan kompetensi yang ada.

    Dengan kata lain, jurusan pendidikan teknologi informasi bertujuan untuk mempersiapkan kamu menjadi inovator pendidikan yang tidak hanya berkompeten dalam merancang suatu inovasi pembelajaran, tetapi juga terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi agar tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan dari peserta didik dapat tercapai.

    Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi?

    Sedikit berbeda dengan jurusan Teknologi Informasi yang berfokus pada pengetahuan di bidang teknologi agar menjadi seorang ahli, di jurusan Pendidikan Teknologi Informasi kamu tidak hanya mempelajari bidang teknologi saja. Namun, di jurusan ini kamu juga akan dibekali wawasan dan pengetahuan seputar pedagogik, dan bagaimana menjadi tenaga pendidik di bidang ini.

    Sehingga, kamu diharapkan akan menjadi pendidik yang dapat mengajarkan teknologi informasi yang sudah dipelajari di bangku kuliah. Lebih luasnya, kamu akan diajari bagaimana cara mengelola kelas, kemudian mengolah nilai siswa, hingga diajari teknologi membuat website dengan bahasa pemrograman.

    Beberapa materi, dan mata kuliah yang akan kamu jumpai di jurusan pendidikan teknologi informasi, antara lain:

    • Pengantar teknologi informasi
    • Pemrograman
    • Teknik digital
    • Organisasi sistem komputer
    • Jaringan komputer
    • Rekayasa perangkat lunak
    • Manajemen pendidikan
    • Psikologi pendidikan
    • Kurikulum dan pembelajaran kejuruan
    • Strategi pembelajaran kejuruan
    • dan masih banyak lagi

    Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi?

    1. Mempelajari Ilmu Terkini

    Ilmu teknologi informasi merupakan salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan saat ini. Di jurusan pendidikan teknologi informasi, kamu akan banyak berkutat dengan berbagai kompetensi keahlian terkini. Mulai dari komputer jaringan, rekayasa perangkat lunak, hingga kompetensi multimedia dan animasi. Kamu bahkan akan mendapatkan pengetahuan bagaimana mengajarkannya di kelas.

    2. Up to Date dengan Perkembangan Teknologi

    Perkembangan dunia teknologi informasi sangat pesat. Ketika kamu masuk di jurusan pendidikan teknologi informasi, mau tidak mau kamu akan dituntut untuk selalu up to date terhadap perkembangan ini.

    Di dalam dunia komputasi, juga ada banyak hal yang sifatnya praktis dan tentunya tidak membuat kamu memahami teori saja. Untuk itu, kamu akan banyak belajar hal baru dan pastinya sangat sayang untuk dilewatkan.

    3. Melatih Kemampuan Logika dan Pemecahan Masalah

    Belajar ilmu komputasi secara tidak langsung melatih cara berpikir dengan baik. Sebab, di sini kamu akan berhadapan dengan masalah-masalah komputer, logika dan bagaimana pemecahan masalahnya. Kemampuan logika dan pemecahan masalah ini memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Semua ini akan kamu dapatkan jika kamu masuk ke jurusan pendidikan teknologi informasi.

    4. Prospek Kerja yang Luas

    Perkembangan teknologi informasi kian canggih dari waktu ke waktu. Tenaga manusia mulai digantikan dengan tenaga robot ataupun komputer yang dapat beroperasi secara otomatis. Selain itu, sektor perekonomian digital pun mulai digarap secara serius. Ini menjadikan prospek yang menjanjikan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Teknologi Informasi.

    Prospek Karir Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi

    1. Guru atau Tenaga Pendidik

    Di jurusan pendidikan teknologi informasi kamu tidak hanya dibekali tentang ilmu teknologi informasinya saja, tetapi juga diajarkan bagaimana menjadi tenaga pendidik atau guru. Dengan bekal ini, kamu bisa mengajar pelajaran teknologi informasi atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan teknologi dibangku sekolah.

    2. Pengelola Sistem Pembelajaran

    Peluang kerja yang bisa kamu lakukan berikutnya menjadi pengelola sistem pembelajaran, khususnya di tingkat Universitas. Proses pembelajaran di perguruan tinggi jauh lebih kompleks daripada di sekolah.

