Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Penjelasan Fakultas Hukum UNNES dan Biayanya

2022-09-30

Daftar isi

    Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas yang paling diminati oleh calon mahasiswa yang ada di Indonesia. Tak heran mengapa jumlah persaingan di jurusan ini begitu banyak dengan hanya segelintir orang yang bisa diterima. Jika kamu berminat untuk mengikuti seleksi di Perguruan Tinggi Negeri, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi ribuan pesaing untuk memperebutkan kursi tersebut.

    Jika kamu menjadi salah satu orang yang mengincar bidang ini, maka salah satu tempat yang bisa menjadi tujuan adalah Fakultas Hukum UNNES. Memang apa sih yang membuat Fakultas Hukum begitu istimewa di mata para calon mahasiswa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini informasi lengkap seputar Fakultas Hukum UNNES dan biayanya.

    Apa itu UNNES

    Sebelum masuk membahas Fakultas Hukum UNNES dan biayanya, berikut penjelasan singkat mengenai UNNES. Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia. Hal itu bisa terjadi karena sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, UNNES telah berkecimpung sejak tahun 1960.

    Pada tahun itu, UNNES masih menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Diponegoro. Hingga akhirnya mereka resmi berpisah pada tahun 1964. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Diponegoro itu menjadi perguruan tinggi yang berdiri utuh dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta cabang Semarang.

    Berkat perkembangannya yang begitu pesat, pada tahun berikutnya yaitu 1965, IKIP Yogyakarta cabang Semarang diresmikan menjadi IKIP Semarang dengan berfokus pada bidang Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

    Kemudian barulah pada tahun 2000 IKIP Semarang secara resmi berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja UNNES dan No. 35/O/2000 tentang Statuta UNNES.

    Selain itu, kampus yang berlokasi di Jalan Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah ini telah bertransformasi menjadi kampus konservasi bereputasi internasional. UNNES selangkah lebih maju dari kampus lain dalam menerapkan sistem kampus yang terawat dan ramah lingkungan.


    Baca juga: Fakultas Bahasa dan Seni UNNES dan Biayanya


    Penjelasan Mengenai Fakultas Hukum UNNES dan Program Studinya

    Di bagian ini akan dijelaskan mengenai Fakultas Hukum UNNES dan biayanya akan ada di bagian selanjutnya. Fakultas Hukum UNNES secara resmi didirikan pada tahun 2001. Meskipun masih berusia muda, faktanya, fakultas ini telah berhasil meraih berbagai prestasi yang mengharumkan nama Fakultas Hukum UNNES. Prestasi tersebut berasal dari kompetisi tingkat regional, nasional, hingga internasional.

    Selain itu, Fakultas Hukum UNNES telah bekerja sama dengan beberapa kampus ternama di luar negeri di bidang penelitian dan pengembangan studi. Di antaranya adalah Sunggong University South Korea, Universitas Southern Queensland (USQ) Australia, Faculty of Law Jindal University India, serta masih banyak lainnya.

    Program studi yang terdapat di Fakultas Hukum UNNES adalah Program Studi Ilmu Hukum yang telah mendapatkan predikat A dari BAN-PT. Adapun Fokus kejuruannya antara lain seperti berikut ini.

    1. Hukum Islam
    2. Kemahiran Bantuan Hukum
    3. Hukum Otonomi Desa
    4. Politik Hukum
    5. Hukum Peradilan Militer
    6. Hukum dan Kebijakan Publik
    7. Antropologi Hukum
    8. Kriminolog dan Viktimolog
    9. Perbandingan Hukum Tata Negara
    10. Kekayaan Intelektual

    Baca juga: Penjelasan Fakultas Teknik UNNES dan Biayanya


    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas Hukum UNNES

    Ilmu Hukum merupakan salah satu bidang studi yang menjadikan hukum sebagai fokus objek yang dipelajari. Khususnya hukum yang berlaku di Indonesia dan dunia. Mahasiswa lulusan fakultas hukum akan dibekali ilmu perundang-undangan mulai dari hukum dasar seperti konstitusi, hukum dagang, hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, juga hukum internasional.

    Adapun pengetahuan dan keahlian yang harus dikuasai lulusan Fakultas Hukum UNNES yaitu kemampuan menghafal, berpikir kritis, berpikir logis, menganalisis, menyelesaikan masalah, mengutarakan pendapat secara lugas, serta menjadi pribadi yang komunikatif.

    Prospek kerja yang cocok untuk lulusan Fakultas Hukum UNNES antara lain seperti, Notaris, Pengacara, Diplomat, Politisi, Hakim, Jaksa, hingga Aktivis. Selain itu, lulusan ilmu hukum juga bisa bekerja di perusahaan khususnya di bagian personalia (HRD).

    Biaya kuliah Fakultas Hukum UNNES

    Setelah mengetahui informasi di atas tentang Fakultas Hukum UNNES dan biayanya akan dijelaskan pada bagian ini. Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sebagai perguruan tinggi negeri, UNNES menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai pembayaran kuliah satu-satunya di jenjang Sarjana dengan jalur reguler seperti SNMPTN dan SBMPTN. UKT memungkinkan mahasiswa untuk melakukan hanya satu kali pembayaran tiap semesternya.

    Biaya UKT mahasiswa memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung kemampuan ekonomi mahasiswa terkait. Mahasiswa dengan kemampuan ekonomi rendah akan dikenakan biaya yang juga rendah. Sedangkan mahasiswa dengan kemampuan ekonomi tinggi akan dikenakan dengan biaya yang juga tinggi.

    Besaran tersebut terbagi menjadi beberapa golongan. Berikut daftar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan biayanya.

    • Golongan UKT I : Rp500.000
    • Golongan UKT II : Rp1.000.000
    • Golongan UKT III : Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000
    • Golongan UKT IV : Rp3.200.000 hingga Rp4.400.000
    • Golongan UKT V : Rp4.500.000 hingga Rp5.500.000
    • Golongan UKT VI : Rp5.100.000 hingga Rp7.150.000
    • Golongan UKT VII : Rp5.700.000 hingga Rp8.250.000

    Sedangkan untuk mahasiswa jalur Mandiri memiliki besaran biaya kuliah dan golongan yang berbeda. Berikut daftarnya.

    • Golongan I : Rp5.000.000
    • Golongan II : Rp10.000.000
    • Golongan III : Rp15.000.000
    • Golongan IV : Rp20.000.000
    • Golongan V : Rp25.000.000

    Pembayaran Kuliah di Fakultas Hukum UNNES menggunakan Danacita

    Itu dia informasi lengkap mengenai Fakultas Hukum UNNES dan biayanya. Bila kamu calon mahasiswa baru di Fakultas Hukum UNNES, terus kejar mimpimu dan jangan sampai kendala biaya menghentikan langkahmu. Bila dalam pembayaran kuliah kamu mengalami kesulitan, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah mengajukan pembiayaan dengan Danacita.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia yang menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK. Dengan mengajukan pembiayaan Danacita, pembayaran biaya kuliahmu di Fakultas Hukum UNNES bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Mudahkan masa kuliahmu selama di Fakultas Hukum UNNES dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    fakultas hukum unnes dan biayanya fakultas hukum unnes unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri