Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Kisah UNISBA: Dari Organisasi Kemahasiswaan Hingga Kegiatan Serunya!

2022-03-15

Unisba-ukm.jpg

Mahasiswa UNISBA

Daftar isi

    Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah pengembangan diri bagi mahasiswa di luar lingkungan akademik. Bakat, minat, serta potensi yang kamu miliki bisa dikembangkan dengan mengikuti berbagai pilihan organisasi yang tersedia di kampus. Biasanya, ruang lingkup organisasi mahasiswa hanya sampai di tingkat fakultas saja.

    Tujuan adanya organisasi di lingkungan kampus yaitu untuk memperoleh pengalaman yang tidak bisa kamu dapatkan di dalam kelas. Konsep organisasi di lingkungan kampus juga mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

    Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti organisasi mahasiswa di antaranya seperti memperluas relasi atau pertemanan, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kemampuan sesuai bidang yang kamu sukai, serta bakat yang kamu miliki.

    Jika organisasi mahasiswa hanya sampai di tingkat fakultas saja, maka terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mencakup ruang lingkup di tingkat kampus. Lebih simpelnya, UKM mirip dengan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

    Salah satu kampus yang memiliki organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa yang lengkap adalah Universitas Islam Bandung (UNISBA).


    Baca juga: Mulai Dari Biaya Kuliah Hingga Sejarah, Simak Fakta-Fakta Terbaru UNISBA Bandung di Sini


    Tentang UNISBA

    UNISBA merupakah salah satu perguruan tinggi swasta tertua yang ada di Indonesia. Kampus yang berlokasi di Bandung ini terbilang masih memiliki lingkungan yang asri sehingga kegiatan belajar-mengajar terasa sangat nyaman.

    UNISBA terlahir dari inisiatif para tokoh masyarakat muslim di Jawa Barat dengan mengusung konsep Islami sebagai pedoman pendidikan. Tujuan dari pendidikannya itu sendiri demi mewujudkan lulusan yang memiliki sifat mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu).

    Apa saja UKM yang ada di UNISBA?

    Sebagai salah satu kampus tertua, tentunya UNISBA memiliki riwayat keorganisasian yang panjang dan berkelanjutan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya organisasi yang bertahan serta berdirinya organisasi kemahasiswaan baru yang ada di UNISBA. Berikut ini adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat di UNISBA:

    1. UKM Bahasa Inggris. UKM ini mirip dengan ekstrakurikuler English Club yang ada di sekolah, tentunya dengan tingkat pemelajaraan lebih lanjut. Namun, jika kamu adalah seorang pembelajaran baru, UKM ini sangat ramah bagi para pemula.
    2. Forum Diskusi Mahasiswa Pencinta Nalar (Fordis Mapelar), mungkin namanya terdengar asing, akan tetapi UKM ini akan membantu kamu mengembangkan potensi dalam berpikir kritis mengenai fenomena sosial serta isu-isu yang sedang hangat untuk didiskusikan.
    3. Korp Sukarela PMI. Bagi yang pernah mengikuti organisasi Palang Merah Remaja di sekolah, kamu bisa melanjutkan minat tersebut dengan mengikuti Korp Sukarela PMI. Hal yang menjadi perbedaan antara Korp Sukarela PMI dengan PMR adalah pengabdiannya. Jika di PMR kamu hanya bertugas di lingkungan sekolah saja, maka di Korp Sukarela PMI kamu akan diikutsertakan terjun langsung ke dalam lingkungan masyarakat.
    4. Protokoler, merupakan UKM yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan seremonial dan kedinasan/kantor secara administrasi. Di dalam UKM ini, kamu akan mengasah kemampuan public speaking, kepanitiaan, serta manners atau tata krama.
    5. Resimen Mahasiswa, bagi kamu yang ingin kuliah tetapi tetap ingin merasakan pendidikan militer, Resimen Mahasiswa adalah pilihan yang tepat karena dibimbing langsung oleh anggota dari Tentara Nasional Indonesia. Di sini kamu akan dibekali ilmu kedisiplinan, kepemimpinan, dan kepelatihan militer lainnya. Karena tidak ada UKM Paskibra, maka setiap pengibaran bendera dalam acara kenegaraan dilakukan oleh anggota Resimen Mahasiswa.
    6. Kesenian

    UKM Kesenian merupakan wadah yang tepat bagi para pencinta seni yang ingin mengasah kemampuannya. UKM Kesenian mencakup beberapa bidang seperti:

    • Paduan suara mahasiswa
    • Teater
    • Kasidah
    • Lingkungan seni daerah

    Baca juga: Biaya Kuliah UNISBA 2022/2023 dengan Danacita


    1. Keolahragaan

    UKM Keolahragaan UNISBA memiliki cabang keolahragaan yang cukup lengkap, sehingga kamu memiliki banyak pilihan untuk menentukan cabang olahraga mana yang akan kamu ambil. Cabang olahraga tersebut antara lain:

    • Sepak bola
    • Basket
    • Voli
    • Bulu tangkis
    • Tenis meja
    • Soft ball
    • Sepak takraw
    • Pencak silat
    • Tae kwon do
    • Kempo
    • Karate
    • Hikmatul iman
    • Aikido
    • Tarung derajat

    Kamu tidak harus memiliki bakat untuk dapat mengikuti salah satu UKM yang ada di UNISBA, selama kamu masih memiliki minat, maka siapapun bebas untuk bisa mengembangkan diri melalui UKM pilihannya.

    Selain mendapatkan pelatihan dan pengajaran sesuai bidang UKM yang kamu pilih, nantinya kamu akan menyelenggarakan festival pertunjukan dan festival budaya yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh anggota UKM Kesenian. Pertunjukan tersebut mencakup tari tradisional, tarik suara, dan pertunjukan teater.

    Mengikuti kompetisi-kompetisi yang diadakan juga bisa membantu kamu mengasah kemampuan yang kamu miliki. UNISBA berhasil melahirkan jawara-jawara tingkat kota dan tingkat nasional melalui UKM yang tentunya terfasilitasi segala keperluannya.

    [SEO]

    📞 Klik banner di atas untuk jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria