Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Keunggulan dan Alasan Kuliah di UHW Perbanas

2022-10-24

Daftar isi

    Jurusan ekonomi dan bisnis masih menjadi incaran pelajar yang ingin berkarir di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, sektor publik, aktuaria hingga analisis data. Era globalisasi kian membuat lulusan ilmu ekonomi dan bisnis juga semakin dibutuhkan dalam perdagangan internasional. Bagi kamu yang ingin berkuliah dan jurusan bisnis dan perbankan, Universitas Hayam Wuruk Perbanas bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Universitas Hayam Wuruk (UHW) terkenal sebagai Laboratorium Perbankan percontohan di lingkungan perguruan tinggi, lho! Nah, bagi kamu yang tertarik kuliah di universitas tersebut, mari simak alasan kuliah di UHW Perbanas serta keunggulan UHW Perbanas berikut ini.

    Sejarah UHW Perbanas

    Alasan kuliah di UHW Perbanas dan keunggulan UHW Perbanas yang pertama adalah karena memiliki sejarah yang cukup unik dan menarik. UHW Perbanas Surabaya sempat mengalami beberapa perubahan nama sejak awal berdirinya. Pada awalnya, UHW Perbanas Surabaya menyelenggarakan Kursus Kader Bank Tingkat A dan B. Kursus Kader Bank Tingkat B inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Akademi Ilmu Perbankan PERBANAS Surabaya pada tahun 1970.

    Kemudian pada tahun 1982, nama tersebut diubah kembali menjadi Akademi Ilmu Perbankan dan Manajemen PERBANAS Surabaya akibat dibukanya program studi manajemen. Setelahnya dilakukan perubahan nama kembali pada tahun 1985 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS Surabaya yang terdiri dari 2 Jurusan di UHW Perbanas Surabaya yaitu Manajemen dan Akuntansi.

    Berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia Nomor: 126/E/O/2021 tanggal 9 April 2021 tentang Izin Perubahan Bentuk, STIE PERBANAS Surabaya mengubah nama untuk yang terakhir kalinya menjadi Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya (UHW Perbanas).

    Didirikan pada tahun 1970, UHW Perbanas saat ini telah mengkombinasikan berbagai fasilitas modern dan pendekatan dinamis untuk pengajaran dan penelitian yang telah menghasilkan berbagai prestasi yang membanggakan. Perolehan berbagai sertifikasi, penghargaan, dan dana hibah merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan kerja keras dalam peningkatan mutu layanan pendidikan.

    Baca juga: Rincian Biaya Kuliah UHW Perbanas Surabaya 2022

    Visi, Misi, Tujuan, Budaya UHW Perbanas

    Alasan kuliah di UHW Perbanas serta keunggulan UHW Perbanas selanjutnya adalah memiliki visi, misi, tujuan, dan budaya yang jelas dan mendidik. Berikut rincian lengkapnya:

    Visi

    • Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka, unggul dan berwawasan global yang mengkontribusikan lulusan dan ilmu pengetahuan bagi daya saing bangsa

    Misi

    • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif di bidang bisnis teknologi finansial yang berwawasan global;
    • Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kontributif di bidang bisnis teknologi finansial, dan pengabdian kepada masyarakat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat;
    • Menjalin kerja sama yang berkesinambungan dengan berbagai instansi terkait, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pelaksanaan tridharma; dan
    • Melakukan tata kelola yang menciptakan suasana akademik yang berorientasi pada tata kelola perguruan tinggi yang sehat, dinamis, ramah dan bersahabat.

    Tujuan

    1. Dihasilkannya lulusan yang:
    • menguasai dan mampu menerapkan konsep dan teori di ekonomi, bisnis, teknik, dan desain komunikasi visual;
    • mampu menganalisis dan memberikan saran pemecahan masalah di bidang bisnis dan perbankan;
    • memiliki pengetahuan, keterampilan dan keahlian tambahan di bidang teknologi informasi, bahasa asing dan jasa keuangan lainnya sebagai pendukung profesi yang ditekuni; dan
    • memiliki sikap bersahabat, komunikatif, jiwa kepemimpinan dan berkepribadian yang kuat untuk mendukung keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat dengan tetap memegang teguh kode etik profesi.
    1. Dihasilkannya ilmu pengetahuan melalui penelitian dan menyebarluaskan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.
    2. Dijalinnya kerja sama yang berkesinambungan dengan berbagai instansi terkait, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pelaksanaan tridharma
    3. Diwujudkannya tata kelola manajemen yang sehat, yang didasarkan pada budaya dan nilai UHW Perbanas sehingga tercipta suasana akademik yang dinamis, ramah dan bersahabat.

    Dari tujuan yang telah dipaparkan di atas, bisa menjadi tambahan untuk memperkuat alasan kuliah di UHW Perbanas sekaligus keunggulan UHW Perbanas.

