Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Keuntungan Mahasiswa Ikut Organisasi di Masa Perkuliahan

2022-03-10

Daftar isi

    Menjadi mahasiswa merupakan masa di mana seseorang mulai transisi menjadi orang dewasa. Mengapa? karena di masa inilah kamu mulai memiliki kebebasan lebih, seperti untuk mengatur keuangan sendiri, bebas mengambil mata kuliah yang diinginkan, sampai bebas untuk memilih mengikuti atau tidak mengikuti organisasi yang ada di kampus. Biasanya saat kamu masih mahasiswa baru akan ada perkenalan tentang organisasi atau kegiatan UKM apa saja yang ada di kampus dan kamu bebas memilih apa saja sesuai keinginanmu.

    Bagi sebagian mahasiswa baru atau bahkan mahasiswa yang sudah berkuliah selama beberapa semester mungkin masih belum paham betul apa manfaat jika mengikuti suatu organisasi saat berkuliah. Masih banyak yang mempertanyakan apakah sebenarnya organisasi itu memberikan keuntungan atau tidak? dampaknya bagaimana untuk nilai akademik? Sebenarnya, jika kamu mengikuti organisasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan, berikut penjelasannya.

    Mengasah Soft Skill

    Dalam berkuliah, kamu akan diberikan dan diajarkan berbagai materi yang kemudian bisa mengasah hard skill, lalu dari mana kamu bisa mendapatkan kemampuan soft skill? Kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti organisasi kampus.

    Kemampuan berkomunikasi

    Dalam suatu organisasi, kamu diharuskan untuk bertemu dengan banyak orang, bukan hanya teman-teman satu angkatan dan jurusan kamu saja, tapi juga dengan teman-teman lain yang berbeda angkatan dan jurusan. Jika kamu mengikuti organisasi, kemampuan berkomunikasi bahkan public speaking akan semakin meningkat karena sudah dilatih dan terbiasa. Dari sini, kamu juga akan belajar bagaimana cara memahami orang lain dan cara berkomunikasinya supaya hubungan antar anggota organisasi bisa terus baik.

    Kemampuan sosial

    Selain kemampuan berkomunikasi, kemampuan sosialmu pun juga diasah jika mengikuti organisasi. Bisa saja dalam organisasi terdapat program kerja untuk memberikan bantuan sosial untuk masyarakat. Dari kegiatan ini kamu bisa mendapat pelajaran banyak sekaligus meningkatkan kemampuan sosialmu.

    Kemampuan leadership

    Dalam suatu organisasi, sudah pasti terdapat struktur yang dikepalai oleh ketua di dalamnya. Jika kamu diberi kepercayaan untuk menjadi ketua, sudah pasti kemampuan leadership atau kepemimpinan akan semakin meningkat. Tetapi jika kamu menjabat sebagai kepala divisi atau wakil kepala divisi bahkan anggota juga tetap akan bisa muncul kemampuan leadership dalam dirimu. Karena biasanya akan selalu ada proses evaluasi pada waktu tertentu.

    Kemampuan manajemen waktu

    Jika kamu mengikuti organisasi, maka otomatis kamu akan memiliki lebih banyak tanggung jawab yang harus dilakukan. Kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin dan mengurutkan kegiatan apa saja yang tergolong prioritas dan yang bukan. Melalui organisasi, kemampuan manajemen waktumu pun juga akan diasah dan kamu bisa lebih fokus pada kegiatan yang produktif dan akan terbiasa sampai masa mendatang.

    Bisa Menambah Relasi

    Source: Freepik.com/Rawpixel.com

    Saat kamu mengikuti organisasi yang berisi orang-orang baru, bukan hanya kamu akan mengasah skill saja, tetapi juga bisa menambah relasi. Kamu bisa saja bertemu dengan teman satu angkatan atau kakak tingkat yang bisa dimintai bantuan atau pertolongan saat kamu kesulitan dalam perkuliahan. Selain itu, dengan relasi yang luas ini juga bisa saja membantumu setelah kamu lulus dan proses mencari pekerjaan.

    Lebih Kuat Menghadapi Tekanan

    Dalam sebuah organisasi memang sudah wajar jika muncul suatu permasalahan, mulai dari permasalahan internal, sampai permasalahan eksternal. Permasalahan tersebut bisa saja cukup rumit dan tentunya kamu dan teman-teman satu organisasi harus bisa melewatinya sambil mencari solusi dari masalah tersebut. Semakin sering kamu menghadapi ini, maka kamu juga akan semakin kuat saat menghadapi tekanan.

    Lebih Siap Menuju Dunia Kerja

    Dalam mengikuti organisasi, tentunya kamu bisa merasa lelah dan tertekan secara mental. Tetapi di sisi lain rasa disiplin kamu juga dilatih dan bisa menjadi bekal untukmu memasuki dunia kerja. Dengan aktif berorganisasi, kamu bisa menjadi lebih unggul dibanding pesaing yang lain, baik itu di dunia kerja atau saat pengajuan beasiswa.

    Memperbaiki CV

    Saat kamu ingin mencoba melamar magang atau kerja pertama kalinya saat kuliah, tentu kamu harus membuat CVmu sebaik mungkin agar bisa bersaing dengan banyak orang. Lalu apa yang bisa menjadi keunggulanmu daripada orang lain? dengan kamu aktif berorganisasi bisa membuat dirimu menjadi lebih stand out dibanding para pesaingmu. Perusahaan tentu akan melihat ini menjadi poin plus meskipun ini kali pertama kamu coba lamar kerja.

    Selain dengan mengikuti organisasi, kamu juga bisa melakukan banyak hal lain agar bisa memperbaiki CV dan mempersiapkan diri ke dunia kerja, seperti mendapatkan beasiswa, melakukan pertukaran pelajar, mengikuti freelance atau part time dan juga mengikuti kursus di luar bidang kuliahmu. Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus-kursus di berbagai macam bidang, salah satu platform yang bisa kamu cek adalah Danacita. Kursus-kursus seperti:

    Makeup Class

    Arman Armano Academy merupakan lembaga kursus di dunia makeup yang bertujuan untuk membuat pesertanya bisa menjadi generasi makeup artist yang kreatif, cerdas dan memiliki attitude serta peka terhadap perkembangan kecantikan global. Jika kamu tertarik, bisa cek info selengkapnya di sini.

    Graphic Design

    Sertifikasiku merupakan platform pelatihan pendidikan online yang bertujuan membantu banyak pelajar untuk memiliki sertifikasi kompetensi profesi yang sangat berguna. Kamu bisa mendapat sertifikasi graphic design dan bisa bersaing di dunia global. Kamu bisa baca info lengkapnya di sini.

    Data Science

    RMDS Narasio Data merupakan lembaga pendidikan teknologi yang menyediakan berbagai pilihan program untuk setiap angkatannya. Lembaga ini memiliki visi untuk membantu memperkuat para peneliti, data scientist, juga analyst dengan menggunakan framework yang sudah dipersiapkan khusus untuk era Artificial Intelligence (AI). Cek info selengkapnya bisa di sini.

    Untuk informasi kursus di bidang lain, kamu bisa langsung cek website Danacita di sini. Danacita juga menyediakan layanan cicilan untuk biaya kursusmu jika dirasa membebani dan membuat kamu bisa upgrade skill dengan biaya yang lebih terjangkau. Yuk, ikut organisasi sambil tambah skill di kursus supaya bisa menjadi lebih baik dan siap di dunia kerja!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri