Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Teknik Kimia: Info, Mata Kuliah, Prospek Kerja Lengkap

2022-12-01

jurusan-teknik-kimia

Daftar isi

    Siapa di sini yang masih bingung memilih jurusan kuliah? Menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat memang susah-susah gampang ya. Nah, kali ini Danacita mau mengajak kamu untuk mengulas jurusan Teknik Kimia.

    Jurusan yang biasanya menjadi pilihan anak IPA ini merupakan cabang ilmu multidisiplin yang mengkombinasikan ilmu alam dan eksperimen kimia dan fisika, bersamaan dengan biologi, matematika, ekonomi, sampai desain. Dalam penerapannya, teknik kimia banyak digunakan untuk perancangan pabrik. Biasanya pabrik kimia, bioproses, pangan, dan sejenisnya.

    Perancangan ini juga termasuk pemeliharaan proses-proses kimia sehingga lulusan Teknik Kimia sangat dibutuhkan agar kerja pabrik lebih cepat dan efisien. Saat ini, kebutuhan dunia akan industri akan terus meningkat, sehingga kemampuan seorang sarjana Teknik Kimia untuk menangani masalah industri sangatlah luas.

    Langsung saja, yuk simak penjelasan lengkap mengenai jurusan teknik kimia!

    Apa itu Jurusan Teknik Kimia?

    Selama ini banyak yang terkecoh dengan namanya dan menganggap bahwa jurusan teknik kimia itu akan bergelut di laboratorium dengan mencampur-campur larutan kimia atau bahkan ada yang menganggapnya sebagai jurusan spesialis pembuat bom. Hal ini sangat keliru.

    Jurusan teknik kimia adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengubah suatu bahan baku menjadi produk. Bahan baku yang dimaksud adalah bahan mentah, yaitu bahan yang nilai gunanya kecil atau bahkan tidak ada. Sementara produk berupa bahan jadi atau bahan setengah jadi yaitu bahan yang sudah punya nilai guna lebih dari sebelumnya. Tentunya untuk mengubah bahan baku menjadi produk harus melalui serangkaian proses.

    Misalnya untuk mengubah kayu menjadi kertas, pasti ada serangkaian proses yang dilakukan untuk mengubahnya. Nah, orang-orang Teknik Kimia yang paham bagaimana proses yang dapat dilakukan. Selain itu, lulusan jurusan ini berusaha menciptakan proses yang paling baik. Apa itu? Proses yang mampu menggunakan bahan baku seminimal mungkin untuk menghasilkan produk semaksimal mungkin.

    Intinya, jurusan Teknik Kimia berfokus pada proses pengubahan bahan baku menjadi produk. Bahkan setelah lulus, biasanya para lulusan disebut dengan seorang Process Engineer.

    Matkul dan Perkuliahan Jurusan Teknik Kimia

    Agar pembahasan tentang jurusan Teknik Kimia lebih lengkap, Danacita akan tampilkan apa saja mata kuliah yang diajarkan di Teknik Kimia. Ini bisa menjadi acuan mengenai apa yang akan dipelajari di kampus.

    • Kimia Dasar
    • Mikrobiologi
    • Fisika Dasar
    • Kimia Analisa
    • Kalkulus
    • Kimia Organik
    • Kimia Fisika
    • Azas Teknik Kimia
    • Analisa & Pengolahan Data
    • Matematika Rekayasa
    • Transfer Momentum
    • Pengantar Ilmu Lingkungan
    • Tekno Ekonomi
    • Transfer Panas
    • Operasi Teknik Kimia
    • Termodinamika Teknik Kimia
    • Manajemen Pabrik Kimia
    • Ekonomi Teknik
    • Desain Pabrik Kimia
    • Sistem Utilitas Pabrik
    • Matematika Teknik Kimia
    • Teknik Reaksi Kimia
    • Aplikasi Teknik Kimia
    • Komputasi Numerik Terapan
    • Desain Alat Industri Kimia
    • Pengendalian Proses
    • Sintesa dan Simulasi Proses
    • Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
    • Teknologi Material
    • Teknologi Energi dan Petrokimia
    • Teknologi Pemisahan dan Pemurnian
    • Bioteknologi

    Alasan Memilih Jurusan Teknik Kimia

    Jurusan Teknik Kimia mempelajari bidang ilmu yang sangat luas. Ketika telah berada di jurusan Teknik Kimia, kamu harus siap untuk menambah banyak wawasan hampir di semua bidang. Dengan begitu, ketika orang-orang dari latar belakang bidang ilmu lain mengajakmu mengobrol, setidaknya kamu paham walaupun hanya dasarnya. Mengapa begitu? Kamu akan temukan jawabannya di bawah ini.

