Default Avatar

Written By

Esa Tauran

Ingin Kuliah di Fakultas Desain UNIKOM? Ketahui Prospek Kerja Hingga Biayanya Di sini

2022-11-21

fakultas-desain-unikom

Daftar isi

    Mengenal UNIKOM

    Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jl. Dipati Ukur No.112-116, Lebak Gede, Coblong, Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. UNIKOM secara resmi berdiri pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000.

    Sebagai Universitas yang berbasis pada ICT (Information and Communication Technology), UNIKOM terus berkomitmen dan bekerja keras untuk mewujudkan pendidikan berkelas dunia serta berperan aktif dalam pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, UNIKOM sebagai kampus merdeka juga memberikan ‘perluasan kebebasan’ bagi mahasiswa, yang mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

    Meski baru berdiri sekitar 2 dekade, namun kampus ini telah berkembang pesat. Mulai dari gedung, fasilitas hingga sumber daya tenaga pengajar, staf, mahasiswa dan lulusannya yang sangat berkualitas. Berbagai prestasi membanggakan juga telah dicapai UNIKOM baik di kancah nasional maupun Internasional. Ini merupakan bukti nyata kualitas dan komitmen UNIKOM dalam mempersiapkan lulusan yang cerdas, kreatif dan inovatif serta mampu berkompetisi secara global.

    Penjelasan Mengenai Fakultas Desain UNIKOM

    Fakultas Desain (FD) merupakan salah satu fakultas di UNIKOM yang ditujukan untuk siapapun yang ingin belajar dan menjadi calon desainer yang kreatif, inovatif, dan mumpuni di bidang ICT. Hal ini dituangkan dalam visinya yaitu Menjadi pusat pendidikan keilmuan Desain yang unggul pada tahun serta berbasis teknologi informasi dan komunikasi, berwawasan global serta memiliki jiwa kewirausahaan untuk mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

    Fakultas Desain sendiri didukung oleh para dosen yang ahli di bidangnya dan beberapa diantaranya telah mengikuti pameran dan kompetisi bidang desain tingkat internasional. Kurikulum yang ditawarkan di Fakultas Desain juga selalu mengikuti perkembangan trend desain saat ini, sehingga pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan industri.

    Fakultas Desain ini terdiri atas dua program studi S1 yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Interior dan satu program studi D3 yaitu Desain Grafis. Program studi Desain Interior telah terakreditasi A sedangkan DKV dan Desain Grafis terakreditasi B.

    1. S1 Desain Komunikasi Visual (DKV)

    Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Desain UNIKOM bertujuan untuk memberikan bekal ilmu dan pengembangan mengenai DKV sebagai Dasar Perancangan / Desain dan Strategi Komunikasi, dan Desain Grafis (DKV) sebagai Pengolah Visual Data Informasi. Selain itu, prodi ini juga memberikan kamu pemahaman secara teknis prinsip cetak manual dan digital, proses teknologi informatika dan sistem informasi manajemen, serta mampu memahami media baru seperti Mix Media Animasi Audio Visual, Mix Media dan Interaktif seperti Multimedia Offline (CD presentasi) dan Online (Web/homepage)

    2. S1 Desain Interior

    Program studi Desain Interior adalah salah satu prodi di Fakultas Desain UNIKOM yang mempelajari ilmu tentang perencanaan tata letak dan perancangan ruangan pada sebuah bangunan. Selain itu, ilmu ini juga mempelajari cara mengkreasikan ruangan agar indah dipandang dan nyaman Jurusan Desain Interior ini bisa dibilang gabungan antara ilmu seni, teknik, psikologi, dan manajemen.

    3. D3 Desain Grafis

    Program Studi Desain Grafis (D3) Fakultas Desain UNIKOM merupakan institusi pendidikan Ilmu Desain yang secara konsisten mendorong munculnya SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi (IT). Seiring dengan semakin strategisnya peranan bidang Desain Grafis, prodi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang baik di bidangnya dan kemampuan menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

    Inforrmasi selengkapnya seputar Fakultas Desain UNIKOM, klik di sini.

    Prospek Pekerjaan Lulusan Fakultas Desain UNIKOM

    Kebutuhan industri akan hadirnya lulusan desain saat ini semakin berkembang. Keahlian utama yang dimiliki lulusan Desain antara lain seperti membuat sketsa produk desain, menggunakan teknologi untuk membuat rancangan, kreativitas dalam memilih bahan, warna, dan bentuk, serta jeli dalam segala jenis detail karyanya. Dengan berbagai keahlian yang dimiliki ini, lulusan Desain dapat bekerja di industri mana saja. Beberapa diantaranya:

    • Desain Grafis
    • Visual Designer di Penerbitan dan Percetakan
    • Konsultan Properti
    • Illustrator
    • Desainer Multimedia
    • UI/ UX Designer
    • Creative Director
    • Dan masih banyak lagi

    Biaya kuliah di Fakultas Desain UNIKOM

    Setiap tahunnya, Fakultas Desain UNIKOM membuka penerimaan mahasiswa baru untuk siapapun yang ingin masuk ke fakultas ini. Berikut rincian biayanya:

    Program Studi Biaya Pengembangan Pendidikan(BPP) Biaya Penunjang Awal (BPA) Biaya Kuliah Semester
    S1 DKV Rp 7.000.000 Rp 2.000.000 Rp 7.000.000
    S1 Desain Interior Rp 7.000.000 Rp 2.000.000 Rp 7.000.000
    D3 Desain Grafis Rp 7.000.000 Rp 2.000.000 Rp 6.500.000

    Bayar Kuliah di Fakultas Desain UNIKOM Dengan Danacita

    Kesempatan untuk kamu berkuliah di Fakultas Desain UNIKOM sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini, Danacita dan UNIKOM telah bekerja sama untuk mempermudah kamu untuk membiayai studi di Fakultas Desain UNIKOM. Danacita sendiri adalah perusahaan teknologi finansial yang memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia melalui pembiayaan pendidikan tinggi secara bertahap untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional.

    Kerjasama antara Danacita dan UNIKOM adalah dengan memberikan solusi program cicilan multi semester untuk calon mahasiswa UNIKOM Cicilan Multi Semester adalah program pembiayaan yang memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk dapat melakukan pembiayaan biaya kuliah hingga 4 semester sekaligus hanya dalam 1 kali pengajuan di Danacita.

    Melalui program cicilan multi semester Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di STMIK Likmi tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

    Informasi selengkapnya klik di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    fakultas desain unikom unikom biaya kuliah di unikom
    Default Avatar

    Written By

    Esa Tauran