Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Catat! Ini Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah!

2022-09-08

Daftar isi

    Kuliah di jurusan perbankan syariah semakin banyak peminatnya hingga saat ini. Bukan hal yang baru, bekerja di bank merupakan impian bagi banyak orang. Oleh karena itu, persaingan dalam memperoleh posisi pekerjaan menjadi lebih sengit.

    Mungkin kamu berpikir bekerja di Bank adalah menjadi seorang teller. Nyatanya, posisi yang dipekerjakan di bank tidak hanya itu. Masih banyak beberapa posisi yang mungkin belum kamu ketahui. Lantas apa saja prospek kerja jurusan perbankan syariah? Berikut informasi dan penjelasannya.

    Apa itu jurusan perbankan syariah

    Jurusan perbankan syariah adalah jenis bidang keilmuan di bidang keuangan dan perbankan yang segala kegiatan operasionalnya berdasarkan syariah Islam. Perbankan syariah memiliki sistem operasional yang berbeda dengan perbankan konvensional lainnya.

    Karena seluruh sistem berdasarkan syariah Islam, maka termasuk didalamnya menerapkan zakat dan wakaf sesuai dengan ajaran agama Islam. Selain itu, yang menjadi prioritas dalam perbankan syariah adalah produk, pelayanan, dan hubungan dengan mitra.

    Kenapa kamu harus masuk jurusan perbankan syariah

    Dengan semakin meningkatnya pengguna perbankan syariah, tentu prospek kerja perbankan syariah semakin terbuka. Apalagi kalau kamu adalah seorang muslim yang taat yang ingin menghindari dosa riba yang dilarang dalam agama Islam. Maka, bekerja di perbankan syariah merupakan salah satu langkah alternatif yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa bekerja di bank.

    Hadirnya perbankan syariah juga dilakukan untuk melaksanakan sistem perbankan dalam mengelola keuangan umat. Selain itu, juga memberikan kemudahan bagi umat muslim untuk tetap bisa memanfaatkan fungsi bank tanpa takut riba.

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah 1: Akuntan

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah yang pertama adalah akuntan. Profesi ini menjadi salah satu pilihan yang paling disukai oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak? Gaji yang ditawarkan cukup besar. Meskipun demikian, hal tersebut terbilang pantas mengingat pekerjaannya yang memerlukan ketelitian lebih.

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah 2: Pegawai Bank Syariah

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah yang paling sering dilamar yaitu profesi pegawai bank syariah. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba membangun karier. Gaji yang ditawarkan pun cukup tinggi. Berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 7 juta.

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah 3: Internal Auditor

    Internal auditor bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi kamu yang ingin bekerja di perbankan syariah. Pada umumnya, profesi internal auditor dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Seorang internal auditor memiliki peran untuk melakukan pengawasan dan pengelolaan keuangan di suatu perusahaan. Gaji yang diterima terbilang cukup besar, mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 8 juta.

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah 4: Analis Keuangan

    Prospek kerja perbankan Syariah selanjutnya adalah menjadi seorang analis keuangan. Analisis keuangan memiliki peran dalam melakukan analisis terhadap kondisi finansial. Gaji yang bisa diperoleh mulai dari Rp 5 juta.

    Prospek kerja jurusan perbankan syariah 5: Manajer Investasi

    Pilihan prospek kerja jurusan perbankan Syariah lain yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang manajer investasi. Selain di bank, kamu bisa melamar di perusahaan investasi dan menempati posisi sebagai manajer. Menarik bukan? Tugas utama seorang manajer investasi adalah mengelola dana investor. Besaran gaji yang dapat diterima berkisar Rp 5 jutaan.

    Kampus rekomendasi jurusan perbankan syariah: UIN SUKA

    Untuk kamu yang tertarik untuk mendaftar ke jurusan perbankan syariah, Danacita memiliki beberapa saran universitas untuk kamu pertimbangkan. Ada beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang perbankan syariah. Salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau UIN SUKA yang berlokasi di Yogyakarta.

    Program studi perbankan syariah di UIN SUKA memiliki nilai akreditasi A yang membuktikan bahwa jurusan tersebut sangat berkualitas baik dari segi fasilitas, kurikulum, hingga tenaga pendidik. Adapun visi yang dimiliki oleh perbankan syariah UIN SUKA adalah unggul dan terkemuka dalam pengembangan perbankan syariah untuk kemajuan peradaban.

    Kampus rekomendasi jurusan perbankan syariah: UNISBA

    UNISBA atau Universitas Islam Bandung baru saja membuka program studi perbankan syariah pada tahun 2019 setelah mendapatkan izin dari Menteri Agama Republik Indonesia No. 679 Tahun 2019.

    Pembukaan jurusan perbankan syariah dilatarbelakangi dengan semakin terbuka luasnya posisi yang disediakan namun hanya sedikit sumber daya manusia yang dipersiapkan. Adapun gelar yang diberikan pada sarjana yang tamat di jurusan ini adalah Sarjana Ekonomi (S.E.).

    Dilansir dari situs pddikti.kemdikbud.go.id, jurusan perbankan syariah UNISBA memiliki nilai akreditasi B atau Baik. Dengan begitu, UNISBA merupakan salah satu lawan yang harus diperhatikan dalam persaingan mencetak lulusan perbankan syariah yang berkualitas.

    Kampus rekomendasi jurusan perbankan syariah: UIN RMS

    Kampus rekomendasi jurusan Perbankan Syariah selanjutnya adalah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said atau UIN RMS. Jurusan perbankan syariah di kampus ini telah terakreditasi dari BAN-PT dengan predikat A dan telah menghasilkan banyak lulusan perbankan syariah yang telah mengisi banyak posisi khususnya di perbankan syariah.

    Kampus yang berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah ini memiliki visi menjadi program studi yang unggul dan islami dalam pengembangan riset dan aplikasi ilmu perbankan S\syariah pada tahun 2024.

    Itu dia rincian mengenai prospek kerja jurusan perbankan syariah beserta rekomendasi kampus dengan jurusan perbankan syariah. Pastikan kampus pilihanmu tepat. Jika kamu memiliki kendala dari segi finansial, Danacita menawarkan bantuan berupa keringanan pembayaran dengan cara dicicil. Dengan demikian kamu bisa terus melanjutkan perkuliahan dan meraih mimpi. Ajukan sekarang di Danacita.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!