Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Mau Kuliah di STEKOM? Ini Program Studi Pilihannya

2022-09-10

gedung-stekom.png

Gedung STEKOM. Source: stekom.ac.id

Di era teknologi dan digital saat ini, lulus-lulusan di bidang sains dan teknologi sangat dibutuhkan di hampirs emua industri. Tak heran banyak siswa yang akhirnya berlomba-lomba ingin mengambil jurusan yang berhubungan dengan bidang teknologi. Untuk kamu yang sedang kampus yang menyelenggarakan pendidikan sains dan teknologi, STEKOM bisa menjadi pilihan.

STEKOM merupakan sebuah kampus swasta yang berfokus untuk membekali mahasiswanya di bidang sains dan teknologi. Sehingga para lulusannya mampu bersaing di dunia industri.

Penasaran apa saja daftar program studi di STEKOM? Sebelum kita melihat daftarnya, kita simak dulu yuk sejarah singkat STEKOM.

Tentang STEKOM

Universitas Sains dan Teknologi Komputer STEKOM adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kampus utamanya terletak di daerah Jl. Majapahit No.605, Pedurungan Kidul, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192, wilayah timur Kota Semarang, Jawa Tengah. STEKOM berawal dari sebuah kursus komputer dan elektronika PAT yang didirikan pada tahun 1986. Sejak awal, kursus komputer dan elektronika PAT ini memiliki komitmen untuk memberikan kursus yang berkualitas dengan harga yang terjangkau seperti tertera pada slogan awal kursus PAT "Biaya hemat, mutu terjamin".

Seiring perkembangannya, yayasan PAT mendirikan akademi PAT di tahun 994 dengan SK Mendiknas No. 04/D/0/1994 dengan menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma saja. Hingga akhirnya di tahun 2022, berdasarkan SK Mendiknas No. 235/D/O/2002, Akademi PAT melakukan inovasi dan penyesuaian jenjang pendidikan menjadi Sekolah Tinggi Komputer dan Elektronika ( STEKOM ) atau sering pula disebut dengan STEKOM - PAT yang dikenal hingga kini.

Daftar Program Studi di STEKOM

1. S1 Desain Grafis

Prodi S1 Desain Grafis merupakan salah satu prodi yang masuk di Fakultas Studi Akademik STEKOM dan memiliki visi menghasilkan sarjana yang berbudi luhur, cinta tanah air dan memiliki keunggulan kompetitif global dalam pengetahuan, penerapan dan kemampuan pengembangan ilmu dalam bidang Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual.

Di prodi ini kamu akan belajar banyak seputar dunia grafis dan visual, seperti merancang dan membuat iklan, baik cetak maupun elektronik, animasi grafis 3D, arsitektur grafis 3D hingga membuat skenario, video klip, fotografi dan juga web design.

Dengan pengetahuan dan kemampuan yang akan kamu dapatkan di prodi ini, setelah lulus kamu bisa berkarir menjadi graphic designer maupun animasi grafis di industri production house, production studio grafis, maupun studio tv. Selain itu kamu juga bisa bekerja di perusahaan periklanan dan media elektronik, serta bisa berwirausaha atau berkarir sebagai pekerja lepas untuk bagian videografi, fotografi dan web design.

2. S1 Sistem Komputer

Prodi S1 Komputer STEKOM memiliki misi salah satunya untuk menyelenggarakan pendidikan unggulan di kawasan nasional untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu dan teknologi komputer, dalam bidang Komputasi Bergerak (Mobile Computing System), serta didukung oleh pengetahuan jaringan komputer, Microcontroller , dan sistem tertanam (embedded system).

3. S1 Sistem Informasi

Penggunaan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas dalam suatu perusahaan dengan semakin banyaknya persaingan. Hal ini membuat lulusan sistem Informasi memiliki peluang kerja yang luas.

Atas kebutuhan industri itu, prodi S1 Sistem Informasi STEKOM bertujuan menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi. Prodi ini juga diharapkan mampu menghasilkan penelitian di bidang sistem informasi yang inovatif, produktif dan berkualitas, serta melakukan pengabdian masyarakat dengan memberdayakan masyarakat agar mampu memecahkan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.

4. S1 Teknik Informatika

Prodi Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data besar dengan proses logika, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Di prodi ini kamu akan belajar mengenai berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak.

Prodi S1 Teknik Informatika STEKOM memiliki visi untuk menjadi Program Studi yang profesional, kreatif, kompetitif yang mampu mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi dengan pengembangan sumber daya secara berkelanjutan.

5. S1 Bisnis

Prodi S1 Bisnis STEKOM memiliki visi untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang bisnis untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat global serta menyelenggarakan, mengembangkan dan menciptakan pendidikan yang berkualitas untuk mencerdaskan bangsa dan menciptakan pebisnis yang sukses dalam skala nasional maupun internasional.

Di sini kamu akan banyak belajar bagaimana melakukan pemasaran produk, pembukuan dan pengelolaan keuangan serta hal-hal terkait pengembangan suatu usaha. Prodi ini akan membantu kamu untuk memahami kebutuhan pelanggan dan memasarkannya. Prodi ini bisa dibilang merupakan kombinasi antara Manajemen dan Akuntansi.

6. S1 Kewirausahaan

S1 Kewirausahaan merupakan program studi yang akan membekali kamu untuk bisa mengidentifikasi dan menerapkan ide, konsep, dan strategi baru dalam dalam. Sedikit berbeda dengan prodi bisnis yang mempelajari dalam skala besar, termasuk pemasarannya, di prodi kewirausahaan kamu akan lebih berfokus bagaimana mengembangkan produk dan operasional usaha agar sebuah bisnis bisa berjalan.

Visi dari prodi S1 Kewirausahaan STEKOM adalah menjadi program studi yang tangguh dalam bidang kewirausahaan guna menghasilkan lulusan unggul, berwawasan kebangsaan, dan berjiwa wirausaha di tingkat nasional dan internasional.

7. S1 Manajemen

Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Prodi S1 Manajemen STEKOM memiliki visi untuk mewujudkan sekolah tinggi yang berbasis Entrepreneurship, yang dapat menjawab tantangan Ekonomi Digital pada Tahun 2026. Sementara untuk misinya sendiri yaitu memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai dengan perkembangan ekonomi digital, melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang berdaya saing global dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

8. S1 Akuntansi

Prodi Akuntansi merupakan sebuah prodi yang mempelajari terkait keuangan. Prodi ini menyiapkan kamu untuk menjadi akuntan, sebab di sini kamu akan belajar tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak.

STEKOM menyelenggarakan pendidikan prodi S1 akuntansi dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana akuntansi yang profesional dalam penguasaan bidang keahlian akuntansi dan teknologi pendukungnya, serta mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang akuntansi yang dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan ilmu akuntansi dalam kehidupan nyata dan masyarakat.

9. D4 Komputer Akuntansi

Sesuai namanya, prodi D4 Akuntansi merupakan prodi yang menggabungkan antara ilmu komputasi dan akuntansi. Di sini kamu akan belajar mengenai bagaimana cara menyusun, mengembangkan, dan juga menjalankan berbagai software yang digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi dan menunjang pelaporan keuangan serta evaluasi bisnis.

Karena ini merupakan gabungan dari ilmu komputer dan akuntansi, maka kamu akan menemui mata kuliah yang berkaitan dengan akuntansi dan komputer, seperti logika dan algoritma, sistem informasi manajemen, pengauditan, pemrograman dasar, hingga perancangan sistem informasi, dan lain sebagainya.

10. D4 Manajemen Informatika

Prodi Manajemen Informatika adalah jurusan yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki spesialisasi di bidang rancang bangun sistem informasi manajemen, membuat internet marketing dan e-commerce bahkan mampu merancang visualisasi sistem manajemen.

Setiap lulusan prodi D4 Manajemen Informatika STEKOM dibekali dengan skill dan kemampuan untuk menganalisis, menerjemahkan setiap permasalahan guna menunjang efisiensi dalam pekerjaan baik dalam segi analisis pengelolaan ataupun pemrograman.

Itu dia informasi sejarah dan daftar program studi di STEKOM. Kamu ingin mengambil prodi apa nih?

Yuk Subscribe Danacita!

Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

Subscribe Danacita!

Also tagged with

stekom semarang
Default Avatar

Written By

Esa Tauran