Default Avatar

Written By

Ricky Sudewo

Mengenal Program Studi Ekonomi dan Prospek Kerjanya 2022

2022-01-26

BlogBanner_Ekonomi.png

Daftar isi

    Program Studi ekonomi merupakan salah satu program studi kuliah yang sangat diminati oleh banyak orang. Banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan studi Program Studi ekonomi. Bagaimana tidak? Lulusan dari Program Studi ini paling dicari dan juga sangat berperan penting di dalam dunia industri.

    Program Studi ekonomi fokus dalam mempelajari strategi pengelolaan sumber daya dengan mempertimbangkan efisiensinya dalam mencapai kesejahteraan dan mengambil keputusan bisnis yang tepat.

    Tidak hanya tentang sumber daya keuangan, tetapi juga mencakup sumber daya alam, waktu dan bahkan tenaga.

    Jika kamu memang tertarik belajar ekonomi saat sekolah atau menggemari dunia finansial serta mengelola sumber daya perusahaan hingga bisnis. Kuliah di Program Studi ekonomi ini bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi lho.

    Berikut beberapa hal yang patut kamu ketahui mengenai kuliah Program Studi ekonomi.

    Program Studi Ekonomi

    Program studi ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Pada dasarnya manusia memang memerlukan kebutuhan dan keinginan yang tak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya tentu terbatas. Maka dari itu program studi ekonomi ini muncul untuk memberikan solusi dalam pengelolaan sumber daya yang ada dengan seoptimal mungkin.

    Program studi ini akan cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan kuantitatif yang baik.

    Selain itu, di program studi ekonomi ini kamu akan diasah untuk menjadi seorang ahli ekonomi yang mampu menganalisa data-data statistik menjadi informasi yang bermanfaat untuk memecahkan permasalahan di dalam perekonomian.

    Menganalisa sebab dan akibat kondisi ekonomi sosial politik negara, seperti hubungan tingkat pengangguran terhadap inflasi.

    Mata Kuliah Program Studi Ekonomi

    Setelah membaca penjelasan tentang program studi ekonomi di atas, apa kamu makin tertarik untuk melanjutkan studi ke Program Studi ekonomi?

    Supaya makin yakin, berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari dalam Program Studi ekonomi.

    • Pengantar Ekonomi, merupakan mata kuliah di program studi ekonomi yang mempelajari prinsip-prinsip ilmu ekonomi, terutama membahas bagaimana cara mengatasi permasalahan dalam ekonomi dari segi makro dan mikro ekonomi. Serta membahas mengenai ruang lingkup ekonomi, seperti permintaan, penawaran dan keseimbangan.
    • Pengantar Bisnis, merupakan mata kuliah program studi ekonomi yang membahas semua aspek dalam praktek kegiatan perusahaan meliputi keuangan, operasi, sumber daya manusia dan pemasaran.
    • Pengantar Akuntansi, merupakan mata kuliah program studi ekonomi yang mempelajari konsep dasar akuntansi, laporan keuangan, dan tahapan siklus akuntansi di perusahaan jasa dan dagang dalam satu periode.
    • Pengantar Manajemen, merupakan mata kuliah program studi ekonomi yang akan membantu mahasiswa dalam memperluas pengetahuan tentang manajemen baik dari teori, konsep-konsep, prinsip-prinsip, teknik-teknik, proses dan sistem manajemen untuk mengembangkan keterampilan.
    • Statistika Ekonomi, merupakan mata kuliah program studi ekonomi yang memuat konsep dasar statistik agar mahasiswa program studi ekonomi mempunyai gambaran tentang perhitungan parameter statistik, untuk menganalisa perbandingan dalam suatu kegiatan.
    • Sosiologi Ekonomi, merupakan mata kuliah program studi ekonomi yang mempelajari hubungan yang erat antara variabel-variabel ekonomi dan sosial. Serta membahas proses ekonomi pokok, seperti produksi barang dan jasa, distribusi dan penukaran serta konsumsi.
    • Matematika Ekonomi, merupakan mata kuliah program studi ekonomi yang membahas cara untuk memecahkan masalah ekonomi secara kuantitatif dengan pendekatan matematis.

    Kompetensi Mahasiswa Lulusan Program Studi Ekonomi

    Berikut adalah beberapa kompetensi yang akan dimiliki oleh mahasiswa lulusan program studi ekonomi:

    • Kemampuan dalam memahami dan menjelaskan konsep dasar ilmu ekonomi
    • Kemampuan untuk melakukan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data
    • Kemampuan untuk mengidentifikasikan, memformulasi, dan menyelesaikan masalah-masalah ekonomi.
    • Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan teknologi

    Gelar untuk Program Studi Ekonomi

    Jika kamu sudah mantap dalam memilih Program Studi ekonomi untuk melanjutkan studi, maka bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu. Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat Strata 1 (S1) di program studi ekonomi, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S.E).

    Prospek Kerja Mahasiswa Lulusan Program Studi Ekonomi

    Mahasiswa lulusan program studi ekonomi memang identik dengan bekerja di sektor perbankan, dimulai dari ruang lingkup seperti pemerintahan, swasta, hingga individu.

    Namun sebenarnya lulusan dari program studi ekonomi memiliki prospek kerja yang luas loh. Apalagi permintaan akan sarjana Program Studi ekonomi sangat dibutuhkan oleh berbagai bidang pekerjaan.

    Lalu apa saja sih prospek kerjanya? Kamu bisa jadi ekonom (ahli ekonomi), pengajar bisnis, risk analyst, akuntan, auditor, pegawai bank, pegawai pajak, broker saham, penasihat keuangan, guru atau dosen.

    Banyak banget kan, jadi kamu ga perlu khawatir berlebihan tentang pekerjaan deh.

    Alasan Harus Masuk Program Studi Ekonomi

    Untuk melanjutkan studi tentu saja harus ada alasannya mengapa? nah, ini beberapa alasan yang bisa membuat kamu makin yakin untuk melanjutkan studi ke Program Studi ekonomi. Hal-hal ini bisa membuat kamu semakin yakin untuk melanjutkan studi tersebut.

    Program studi ekonomi tidak ada matinya dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Semua ilmu yang dipelajari juga sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya saja, saat menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran sehari-hari. Peluang untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang besar. Waktu pendidikannya juga lebih singkat dan terjangkau. Prospek kerja yang luas. Sukses jangka panjang, karena bisa memahami perkembangan ekonomi dari masa ke masa. Dan lebih mengetahui cara memperoleh uang dengan mudah.

    Program Studi ekonomi memiliki banyak manfaat juga loh, misalnya dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara baik. Hal ini membuat seseorang lebih mahir atau lihai dalam perekonomian.

    Rekomendasi Universitas Dengan Program Studi Ekonomi Terbaik

    Menentukan universitas tidaklah semudah membalikkan tangan. Jadi Danacita punya beberapa rekomendasi untuk kamu sebagai pilihan. Diantaranya adalah:

    Universitas Tarumanagara

    UNTAR adalah universitas yang sudah sangat matang dalam hal usia, selain itu UNTAR juga sudah mempunyai akreditasi A dari BAN PT. Di UNTAR juga terdapat banyak fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran kamu, mulai dari perpustakaan, gedung olahraga, laboratorium, hingga kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dapat membantu kelancaran proses belajarmu. Salah satu program studi unggulan di UNTAR adalah program studi ekonomi. Sangat menarik bukan?


    Baca juga: Informasi terbaru PMB UNTAR 2022


    Universitas Islam Bandung (UNISBA)

    Ingin kuliah di program studi ekonomi di Bandung? Maka UNISBA adalah universitas yang tepat untuk kamu. Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapat ketika kamu melanjutkan untuk berkuliah di program studi ekonomi UNISBA. Diantaranya adalah akreditasi, umur dan juga reputasi. Secara akreditasi UNISBA saat ini memiliki akreditas institusi A. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitasnya. Kedua umur UNISBA sudah sangat matang, jadi kampus ini sudah sangat dipercaya oleh berbagai jenis industri perusahaan. Ketiga reputasi, UNISBA memiliki reputasi yang tinggi, dimana kampus ini sudah mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam hingga luar negeri. Jadi kamu ngga perlu khawatir lagi ketika nanti sudah lulus.


    Baca juga: Biaya kuliah di UNISBA 2022/2023 Dengan Danacita


    Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus mempelajari dan memilih Program Studi ekonomi.

    Gimana? udah yakin mau lanjut ke program studi ekonomi?

    Dengan Danacita kamu bisa melakukan pembayaran biaya pendidikan secara cicilan atau angsuran. Jadi ga perlu takut dan bingung lagi deh!

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    Default Avatar

    Written By

    Ricky Sudewo