Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Sastra Jepang: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-01

jurusan-sastra-jepang

Buat kamu penggemar manga atau anime, tentu ingin memahami makna dari manga dan anime favoritmu tanpa bantuan subtitle Bahasa Indonesia kan? Jika iya, jurusan sastra jepang menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

Saat berkuliah di jurusan sastra jepang, kamu tak hanya belajar bahasa saja, lho. Kamu juga akan belajar tentang budaya Jepang dan hal-hal menarik dari negara ini. Maka dari itu, tak heran jurusan sastra jepang termasuk sebagai satu di antara jurusan yang banyak peminatnya.

Lantas, apa saja mata kuliah hingga rekomendasi kampus jurusan sastra jepang terbaik? Mari kita bahas di artikel ini.

Apa Itu Jurusan Sastra Jepang

Lulusan jurusan sastra jepang adalah sebuah jurusan di perguruan tinggi yang didesain untuk mencetak tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang bahasa, sastra, dan kebudayaan Jepang. Jurusan ini biasanya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya.

Jika kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari bahasa dan kebudayaan orang Jepang. Bahasa Jepang yang akan dipelajari di jurusan ini mulai dari tata bahasa (bunpou) hingga percakapan (kaiwa). Adapun kebudayaan orang Jepang, maka yang akan kamu pelajari adalah budaya Jepang tradisional dan yang modern. Kebudayaan di sini mencakup sejarah, kesenian, model pakaian, dan kebiasaan orang Jepang serta tradisi yang berlaku di sana.

Ketika sudah menginjak semester 6, kamu akan diminta untuk memilih fokus studi: apakah bahasa, sastra, atau budaya Jepang. Fokus studi ini bertujuan untuk menentukan topik apa yang akan dibahas di penelitian akhir nanti. Mengenai penelitian akhir atau skripsi, kamu tidak perlu khawatir, karena sejauh ini jurusan sastra jepang di Indonesia belum tidak mengharuskan mahasiswanya untuk menulis skripsi dalam bahasa Jepang.

Matkul dan Perkuliahan Jurusan Sastra Jepang

Sastra Jepang merupakan program studi khusus yang mempelajari isi, keaslian, estetika, ciri artistik, dan keindahan isi dalam karya sastra Jepang. Karya tersebut bisa berupa puisi, novel, atau naskah drama. Tak sekadar membaca, jurusan ini juga bakal mengajarkan mahasiswanya menulis dengan huruf Jepang. Huruf Jepang itu meliputi Katakana, Hiragana, Kanji, Romaji, dan Alphabet.

Mahasiswa jurusan Sastra Jepang juga diwajibkan menguasai percakapan dalam bahasa Jepang. Mereka bakal diajari berbagai hal, mulai dari tata bahasa (bunpou), percakapan (kaiwa), hingga pemahaman mendengar (choukai). Kompetensi-kompetensi tersebut dipelajari melalui berbagai jenis mata kuliah. Beberapa di antaranya ialah:

  • Bahasa Jepang
  • Kanji
  • Penerjemahan
  • Sejarah Jepang
  • Kebudayaan Jepang
  • Penulisan
  • Menyimak dan Berbicara
  • Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra
  • Penulisan Ilmiah
  • Kajian Sastra Jepang
  • Kajian Sejarah Jepang
  • Fukushu
  • Dounyuu

Alasan Memilih Jurusan Sastra Jepang

Bagi beberapa orang, jurusan sastra jepang masih dianggap sulit. Terlebih untuk masa depan dan jenjang karir setelah kuliah. Namun dalam dunia kerja sendiri, ternyata Sastra Jepang memiliki prospek kerja yang luas. Di dunia yang sudah mulai berkembang ini, kemampuan dalam bahasa lain menjadi salah satu senjatamu untuk lebih menonjol dari orang lain.

Lulusan jurusan sastra jepang memiliki peluang yang besar untuk bekerja di lembaga-lembaga internasional Kementerian Luar Negeri, dan kedutaan besar. Lulusannya dapat bekerja di sejumlah sektor seperti pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya. Jepang sebagai salah satu negara yang menjadi pusat perputaran ekonomi dunia. Cara menjadi bagian dari perputaran ekonomi tersebut adalah dengan menguasai bahasa yang digunakan dalam interaksi ekonominya.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang

Jika lulus di jurusan sastra jepang, kamu akan banyak punya kesempatan untuk mengembangkan karir secara internasional. Beberapa prospek karier yang bisa kamu coba antara lain:

  1. Penerjemah atau translator
  2. Perusahaan Jepang
  3. Kedutaan Besar Jepang
  4. Leksikografer
  5. Pemandu wisata
  6. Penulis
  7. Tenaga Pendidik

Berdasarkan dari berbagai sumber, gaji yang bisa diperoleh seorang lulusan jurusan sastra jepang berkisar Rp 2 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Tapi yang perlu kamu ingat, gaji yang diberikan sangat bergantung pada performa kamu selama bekerja. Selain itu, gaji juga dipengaruhi oleh skill, pengalaman, dan perusahaan tempat kamu bekerja.

Kampus dengan Jurusan Sastra Jepang

Untuk kamu yang tertarik untuk masuk jurusan sastra jepang. Berikut ini kampus dengan jurusan sastra jepang terbaik yang bisa dipilih:

1. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 2000 di Kota Bandung. UNIKOM sebelumnya merupakan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman (LPKIG) yang berdiri pada bulan Juli 1994.

Jurusan sastra jepang di UNIKOM memiliki visi menjadi Program Studi Sastra Jepang yang unggul pada tahun 2030 di tingkat nasional dan internasional dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Jepang serta bidang teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global dan berjiwa entrepreneur untuk mendukung pembangunan nasional dengan berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Informasi selengkapnya di sini.

Baca juga: Info Biaya Kuliah UNIKOM Bandung, Ada Cicilan 0%!

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Jurusan sastra jepang di UNNES dikembangkan untuk menghasilkan lulusan sarjana di bidang pendidikan dan bahasa Jepang (S.Pd.) dengan kompetensi pendukung praktisi di bidang penerjemahan, pariwisata, dan bisnis. Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang menawarkan sejumlah mata kuliah wajib dan pilihan minimal 144 SKS dan maksimal 157 SKS.

Berdasarkan hasil penelusuran alumni, hampir 100% lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang langsung mendapat pekerjaan baik sebagai guru, maupun bekerja di perusahaan. Bahkan menurut catatan sudah lima orang lulusan yang menjadi PNS

Informasi selengkapnya di sini.

Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

Berkuliah di Jurusan Sastra Jepang dengan Danacita

Itu dia penjelasan mengenai jurusan sastra jepang mulai dari mata kuliah hingga rekomendasi kampus terbaik. Jika kamu tertarik kuliah jurusan sastra jepang di Universitas Komputer Indonesia atau Universitas Negeri Semarang, tetapi mengalami kendala terkait pembiayaan pendidikan, Danacita siap membantu meringankan beban tersebut.

Danacita merupakan platform pembiayaan pendidikan terjangkau yang memiliki misi untuk

membuka akses pendidikan kepada para pelajar di seluruh Indonesia yang sudah resmi berizin dan diawasi OJK. Proses pengajuannya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja dan kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan maupun biaya lainnya. Selain dengan kedua kampus di atas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia, baik itu formal maupun non formal sehingga sudah pasti aman dan terpercaya.

Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya pendidikanmu akan jauh lebih terjangkau karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan.

Tertarik untuk meraih mimpimu di Universitas Komputer Indonesia atau Universitas Negeri Semarang? Gunakan Danacita sekarang juga!

Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

[SEO]

📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!