    Seringkali dosen tidak hanya menyampaikan materi melalui tatap muka di kelas, namun juga menggunakan teknologi pembelajaran tertentu. Di sinilah peran kamu sebagai lulusan jurusan Pendidikan Teknologi Informasi.

    3. Pengembang Pembelajaran E-learning

    Sebagai lulusan dari jurusan Pendidikan Teknologi Informasi, Kamu bisa memilih karir sebagai pengembang pembelajaran e-Learning. Sesuai namanya, tugas utama kamu adalah memproduksi materi bahan ajar online. Terlebih saat ini, sekolah telah menerapkan sekolah online. Sehingga lulusan Pendidikan Teknologi Informasi sangat dibutuhkan untuk profesi ini.

    4. Produksi Media dan Sarana Pendidikan

    Prospek kerja berikutnya yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan Pendidikan Teknologi Informasi adalah membuat usaha produksi media dan sarana pendidikan seperti aplikasi belajar dan lain-lain. Kamu bisa memfasilitasi guru-guru yang ingin membuat bahan ajar namun terkendala kemampuan dan juga waktu.

    5. Kursus Pelatihan Komputer

    Untuk kamu lulusan jurusan pendidikan teknologi informasi yang memiliki jiwa usaha, kamu membuka usaha kursus pelatihan komputer. Usaha ini terbilang cukup menjanjikan. Saat ini, hampir semua pekerjaan memberikan syarat menguasai komputer. Kamu bisa membuka kursus mengoperasikan aplikasi Office, software desain grafis, atau software edit video.

    Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Terbaik

    1. Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI)

    Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISRI. Jurusan ini memiliki visi untuk menjadi program studi yang menghasilkan pendidik dan tenaga profesional di bidang teknologi informasi yang unggul di tingkat regional bidang pendidikan berbasis mobile.

    Dalam penyelenggaraan pendidikannya, jurusan pendidikan teknologi informasi bertujuan untuk membangun generasi muda yang bermandat, bermartabat dan profesional dalam mengaplikasikan bidang keahliannya, mampu beradaptasi dengan lingkungan secara kreatif, dan berwawasan global. Selain itu juga dapat mengintegrasikan perkembangan IPTEKS dengan rumpun ilmu pendidikan ke dalam pembelajaran di sekolah.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Baca juga: Sudah Tahu Cara Mudah Daftar di PMB UNISRI? Cek Jurusan dan Cara Daftarnya Di sini!

    2. Universitas Bina Sarana (UBSI)

    Jurusan Teknologi Informasi UBSI masuk dalam fakultas Teknik dan Informatika, dan memiliki visi menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan keilmuan teknologi informasi untuk mendukung ekonomi kreatif tahun 2033.

    Di jurusan ini, kamu akan dibekali berbagai pengetahuan. Mulai dari system administrator, cyber security analyst, hingga object programmer. Diharapkan setelah lulus kamu memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang mendukung ekonomi kreatif

    Informasi selengkapnya, klik di sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kenapa Kamu Harus Kuliah Di Universitas BSI

    Saatnya Berkuliah di Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dengan Danacita

    Ingin berkuliah di jurusan Pendidikan Teknologi Informasi tapi terkendala biaya? Tidak usah khawatir karena Danacita siap mewujudkan mimpi kamu. Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Sebagai komitmennya untuk membantu memperluas akses pendidikan, Danacita telah bekerjasama dengan banyak lembaga pendidikan, termasuk dengan UNISRI dan UBSI. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan solusi program pembiayaan pendidikan terjangkau yang bisa dibayar bulanan selama 6 hingga 24 bulan untuk calon mahasiswa.

    Syarat pengajuan bantuan biayanya sangat mudah dan pastinya aman, karena sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO 27001. kamu hanya perlu submit beberapa dokumen pendukung seperti KTP atau identitas diri, foto diri, dan slip gaji atau mutasi rekening 1 bulan terakhir untuk yang telah memiliki penghasilan tetap. Akan tetapi jika kamu belum bekerja, dokumen pengajuannya bisa menggunakan data wali, seperti orang tua, dan saudara.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!