Default Avatar

Written By

Rudi Patria

Informasi Terlengkap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Angkatan 2022? Baca Artikel Ini!

2022-01-13

Daftar isi

    Tentang UPJ

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) mungkin bukan kampus yang asing untuk kamu yang berdomisili di daerah Jakarta dan Tangerang. UPJ merupakan bentuk kontribusi dari PT. Pembangunan Jaya dalam bidang pendidikan tinggi di Indonesia, setelah sebelumnya mendirikan Taman Kanak-Kanak, SD, SMP dan SMA.

    Untuk kamu yang belum tahu, PT. Pembangunan Jaya ini juga pengembang properti terkemuka lho di Indonesia. Melalui UPJ, PT. Pembangun Jaya ingin memperluas akses pendidikan tinggi bagi generasi muda di Indonesia, khususnya untuk generasi muda di sekitar Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan dengan biaya kuliah yang terjangkau.

    Kampus yang berdiri sejak tahun 2011 ini telah memiliki Ijin Operasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011 pada tanggal 25 Februari 2011 dan didukung penuh kelompok usaha Pembangunan Jaya.

    Untuk akreditasi, UPJ telah mengantongi akreditasi ‘A’ untuk Perpustakaan dan akreditasi sangat baik atau “B’’ baik untuk seluruh program studi juga untuk Akreditasi Perguruan Tinggi oleh BAN-PT. Sedangkan Kinerja Kemahasiswaan UPJ berada di Ranking 45 Nasional berdasarkan Pemeringkatan oleh Belmawa-Kemenristekdikti tahun 2019. Di bidang penelitian, UPJ berada di Klaster UTAMA untuk Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi yang dianugerahkan oleh Kemenristekdikti sejak tahun 2018.

    Lokasi & Fakultas

    Kampus yang terletak di Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P Bintaro Jaya, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan ini memiliki dua fakultas, yaitu:

    1. Fakultas Teknologi & Desain

    Dengan program studi:

    • Desain Komunikasi Visual (DKV)
    • Desain Produk
    • Informatika
    • Sistem Informasi
    • Teknik Sipil
    • Arsitektur

    2. Fakultas Humaniora & Bisnis

    Dengan program studi

    • Akuntansi
    • Manajemen
    • Ilmu Komunikasi
    • Psikologi

    Selain itu, UPJ juga telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk menunjang kegiatan perkuliahan kamu seperti perpustakaan, laboratorium dan lapangan olahraga.

    Kelas Open To All (KOTA)

    Sebagai kampus yang terletak di daerah urban, UPJ memiliki Kurikulum Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang menitikberatkan pada Urban Development & Urban Lifestyle (Pengembangan urban & gaya hidup urban) sebagai fokus keunggulan UPJ. PIP ini diaplikasikan melalui Kelas Open To All atau KOTA. KOTA dengan fokus urban ini dibagi menjadi lima rumpun, yaitu:

    1. Urban Development : Untuk prodi Arsitektur & Teknik Sipil
    2. Urban Growth : Untuk prodi Akuntansi & Manajemen
    3. Urban Society : Untuk prodi Komunikasi & Psikologi
    4. Urban Culture : DKV & Desain Produk
    5. Urban & the Future : Untuk prodi Teknik Informatika & Sistem Informasi

    Dengan ini, kamu bisa ikut serta mengembangkan nggak cuma lingkungan masyarakat di sekitar kampus, tapi kamu juga bisa bawa kembali ke daerah tempat tinggalmu nanti lho.

    Sustainable Eco Development (SED)

    Selain KOTA, UPJ juga mencanangkan Sustainable Eco-Development (SED) sebagai fokus untuk mahasiswa-mahasiswanya. Program tersebut bertujuan untuk menanamkan kesadaran menjaga kelestarian hidup.

    SED tersebut memiliki standar kompetensi yang dibagi tiga, yaitu:

    1. Kognitif agar mahasiswa memahami konsep SED
    2. Afektif agar SED menjadi pola kehidupan sehari-hari mahasiswa
    3. Psikomotorik, agar SED menjadi sesuatu yang alamiah bagi mahasiswa.

    Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Beasiswa & Biaya kuliah Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Tahun 2022/2023

    Penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) memiliki beberapa jalur yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa. Berdasarkan website resmi UPJ, jalur-jalur seleksi tersebut bisa diikuti dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

    • Pendaftaran online dengan klik link ini, atau dapat melalui Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di kampus UPJ.
    • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000, (dua ratus ribu rupiah) yang bisa dilakukan dengan cara :
      • Tunai ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Atau,
      • Transfer ke : a/n Yayasan Pendidikan Jaya Bank Permata cabang Bintaro Sektor - No rekening 410-9388-667
    • Mengirimkan bukti pembayaran disertai nama calon mahasiswa melalui fax. (021) 298 61525 atau email ke [email protected]

    Proses Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPJ

    Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPJ akan menghubungi calon mahasiswa melalui telepon atau email mengenai proses seleksi melalui jalur rapor atau Ujian Saringan Masuk UPJ.

