Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kamu Tertarik Belajar Perilaku dan Cara Berpikir Manusia Secara Ilmiah? Yuk Cek Keunggulan Program Studi Psikologi di sini

2022-04-18

Psikologi.jpg

Credit: pexels.com

Daftar isi

    Apakah kamu tertarik untuk belajar mengenai pola perilaku dan cara berpikir individu atau manusia secara ilmiah? Jika jawabannya YA, kamu dapat menjadikan program studi psikologi sebagai salah satu program studi tujuan kamu saat lulus sekolah menengah atas (SMA) nantinya.

    Jika kamu yang masih ragu untuk memilih program studi psikologi, kali ini Danacita telah merangkum apa saja alasan dan keunggulan kenapa kamu harus kuliah di program studi psikologi. Yuk simak dibawah ini

    Keunggulan Kuliah di Program Studi Psikologi

    Prospek Karir Luas Untuk Lulusan Psikologi

    Salah satu alasan mengapa kamu harus kuliah di program studi psikologi adalah karena prospek karir yang beragam dan luas untuk lulusan psikologi. Mungkin masih banyak yang memiliki anggapan jika prospek karir atau bidang pekerjaan bagi lulusan psikologi hanya di bagian sumber daya manusia (SDM) saja. Tapi nyatanya, prospek karir lulusan psikologi nggak hanya itu aja lho. Jadi, kamu nggak perlu takut karena saat ini lulusan program studi psikologi sudah memiliki beragam pilihan karir.

    Ilmu Kuliah Program Studi Psikologi yang Aplikatif

    Program studi psikologi merupakan salah satu program studi yang memiliki banyak peminat setiap tahunnya pada saat penerimaan mahasiswa baru (PMB). Hal ini dikarenakan ilmu yang akan kamu pelajari di program studi psikologi ini bersifat aplikatif. Maksudnya bersifat aplikatif adalah ilmu yang kamu pelajari di program studi psikologi ini akan memiliki tingkat kemanfaatan bagi masyarakat luas untuk menjadi solusi atas suatu permasalahan yang muncul akibat interaksi yang dilakukan antar individu, individu dan kelompok maupun kelompok dengan kelompok.

    Membantu Untuk Memahami Diri Sendiri dan Orang Lain

    Selain bersifat aplikatif, tentunya kamu akan dapat mengaplikasikan ilmu yang kamu pelajari di selama di bangku kuliah untuk dapat membantu memahami diri sendiri dan orang lain. Terkadang ada beberapa permasalahan yang dirasakan oleh individu atau kelompok yang dimulai dari pikiran. Nah, disinilah peran kamu yang sudah mempelajari pola perilaku dan cara berpikir individu atau manusia secara ilmiah nantinya.

    Prospek Karir Lulusan Program Studi Psikologi

    Diatas sudah diinformasikan jika lulusan program studi psikologi memiliki prospek karir yang beragam. Penasaran apa saja prospek karir nya? Berikut adalah beberapa prospek karir untuk kamu lulusan dari program studi psikologi:

    Human Resource Department (HRD)

    Umumnya, HRD dapat diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia. Nah, human resource department atau HRD merupakan salah satu karir atau pekerjaan yang paling diminati oleh lulusan program studi psikologi. Hal ini dikarenakan semua perusahaan, dari perusahaan startup hingga perusahaan multinasional membutuhkan suatu fungsi yang mengatur dan mengembangkan hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM). hubungan antar karyawan dan perusahaan serta memastikan seluruh hak yang dimiliki karyawan dapat diterima

    Guru Bimbingan Konseling (BK)

    Guru bimbingan konseling atau juga yang dikenal dengan sebutan guru BK adalah seorang guru yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada pelajar yang membutuhkan bimbingan. Nah, umumnya bimbingan yang diberikan oleh guru BK meliputi bimbingan sosial, bimbingan karir, bimbingan belajar dan bimbingan lainnya

    Research & Development (R&D)

    Research dan development di suatu perusahaan umumnya bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang berorientasi untuk masa depan dan dalam jangka waktu yang panjang.. Nah, untuk kamu yang tertarik berkarir sebagai research dan development, kamu nggak perlu khawatir karena profesi ini nggak hanya dibutuhkan oleh perusahaan swasta saja tapi juga dibutuhkan lembaga pemerintahan maupun institusi pendidikan.

    Psikolog

    Lulusan S1 program studi psikologi dapat melanjutkan ke jenjang magister atau S2 program studi Psikologi Klinis agar mendapatkan gelar psikolog. Gelar psikolog ini nantinya dapat digunakan untuk mulai berkarir di profesi sebagai psikolog.

    Dosen Psikologi

    Ingin menjadi tenaga pendidik? Selain menjadi guru konseling, lulusan program studi psikologi juga dapat menjadi seorang dosen psikologi. Tentunya setelah menyelesaikan kuliah magister atau mendapat gelar S2.

    Danacita: Solusi Pembiayaan Pendidikan Yang Terjangkau

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi dan pelatihan yang terjangkau. Danacita sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90+ institusi pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia.

    Kerjasama yang diadakan oleh Danacita dengan institusi pendidikan tinggi dan pelatihan adalah dengan mengadakan program cicilan biaya pendidikan dan pelatihan yang bisa kamu bayarkan secara perbulan.

    Jadi untuk kamu sudah nggak perlu khawatir lagi tentang biaya kuliahmu, kamu bisa mengajukan cicilan hingga 24 bulan di universitas-universitas yang sudah bekerjasama dengan Danacita. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera raih mimpimu bersama Danacita.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    Program Studi Psikologi
    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria