Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Keunggulan dan Cara Daftar UHW Perbanas Surabaya

2022-09-12

Daftar isi

    Perguruan Tinggi Negeri menjadi incaran bagi para siswa yang baru saja lulus sekolah. Namun sayangnya, perguruan tinggi negeri memiliki kuota terbatas sehingga memperketat persaingan. Padahal, tidak sedikit Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki kualitas pendidikan setara bahkan lebih baik dari perguruan tinggi negeri. Salah satunya adalah Universitas Hayam Wuruk atau UHW Perbanas Surabaya.

    Sejarah Berdirinya UHW Perbanas Surabaya

    UHW Perbanas Surabaya sempat mengalami beberapa perubahan nama sejak awal berdirinya. Pada awalnya, UHW Perbanas Surabaya menyelenggarakan Kursus Kader Bank Tingkat A dan B. Kursus Kader Bank Tingkat B inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Akademi Ilmu Perbankan PERBANAS Surabaya pada tahun 1970.

    Kemudian pada tahun 1982, nama tersebut diubah kembali menjadi Akademi Ilmu Perbankan dan Manajemen PERBANAS Surabaya akibat dibukanya program studi manajemen. Setelahnya dilakukan perubahan nama kembali pada tahun 1985 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS Surabaya yang terdiri dari 2 Jurusan di UHW Perbanas Surabaya yaitu Manajemen dan Akuntansi.

    Berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia Nomor: 126/E/O/2021 tanggal 9 April 2021 tentang Izin Perubahan Bentuk, STIE PERBANAS Surabaya mengubah nama untuk yang terakhir kalinya menjadi Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya (UHW Perbanas).

    Program Studi dan Fasilitas Kampus

    Jurusan di UHW Perbanas Surabaya yang semula hanya berjumlah 2 jurusan, kini memiliki 9 program studi yang terbagi ke dalam 2 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi & Bisnis serta Fakultas Teknik & Desain.

    Fakultas Ekonomi menaungi 6 program studi, diantaranya yaitu: S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Syariah, D3 Akuntansi, D3 Perbankan, D3 Keuangan, dan Magister Manajemen (S2). Kemudian Fakultas Teknik dan Desain yang menaungi 3 program studi di antaranya yaitu: S1 Sistem Informasi, S1 Informatika, dan S1 Desain Komunikasi Visual.

    Kegiatan belajar mengajar didukung dengan sarana dan prasarana seperti Gedung, Ruang Kelas, Laboratorium Informatika, Laboratorium Sistem Informasi, Laboratorium Desain, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa dan Perpustakaan.

    Ketersediaan Program Beasiswa dan Kelas Karyawan

    Beasiswa UHW Perbanas Surabaya memberikan dua penawaran, yakni beasiswa penuh dan beasiswa KIP-Kuliah. Berikut keuntungan yang didapat dari beasiswa penuh dan KIP-Kuliah:

    Beasiswa Penuh

    1. Penerima Beasiswa Penuh dapat mengikuti pendidikan di UHW Perbanas Surabaya tanpa dipungut biaya pendidikan selama masa studi normal pada masing-masing program studi.
    2. Peserta yang lolos sampai sesi wawancara dapat diterima melalui Jalur Bebas Tes dengan subsidi USP sebesar 30% dan bebas biaya pendaftaran.
    3. Peserta yang sudah sampai di sesi Tes Psikotes namun gagal, dapat diterima melalui Jalur Bebas Tes dengan subsidi USP 50% dan bebas biaya pendaftaran.
    4. Bila kamu mendapatkan Beasiswa UHW Perbanas Surabaya, maka kamu harus menandatangani surat pernyataan serta membayar biaya administrasi sebesar Rp.2.000.000,00 dan akan dikembalikan pada saat lulus atau akan dikompensasikan sebagai biaya wisuda.

    Beasiswa KIP-Kuliah

    1. Penerima Beasiswa KIP-Kuliah dapat mengikuti pendidikan dengan Beasiswa di UHW Perbanas Surabaya tanpa dipungut biaya pendidikan selama masa studi normal pada masing-masing program studi.
    2. Penerima Beasiswa KIP-Kuliah menerima biaya hidup dari pemerintah.
    3. Peserta yang tidak lolos seleksi dapat diterima melalui Jalur Bebas Tes dengan subsidi USP 50% dan bebas biaya pendaftaran.
    4. Penerima Beasiswa KIP-Kuliah pada saat diterima bersedia menandatangani surat pernyataan dan dibebaskan dari biaya administrasi pendaftaran.

    Selain program beasiswa, Jurusan di UHW Perbanas Surabaya juga membuka kelas karyawan bagi para pekerja yang ingin terus melanjutkan pendidikannya. Dengan demikian, kamu bisa bekerja sambil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dan memperoleh gelar.

    Prosedur Pendaftaran PMB Secara Rinci

    UHW Perbanas Surabaya memberikan ragam jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang bisa kamu ikuti antara lain:

    Jalur Beasiswa Penuh

    Jalur beasiswa penuh memiliki persyaratan pendaftaran seperti :

    1. Siswa kelas XII SMA/SMK/MA pada Tahun Ajaran 2021/2022
    2. Nilai rata-rata raport masing-masing mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris minimal 80 sejak kelas X hingga XI.
    3. Lulus seleksi administrasi, tes online, wawancara serta tes psikologi.

    Berikut prosedur pendaftarannya:

    Mengisi formulir permohonan pada Penerimaan Mahasiswa Baru UHW Perbanas Surabaya dengan melampirkan:

    1. Fotokopi raport dari kelas X sampai kelas XI yang telah dilegalisasi sekolah sebanyak 1 lembar.
    2. Pas foto berwarna 3 x 4 cm sebanyak 1 lembar.
    3. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Umum.
    4. Surat Keterangan Kelakuan Baik yang dikeluarkan oleh sekolah peserta.
    5. Fotokopi piagam penghargaan atau sertifikat yang diperoleh dari prestasi akademik maupun non akademik sebanyak 1 lembar.
    6. Melakukan pendaftaran di https://spmb.perbanas.ac.id/.
    7. Mengunggah berkas di https://bit.ly/beasiswaUHW2022.

    Jalur Beasiswa KIP-Kuliah

    Jalur beasiswa penuh memiliki persyaratan pendaftaran seperti :

    1. Siswa kelas XII SMA/SMK/MA pada Tahun Ajaran 2021/2022
    2. Nilai rata-rata raport masing-masing mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris minimal 80 sejak kelas X hingga XI.
    3. Lulus seleksi administrasi, tes online, wawancara serta tes psikologi.

    Berikut prosedur pendaftarannya:

    Mengisi formulir permohonan pada Penerimaan Mahasiswa Baru UHW Perbanas Surabaya dengan melampirkan:

    1. Melampirkan KIP-Kuliah
    2. Fotokopi raport dari kelas X sampai kelas XI yang telah dilegalisasi sekolah sebanyak 1 lembar.
    3. Pas foto berwarna 3 x 4 cm sebanyak 1 lembar.
    4. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Umum.
    5. Surat Keterangan Kelakuan Baik yang dikeluarkan oleh sekolah peserta.
    6. Fotokopi piagam penghargaan atau sertifikat yang diperoleh dari prestasi akademik maupun non akademik sebanyak 1 lembar.
    7. Fotokopi pembayaran tagihan listrik dan foto rumah bagian depan.
    8. Melakukan pendaftaran di https://spmb.perbanas.ac.id/.
    9. Mengunggah berkas di https://bit.ly/beasiswaUHW2022.

    Jalur Undangan, Jalur Tes, dan Jalur Bebas Tes

    Jalur Undangan, Jalur Tes, dan Jalur Bebas Tes dilakukan dengan mengunjungi https://spmb.perbanas.ac.id/ dan melakukan pendaftaran. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk membuat akun dan mengisi formulir yang disediakan secara gratis oleh UHW Perbanas Surabaya sampai proses Submit. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!