    (*tanpa bukti setoran, berkas tidak dapat diproses)

    Jalur penerimaan yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa adalah :

    • PMB Reguler Rapor. (Untuk Tahun Ajaran 2022/2023, diadakan dalam gelombang ke dua, dan berlangsung dari 1 November 2021 hingga 31 Desember 2021)
    • PMB Reguler Ujian Saringan Masuk. (Untuk Tahun Ajaran 2022/2023, diadakan dalam gelombang ke dua, dan berlangsung dari 1 November 2021 hingga 31 Desember 2021)
    • PMB Reguler Peringkat Kelas. (Untuk Tahun Ajaran 2022/2023, diadakan dalam gelombang ke dua, dan berlangsung dari 1 November 2021 hingga 31 Desember 2021)

    Selain tiga jalur di atas, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) juga membuka jalur penerimaan yang diperuntukkan untuk calon mahasiswa yang merupakan anak dari karyawan PT. Jaya, Yayasan Pendidikan Jaya dan lulusan dari SMA Global Jaya.

    Beasiswa

    Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) juga membuka beberapa opsi beasiswa yang bisa diikuti oleh calon mahasiswanya. Beasiswa-beasiswa tersebut adalah :

    • Beasiswa Jaya : Beasiswa ini dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan jalur masuk.
      • Jalur Rapor : Potongan rata-rata rapor, mulai dari nilai 9,01 hingga 7,00. Peringkat rapor dari kelas 1 hingga 10.
      • Jalur Ujian Saringan Masuk : Beasiswa ini dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas A, B dan C.
    • Beasiswa Rekanan Jaya : Diberikan dari Unit Usaha Jaya Group untuk mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya. Persyaratan dari beasiswa ini adalah:
    • Jenjang S1 Semester III s.d. VII (Tidak sedang menjalani cuti kuliah).
    • Memiliki IPK > 3,00
    • Beasiswa Bidikmisi : Beasiswa 100% uang pangkal, SPP dan SKS yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berprestasi baik dan ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi, namun kurang mampu dalam hal keuangan. Persyaratan Beasiswa Bidikmisi:
    • Diberikan kepada siswa SMA/ SMK/ MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2021.
    • Usia paling tinggi saat mendaftar adalah 21 tahun.
    • Berasal dari keluarga kurang mampu dalam keuangan.
    • Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah.
    • Memiliki keinginan kuat dalam melanjutkan pendidikan di jenjang S1 di Universitas Pembangunan Jaya.
    • Lulus Ujian Saringan Masuk ( USM ) dan wawancara Universitas Pembangunan Jaya.
    • Beasiswa Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) : Potongan dan Beasiswa Uang Masuk dan biaya per semester yang tergabung dalam Program Beasiswa ASAK Keuskupan Agung Jakarta. Ketentuannya:
    • Diberikan kepada siswa/i SMA/K/Sederajat yang lulus pada tahun 2021
    • Penerima Beasiswa wajib mempertahankan Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,00
    • Berlaku untuk masa studi normal maksimal 8 semester.
    • Tergabung dalam Program Beasiswa ASAK Keuskupan Agung Jakarta

    Biaya Kuliah di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

    Biaya kuliah per semester di UPJ berbeda untuk setiap jurusannya. Karena biaya tersebut diakumulasi dari biaya SPP dan jumlah SKS semester yang diambil oleh setiap mahasiswa.

    Di UPJ sendiri, beberapa jurusan memiliki SKS praktik yang terpisah dari SKS wajib jurusan. Harga yang ditentukan per SKSnya pun berbeda, mulai dari Rp 270 Ribu untuk SKS Kelas dan Rp 350 Ribu untuk SKS praktik.

    Berikut adalah biaya kuliah UPJ tahun ajaran 2022/2023 untuk mahasiswa semester pertama:

    upj-biaya.png

    *termasuk uang masuk Rp 10.000.000

    Danacita: Solusi Biaya Kuliah di Universitas Pembangunan Jaya!

    Danacita adalah perusahaan teknologi finansial, yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan di Indonesia. Dengan menyediakan platform pembiayaan untuk pelajar, mahasiswa dan tenaga profesional. Danacita dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) telah bekerja sama untuk memberikan solusi pembiayaan pendidikan yang terjangkau bagi mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya untuk membiayai studi mereka.

    Kerjasama yang diadakan Danacita dan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah dengan mengadakan program dana talangan dengan masa cicilan mulai dari 6 hingga 12 bulan untuk calon mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ).

    Dengan mengikuti program ini, calon mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) dapat membayar biaya kuliah per semester dengan mencicil setiap bulannya sesuai dengan durasi yang dipilih oleh mahasiswa.

    Program cicilan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh calon mahasiswa dan mahasiswa aktif Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) untuk jenjang pendidikan S1.

    Berikut adalah simulasi pembiayaan melalui Danacita untuk mahasiswa baru di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ):

    upj-biaya1.png

    upj-biaya1-1.png

    Penting:

    • Simulasi dibuat dengan termasuk Biaya Platform 1.3 % untuk cicilan 6 Bulan, 1.5 % untuk cicilan 12 bulan, 1.7% untuk cicilan 24 bulan dan Biaya Persetujuan 3% (dikenakan sekali di depan)
    • Maksimum biaya platform adalah sebesar 1.75% - Biaya Platform dapat berubah sesuai hasil proses verifikasi Tim Danacita.
    • Pembayaran mahasiswa semester 1 meliputi: Uang Masuk + Uang SPP + Uang SKS

    Nah, dengan kemudahan pembiayaan yang diberikan Danacita diatas, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan tinggimu di UPJ dengan nyaman. Yuk, bikin kuliahmu di UPJ makin terjangkau bareng Danacita!

    📞 Jadwalkan ngobrol santai dengan Tim Danacita

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Rudi Patria