Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Pusing Cari Jurusan? Ikuti 7 Cara Ampuh ini!

2022-09-08

Daftar isi

    Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok sangat penting dipahami oleh calon mahasiswa! Banyak lho mahasiswa yang sudah masuk ke jurusan pilihannya, tapi malah menyesal karena merasa jurusan kuliah yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan minat dan bakatnya.

    Salah pilih jurusan kuliah dapat mempengaruhi tingkat percaya diri pada seorang mahasiswa. Ketika peluang untuk mengekspresikan dirinya tertutup disebabkan oleh pelajaran yang sulit dicerna dan aktivitas di lingkungan perkuliahan yang membosankan, maka akan berakibat buruk pada perkembangan mental pada diri mahasiswa tersebut.

    Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat akan membuatmu lebih bersemangat serta menikmati proses. Sehingga hasil yang dicapai pun akan lebih optimal daripada kamu memilih jurusan hanya karena terpaksa atau ikut-ikutan teman.

    Ada beragam faktor yang menyebabkan kenapa mahasiswa tersebut salah dalam menentukan jurusan kuliah. Namun, yang paling dominan disebabkan karena dorongan orang tua, ikut-ikutan teman, kurangnya informasi, dan tidak mengetahui bakat yang ada pada dirinya.

    Lantas, bagaimana cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok? Simak caranya berikut ini, ya!

    Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mendaftar Kuliah

    Bagi calon mahasiswa baru, masa-masa awal perkuliahan akan disambut dengan antusias, sekaligus rasa was-was maupun tegang. Kegiatan kuliah yang berbeda dengan jadwal sekolah akan menuntutmu beradaptasi. Selain itu, kamu juga perlu berlatih menjadi anak rantau.

    Untuk itu, penting mengetahui persiapan sebelum mendaftar kuliah, salah satunya dengan mengenal lebih dalam mengenai kampus dan jurusan yang akan diambil. Hal ini perlu dipelajari dan sebaiknya pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat sehingga kamu serius belajar dan mendalami jurusan yang dipilih hingga lulus kuliah.

    Baca juga: Selain Belajar, Ini Tips untuk Mahasiswa dapat IPK Cumlaude

    Cara Mengetahui Jurusan yang Cocok

    Jurusan kuliah akan mempengaruhi jalur karir dan rencana masa depan. Sebaiknya, jurusan kuliah dipilih sesuai dengan minat dan ketertarikan. Jangan sampai hanya asal pilih lalu merasa salah jurusan. Maka dari itu, berikut cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok.

    1. Ketahui Minatmu

    Mengenali diri sendiri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Selain supaya bisa mengambil keputusan dengan tepat, dengan mengenal diri sendiri juga bisa membantumu untuk merencanakan masa depan. Dalam hal ini, minat menjadi salah satu hal yang perlu banget buat diketahui.

    Tahu hal apa yang kamu sukai bisa membuatmu lebih bersemangat dan menikmati setiap kegiatan perkuliahan. Selain itu, untuk ke depannya juga bermanfaat dalam mencari pekerjaan sesuai dengan bidang yang diharapkan. Meskipun dengan mengenali minat belum bisa menjamin kesuksesan, paling tidak dengan hal ini bisa menjadi langkah awalmu dalam memulai proses menuju kesuksesan.

    2. Kenali Potensimu

    Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok selanjutnya adalah menggali potensi diri yang kamu miliki. Perlu diingat, setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda serta dengan potensi yang bermacam-macam.

    Misalnya kalau kamu memang suka berhitung, jurusan eksakta seperti Fisika atau Matematika bisa menjadi pilihan. Atau kalau kamu suka membaca novel atau puisi, jurusan Sastra atau Bahasa juga bisa masuk ke dalam pilihan.

    3. Ketahui Bakatmu

    Setelah mengetahui minat dan potensi, sebaiknya cari tahu bakat yang ada pada diri sendiri. Bakat atau talenta yang dimiliki dapat menjadi faktor pendukung untuk memilih jurusan yang tepat, dan modal kuat untuk meraih sukses di masa depan.

    Jika kamu masih ragu dengan bakat yang dimiliki, salah satu cara yang paling akurat untuk mengetahui bakat adalah melalui tes bakat dan minat. Melalui tes tersebut, kamu dapat lebih mengetahui potensi dalam dirimu, termasuk kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi akademis maupun kepribadian.

    Melalui tes ini kamu pun dapat lebih terarah untuk mengetahui minat yang sesuai dengan bakatnya. Kamu juga dapat mengetahui jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan bakat dan minat.

    4. Pelajari Jurusan yang Kamu Mau

    Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok selanjutnya adalah riset lebih dalam jurusan yang akan dipilih. Selagi masih ada waktu, gali informasi sebanyak-banyaknya seputar program studi yang ingin diambil. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru BK, kakak alumni, keluarga, atau membaca di website kampus tersebut.

    Selain itu, biasanya beberapa kampus menyelenggarakan sebuah acara pengenalan kampus. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk bertanya kepada pihak kampus mengenai jurusan-jurusan yang terdapat pada kampus tersebut. Dengan cara tersebut, kamu bisa mendapatkan gambaran pelajaran apa saja yang nantinya akan dipelajari.

    5. Ketahui Peluang Kerjanya

    Memilih jurusan kuliah bukan hanya terbatas pada materi yang diajarkan mudah untuk dipahami dan dilakukan karena sudah menjadi passion kamu selama ini. Melainkan satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah prospek dari jurusan tersebut.

    Kamu bisa mengamati kondisi di masa sekarang dan proyeksinya di masa mendatang. Apakah jurusan yang dipilih memiliki prospek karir yang baik nantinya. Contohnya, jika kamu berminat menjadi dokter, apakah peluang karir ini tetap diminati di masa depan atau sebaliknya.

    6. Hindari Mengikuti Arus

    Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok selanjutnya adalah hindari mengikuti arus atau hanya ikut-ikutan. Hal ini seringkali terjadi di dunia perkuliahan, kebanyakan dari mahasiswa baru lebih memilih untuk mengikuti temannya memasuki jurusan tertentu karena takut tidak memiliki teman baru.

    Jangan lakukan hal ini, apalagi jika minat dan bakat kamu ternyata tidak sama. Lebih baik mengambil jalur berbeda daripada masa depan terancam, karena pertemanan tetap bisa dilakukan meski tidak satu tempat kuliah.

    7. Konsultasi dengan Keluarga

    Pengalaman adalah ilmu yang cukup berharga di dunia. Berkonsultasi kepada keluarga atau orang yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut adalah pilihan tepat. Selain karena mereka pernah menjalani bidang tersebut, seharusnya juga lebih tahu tentang prospek karir pada jurusan tersebut.

    Pendapat orang lain juga penting untuk menjadi pertimbangan dalam melihat diri kamu dari kacamata yang berbeda. Siapa tahu, mereka memiliki pandangan dan arahan lain yang bisa menambah referensi dalam cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok.

    Demikian cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok. Kunci untuk mencapainya adalah jangan terlalu buru-buru dalam memilih. Perhatikan kredibilitas informasi yang kamu dapatkan. Kemudian, ikutilah pilihan yang tepat sesuai dengan isi hati kamu ya.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!