    Budaya

    1. UHW Perbanas mengembangkan budaya dan nilai organisasi yang difungsikan sebagai pembeda dengan organisasi lain, perekat civitas akademika, mekanisme pengendalian dalam membentuk sikap dan perilaku civitas akademika, dan alat pemersatu dan komunikasi UHW Perbanas.
    2. Pengembangan budaya UHW Perbanas diarahkan pada terwujud dan terpeliharanya lima budaya UHW Perbanas yang didukung oleh nilai-nilai, yaitu:
    3. perbaikan terus menerus, mengandung arti bahwa dalam mewujudkan Visi UHW Perbanas setiap anggota organisasi wajib senantiasa menjunjung tinggi pentingnya perbaikan dalam segala aspek dengan mengutamakan nilai-nilai inovatif, kreatif, dan konsisten;
    4. orientasi kedepan, mengandung arti bahwa perbaikan terus menerus yang dilakukan harus berorientasi pada kepentingan jangka pendek, menengah, panjang dan global dengan mengutamakan nilai-nilai idealistik, sistematis, terukur, keberlangsungan (sustainability), dan holistik;
    5. hasil terbaik, mengandung arti bahwa perbaikan terus menerus perlu didukung oleh karya terbaik dari setiap anggota organisasi yang dilandasi nilai-nilai integritas, kerja keras, efektif dan efisien, kedisiplinan, ketulusan dan komitmen;
    6. saling menghargai, mengandung arti bahwa perbaikan terus menerus perlu disertai dengan perilaku yang saling menghargai dan menghormati pihak lain sebagai mitra kerja, serta memperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai manusia yang dilandasi rasa empati, nilai kebersamaan dan kerendahan hati; dan
    7. e. peduli dan ramah lingkungan, mengandung arti bahwa kualitas lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga setiap anggota organisasi wajib menjaga dan memelihara lingkungan, yang dilandasi nilai-nilai kepedulian, kebersihan, ketertiban, keharmonisan, keramahan dan persahabatan.
    8. Setiap anggota-anggota organisasi wajib mengembangkan dan mewujudkan pikiran, ucapan serta tindakan sesuai budaya dan nilai UHW Perbanas.

    Fakultas UHW Selalu Unggul

    Alasan kuliah di UHW Perbanas dan keuntungan kuliah UHW Perbanas yang tak kalah penting adalah karena memiliki prodi, fasilitas, dan akreditas yang baik. Jurusan di UHW Perbanas Surabaya yang semula hanya berjumlah 2 jurusan, kini memiliki 9 program studi yang terbagi ke dalam 2 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi & Bisnis serta Fakultas Teknik & Desain.

    Fakultas Ekonomi menaungi 6 program studi, diantaranya yaitu:

    • S1 Akuntansi
    • S1 Manajemen
    • S1 Ekonomi Syariah
    • D3 Akuntansi
    • D3 Perbankan
    • D3 Keuangan
    • Magister Manajemen (S2)

    Kemudian Fakultas Teknik dan Desain yang menaungi 3 program studi di antaranya yaitu:

    • S1 Sistem Informasi
    • S1 Informatika
    • S1 Desain Komunikasi Visual.

    Kampus Universitas Hayam Wuruk Perbanas telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan akademik para mahasiswanya. Fasilitas-fasilitas ini diantaranya:

    • Gedung
    • Ruang Kelas
    • Laboratorium Informatika
    • Laboratorium Sistem Informasi
    • Laboratorium Desain
    • Laboratorium Komputer
    • Laboratorium Bahasa dan Perpustakaan

    Saat ini, Universitas Hayam Wuruk Perbanas (UHW Perbanas) telah terakreditasi institusi dengan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 1120 / SK / BAN-PT / Ak-PPJ / PT / XII / 2021 pada tanggal 23 Desember 2021. Melihat akreditasi UHW Perbanas yang tidak kalah bagusnya, itu juga bisa menjadi alasan kuliah di UHW Perbanas sekaligus keunggulan UHW Perbanas.

    Kerjasama UHW Perbanas dengan Danacita

    Itu dia alasan kuliah di UHW Perbanas dan keunggulan UWH Perbanas yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai mimpimu terhambat hanya karena terkendala biaya.

    UHW Perbanas Telah bekerja sama dengan Danacita sebagai platform pembayaran yang banyak digunakan mahasiswa di seluruh Indonesia. Danacita merupakan platform pembiayaan kuliah terjangkau dengan misi untuk membuka akses pendidikan di seluruh Indonesia.

    Dengan mengajukan pembiayaan pendidikan di Danacita, biaya kuliahmu akan menjadi lebih ringan karena bisa dibayar bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan. Selain itu, Danacita sangat terpercaya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain dengan UHW Perbanas, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia baik itu formal maupun non formal.

    Untuk proses pengajuannya sendiri juga sangat mudah dan cepat secara online dengan maksimal 2 hari kerja serta kamu tidak perlu membayar DP, uang jaminan ataupun biaya lainnya.

    Mari kita wujudkan mimpi bersama-sama. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi web Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    alasan kuliah di uhw perbanas uhw perbanas keunggulan uhw perbanas
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri