Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Penjelasan Fakultas MIPA UNNES dan Biayanya

2022-09-30

Daftar isi

    Kamu lulusan SMA IPA tapi bingung ingin melanjutkan pendidikan ke mana? Fakultas MIPA bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa mata pelajaran yang kamu pelajar semasa sekolah, kan? Nah, di dunia pendidikan tinggi, mata pelajaran tersebut akan dipelajari secara lebih mendalam, spesifik, serta berorientasi pada praktik di kehidupan nyata.

    Fakultas MIPA merupakan salah satu bidang keilmuan SAINTEK yang mana bidang keilmuan tersebut sangat dibutuhkan untuk sains dan teknologi. Salah satu Fakultas MIPA tertua yang ada di Indonesia dan bisa menjadi pilihan adalah di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Berikut ini penjelasan lengkap tentang Fakultas MIPA UNNES dan biayanya.

    Apa itu UNNES

    Sebelum mengetahui tentang Fakultas MIPA UNNES dan biayanya, akan lebih baik untuk mengenal kampusnya terlebih dahulu. Universitas Negeri Semarang (UNNES) berlokasi di Jalan Sekaran, Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bentuk Universitas dari UNNES baru diresmikan pada tahun 2000 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/O/1999 tentang organisasi dan tata kerja UNNES dan No. 255/O/2000 tentang statuta UNNES.

    Namun, jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun 1960, UNNES masih menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Diponegoro. Belum lagi keluar-masuknya Jurusan Pendidikan Jasmani yang sempat berdiri sendiri menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) pada tahun 1963 dan bergabung kembali pada tahun 1977.

    Setelah itu, pada tahun 1965, FKIP Universitas Diponegoro berpisah dan berdiri sendiri menjadi kampus yang bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Keputusan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No. 271 tahun 1965 tertanggal 14 September 1965.

    Penjelasan Mengenai Fakultas MIPA UNNES dan Program Studinya

    Di bagian ini akan dijelaskan mengenai Fakultas MIPA UNNES dan biayanya akan dijelaskan di bagian selanjutnya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu fakultas tertua yang ada di UNNES. Perubahan nama pada fakultas ini dibarengi dengan perubahan nama Universitas Negeri Semarang (UNNES) sejak pertama kali didirikan.

    Periode 1960-1964, nama fakultas masih mengikuti nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro sendiri memiliki FKIP di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Semarang dan di Surakarta.

    Periode 1964-1999, saat UNNES masih bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta cabang Semarang hingga menjadi IKIP Semarang. Fakultas MIPA UNNES bernama Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta.

    Periode 1999-sekarang, baru pada periode inilah penggunaan nama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) secara resmi digunakan bersamaan dengan peresmian nama Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai nama baru pengganti IKIP Semarang.

    Sampai pada saat ini, FMIPA telah memiliki 6 jurusan dengan 14 program studi yang berbeda-beda. Berikut adalah daftarnya.

    Jurusan Matematika

    • S1 Matematika
    • S1 Pendidikan Matematika
    • D3 Statistika Terapan dan Komputasi

    Jurusan Fisika

    • S1 Fisika
    • S1 Pendidikan Fisika

    Jurusan Biologi

    • S1 Biologi
    • S1 Pendidikan Biologi

    Jurusan Kimia

    • S1 Kimia
    • S1 Pendidikan Kimia
    • S1 Farmasi

    Jurusan IPA Terpadu

    • S1 Pendidikan IPA
    • S1 Ilmu Lingkungan

    Jurusan Ilmu Komputer

    • S1 Teknik Informatika
    • S1 Sistem Informasi

    Pekerjaan yang Bisa Diambil Lulusan Fakultas MIPA UNNES

    Fakultas MIPA UNNES berisikan berbagai program studi unggulan di bidang SAINTEK diantaranya yaitu program studi matematika, fisika, kimia, dan masih banyak lainnya. Berikut ini adalah kemampuan serta prospek kerja dari masing-masing program studi.

    Matematika

    Seorang lulusan program studi Matematika Fakultas MIPA UNNES dibekali dengan kemampuan analisis yang baik, berpikir kritis dan rasional, berpikir terstruktur, berhitung, pemecahan masalah, meneliti, berorientasi pada detail, teliti, serta tekun.

    Prospek kerja yang cocok dengan jurusan tersebut adalah Data Scientist, Ahli Statistik, Market Researcher, guru, dan dosen serta masih banyak lainnya.

    Fisika

    Seorang lulusan program studi Fisika Fakultas MIPA UNNES dibekali dengan kemampuan riset, analisis, berpikir rasional, berpikir terstruktur, pemecahan masalah, matematika, berorientasi pada detail, teliti, dan tekun.

    Prospek kerja yang cocok dengan jurusan tersebut adalah Teknisi Tambang dan Minyak, Teknisi Listrik, System Analyst, Data Scientist, Guru, Dosen, dan lain sebagainya.

    Kimia

    Lulusan program studi Kimia Fakultas MIPA UNNES dibekali dengan kemampuan meneliti, analisis, pemahaman kimia, spasial dalam fisika, matematika, dan kemampuan menghafal.

    Prospek kerja yang cocok dengan jurusan tersebut adalah Peneliti dan Teknisi Kimia, Teknisi Laboratorium Klinis, Peneliti Bioteknologi, Ahli Bioteknologi, Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan, serta masih banyak lainnya.

    Biaya Kuliah Fakultas MIPA UNNES

    Setelah mengetahui penjelasan Fakultas MIPA UNNES dan biayanya akan dijelaskan berikut ini. Universitas Negeri Semarang atau UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri, UNNES menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebagai pembayaran kuliah satu-satunya di jenjang Sarjana dengan jalur reguler seperti SNMPTN dan SBMPTN. UKT memungkinkan mahasiswa untuk melakukan hanya satu kali pembayaran tiap semesternya.

    Biaya UKT mahasiswa memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung kemampuan ekonomi mahasiswa terkait. Mahasiswa dengan kemampuan ekonomi rendah akan dikenakan biaya yang juga rendah. Sedangkan mahasiswa dengan kemampuan ekonomi tinggi akan dikenakan dengan biaya yang juga tinggi.

    Besaran tersebut terbagi menjadi beberapa golongan. Berikut daftar Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES dan biayanya.

    • Golongan UKT I : Rp500.000
    • Golongan UKT II : Rp1.000.000
    • Golongan UKT III : Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000
    • Golongan UKT IV : Rp3.200.000 hingga Rp4.400.000
    • Golongan UKT V : Rp4.500.000 hingga Rp5.500.000
    • Golongan UKT VI : Rp5.100.000 hingga Rp7.150.000
    • Golongan UKT VII : Rp5.700.000 hingga Rp8.250.000

    Sedangkan untuk mahasiswa jalur Mandiri memiliki besaran biaya kuliah dan golongan yang berbeda. Berikut daftarnya.

    • Golongan I : Rp5.000.000
    • Golongan II : Rp10.000.000
    • Golongan III : Rp15.000.000
    • Golongan IV : Rp20.000.000
    • Golongan V : Rp25.000.000

    Pembayaran Kuliah di Fakultas MIPA UNNES menggunakan Danacita

    Itu dia informasi lengkap mengenai Fakultas MIPA UNNES dan biayanya. Bila kamu calon mahasiswa baru di Fakultas MIPA UNNES, terus kejar mimpimu dan jangan sampai kendala biaya menghentikan langkahmu. Bila dalam pembayaran kuliah kamu mengalami kesulitan, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah mengajukan pembiayaan dengan Danacita.

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia yang menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional dan sudah berizin OJK. Dengan mengajukan pembiayaan Danacita, pembayaran biaya kuliahmu di Fakultas MIPA UNNES bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 6 hingga 24 bulan sehingga jauh lebih ringan.

    Mudahkan masa kuliahmu selama di Fakultas MIPA UNNES dengan menggunakan Danacita sebagai platform pembayaran dan temukan solusi pembiayaan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Informasi selengkapnya klik di sini!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    fakultas mipa unnes fakultas mipa unnes dan biayanya UNNES
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri