Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Jurusan Teknik Lingkungan dan 5 Prospek Kerjanya

2022-09-08

Daftar isi

    Kuliah kesehatan ternyata bukan cuma kedokteran dan perawat saja, lho! Teknik lingkungan juga bertugas untuk menjaga kesehatan khususnya kesehatan lingkungan. Jurusan ini juga cocok untuk kamu si pencinta alam. Sesuai dengan namanya, lingkungan menjadi fokus utama dalam jurusan ini. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan mahasiswa jurusan teknik lingkungan seperti menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi.

    Jurusan ini telah banyak terdapat di beberapa perguruan tinggi dengan tujuan memperbaiki lingkungan yang sudah rusak dan tercemar serta menjaganya sepanjang manusia hidup berdampingan dengan alam. Jurusan teknik lingkungan masuk ke dalam bidang teknik. Mahasiswa sarjana yang telah menyelesaikan pendidikannya di jurusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.) atau Sarjana Terapan (S.Tr.).

    Berikut ini penjelasan lebih detail tentang apa itu teknik lingkungan dan apa saja prospek kerja jurusan teknik lingkungan.

    Apa itu jurusan teknik lingkungan

    Jurusan teknik lingkungan berkaitan erat dengan kesehatan lingkungan. Mahasiswa teknik lingkungan akan belajar tentang bagaimana caranya menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan kemampuan teknologi yang ada pada saat ini.

    Ruang lingkup pekerjaan di bidang teknik lingkungan mencakup konservasi lingkungan, konservasi air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, sistem drainase, serta pengendalian dan pencegahan pencemaran udara.

    Mahasiswa jurusan teknik lingkungan akan dibimbing agar bisa menyelesaikan segala permasalahan lingkungan yang telah terjadi dan mencegah permasalahan lingkungan yang akan terjadi di masa depan.

    Kenapa kamu harus masuk jurusan teknik lingkungan

    Jurusan teknik lingkungan memiliki peranan penting dalam memperbaiki lingkungan dan mencegah segala ancaman yang dapat merusak lingkungan. Kehidupan manusia sangat bergantung terhadap lingkungan yang bersih dan terjaga agar dapat terus hidup berdampingan. Dengan menjadi mahasiswa teknik lingkungan, artinya kamu mengambil peranan penting di dunia ini untuk ikut menjaga kesehatan lingkungan.

    Prospek kerja jurusan teknik lingkungan

    Karena memiliki peranan penting dan tanggung jawab yang besar, prospek kerja jurusan teknik lingkungan memiliki cakupan yang sangat luas. Berikut daftar prospek kerjanya:

    1: Petugas konservasi lingkungan

    Prospek kerja jurusan teknik lingkungan yang pertama adalah menjadi seorang petugas konservasi lingkungan. Tugas yang dijalankan seperti merancang dan menyusun program yang berkaitan dengan alam atau lingkungan hidup. Selain itu, kamu juga harus menyusun dan meregulasi kebijakan-kebijakan teknis khususnya di bidang lingkungan hidup. Petugas konservasi lingkungan juga bertanggungjawab untuk melakukan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan serta memulihkan kualitas lingkungan hidup yang telah rusak atau tercemar.

    2: Ahli konservasi air

    Air merupakan produk alam yang paling dibutuhkan oleh manusia. Air yang dikonsumsi manusia harus bebas dari pencemaran karena dapat berakibat buruk untuk kesehatan manusia apabila air tercemar oleh zat-zat yang berbahaya seperti hasil limbah dan sebagainya. Oleh karena itu, menjaga kualitas air agar tetap sehat dan aman dikonsumsi adalah bagian dari tugas yang akan dilakukan oleh seorang ahli konservasi air.

    3: Manajer energi

    Prospek kerja jurusan teknik lingkungan berikutnya adalah manajer energi. Energi atau sumber daya alam memiliki peranan penting dalam kehidupan serta membangun peradaban manusia. Suatu saat energi tersebut akan habis apabila tidak dikelola dengan baik. Salah satu tugas seorang manajer energi adalah menjaga pasokan energi agar terus tercukupi dan mencari sumber energi alternatif lainnya.

    Selanjutnya, tugas seorang manajer energi adalah menjaga lingkungan dari efek samping dari energi itu sendiri. Saat ini, khususnya energi bahan bakar menjadi penghasil emisi karbon yang paling tinggi. Tugas lain dari seorang manajer energi adalah mengatasi hal tersebut.

    4: Manajer lingkungan

    Bencana lingkungan bisa saja terjadi akibat pengelolaan lingkungan yang tidak baik. Misalnya penggundulan hutan yang bisa menyebabkan longsor, membangun pemukiman di pinggiran sungai, sungai yang tercemar akibat pembuangan limbah pabrik. Hal tersebut haruslah dikelola dengan baik dan sudah menjadi tugas manajer lingkungan untuk mengatasi hal tersebut.

    5: Konsultan

    Prospek kerja jurusan teknik lingkungan yang terakhir adalah dengan menjadi konsultan di bidang teknik lingkungan. Beberapa perusahaan tentunya perlu berkonsultasi terlebih dahulu untuk melebarkan proyek mereka. Terutama perusahaan yang memanfaatkan lingkungan. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan yang pada akhirnya berimbas pada perusahaan itu sendiri.

    Konsultan juga memainkan peran dalam melestarikan tempat wisata di daerah tertentu. Hal ini dilakukan guna menghindari kerusakan lingkungan yang dapat mengancam keselamatan wisatawan.

    Kampus rekomendasi jurusan teknik lingkungan : PU

    Setelah mengetahui prospek kerja jurusan teknik lingkungan pastinya kamu tertarik untuk kuliah di jurusan tersebut bukan? Salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan teknik lingkungan adalah President University (PU) yang berlokasi di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

    Teknik lingkungan President University memiliki visi menjadi program studi teknik lingkungan yang unggul secara nasional, di bidang pengelolaan lingkungan dan limbah industri dengan pendekatan inovatif, berwawasan global, dan bernilai bagi masyarakat pada tahun 2030. Teknik lingkungan President University berhasil meraih predikat B dari BAN-PT dengan nomor BAN-PT No. 4946/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/202.

    Itu dia informasi prospek kerja jurusan teknik lingkungan yang dapat kamu jadikan bahan pertimbangan. Yuk, ketahui informasi seputar prospek kerja jurusan lainnya dari Danacita. Danacita juga menawarkan solusi pembayaran untukmu dengan cara dicicil. Dengan begitu, bayar kuliah jadi terasa lebih ringan. Simak informasi lengkapnya di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!