    Selain untuk memperoleh ilmunya yang menarik, prospek kerjanya yang luas juga menjadi satu alasan bagi kamu untuk memilih jurusan Teknik Kimia. Lulusan biasanya akan digiring pada perusahaan industri kimia. Perlu diketahui bahwa, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang besar dengan tawaran gaji yang juga menggiurkan.

    Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

    Jurusan teknik kimia merupakan salah satu jurusan yang memberikan prospek yang cukup besar bagi para lulusannya. Saat ini, perusahaan yang paling banyak diminati lulusan jurusan Teknik Kimia adalah perusahaan minyak dan gas.

    Perusahaan lain yang banyak menerima lulusan teknik kimia adalah perusahaan perkebunan, baik perkebunan kelapa sawit, karet dan lain sebagainya. Sarjana teknik kimia dibutuhkan perusahaan ini untuk pengelolaan bahan baku perkebunan menjadi produk, misalnya pengelolaan kelapa sawit menjadi minyak goreng.

    Perusahaan lain, seperti perusahaan dibidang pulp and paper misalnya, juga membutuhkan para lulusan teknik kimia untuk menangani proses pembentukan bahan baku menjadi produk. Perusahaan lain yang membutuhkan tenaga dan ilmu teknik kimia adalah perusahaan bidang semen, pupuk, bahan kimia dan masih banyak lagi.

    Bahkan, lulusan jurusan Teknik Kimia juga akan dibutuhkan pada perusahaan food and beverage seperti Indofood, Wingsfood dan lain-lain. Tidak hanya itu, lulusan teknik kimia mempunyai kesempatan besar untuk menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan besar seperti Danone, Unilever dan lain sebagainya. Biasanya, lulusan jurusan Teknik Kimia ditempatkan pada bagian produksi atau bisa saja di laboratorium sebagai pengontrol kualitas dari produk yang akan diproduksi suatu perusahaan.

    Bahkan, bila kamu ingin merambah ke pekerjaan di bidang yang lain, lulusan teknik kimia diperlukan pada bidang perbankan, hal ini berdasar atas pengalaman lulusan jurusan Teknik Kimia yang belajar mengenai analisa ekonomi dan keterampilan berkomunikasi semasa kuliah.

    Kampus dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik

    Jika kamu sudah yakin ingin mengambil jurusan Teknik Kimia, tetapi bingung memilih kampus terbaik, berikut rekomendasinya:

    1. Institut Teknologi Indonesia (ITI)

    ITI atau Institut Teknologi Indonesia adalah technology-based entrepreneur university yang berada di kawasan Pusat Penelitian dan Teknologi, Banten. Bisa dikatakan, Institut Teknologi Indonesia (ITI) adalah institut masa depan yang yang bertujuan untuk mencetak alumni dengan mindset kewirausahaan di bidang teknologi.

    Program sarjana jurusan Teknik Kimia menyediakan kurikulum yang mempersiapkan lulusan untuk bekerja di industri, persiapan studi lanjut di bidang teknik, sains, manajemen, dan kedokteran ataupun menjadi wirausahawan. Kurikulumnya juga unik karena memiliki keseimbangan antara praktik, teori, dan pengembangan keterampilan profesional.

    Semua mahasiswa jurusan Teknik Kimia terlibat dalam penelitian di laboratorium yang dikelola secara profesional. ITI juga memiliki program pendidikan kolaboratif yang dinamis yang mencakup pengambilan mata kuliah di luar program studi, kesempatan untuk berwirausaha dengan mendirikan start-up company, maupun magang selama satu sampai dua semester di industri atau lembaga penelitian sebagai komitmen dalam mendukung program Merdeka Belajar.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alasan Terbaru Kuliah di Institut Teknologi Indonesia (ITI) 2022

    2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Satu lagi universitas yang memiliki jurusan Teknik Kimia terbaik di Indonesia. Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah satu kampus terfavorit di Indonesia. Soal kualitas pendidikan, jangan ditanya, UNNES telah memiliki Program Studi Teknik Kimia sejak tahun 2012 silam. Dengan Akreditasi B dari BAN-PT, jurusan Teknik Kimia UNNES juga telah menjadi Lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang industri kimia berbasis sumber hayati di tingkat internasional.

    Informasi selengkapnya di sini.

    Baca juga: Alternatif Bayar Biaya Kuliah Bulanan di UNNES Melalui Danacita

    Berkuliah di Jurusan Teknik Kimia dengan Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah jurusan Teknik Kimia di Institut Teknologi Indonesia atau Universitas Negeri Semarang sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan Institut Teknologi Indonesia atau Universitas Negeri Semarang telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di jurusan Teknik Kimia.

    Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk

    memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan Institut Teknologi Indonesia atau Universitas Negeri Semarang adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa Institut Teknologi Indonesia atau Universitas Negeri Semarang. Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di STMIK Likmi tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    teknik kimia unnes teknik kimia jurusan teknik kimia teknik kimia iti
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri