Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Mahasiswa UNNES Wajib Tau! Ini Cara Pakai SIKADU!

2022-09-06

Daftar isi

    Kamu sebagai mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) patut berbangga. Salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Semarang, Jawa Tengah ini memiliki sebuah sistem informasi yang sangat membantu dalam proses perkuliahan kamu. Sistem informasi ini diberi nama SIKADU.

    Apa itu SIKADU UNNES? Apa saja fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya di artikel ini.

    Apa itu SIKADU UNNES?

    Sistem Informasi Akademik Terpadu atau yang lebih dikenal dengan SIKADU UNNES adalah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan untuk mengorganisasikan data akademik di lingkup UNNES yang dapat diakses secara online. Saat ini, Sikadu telah bertransformasi menjadi Sistem Akademik Terpadu Two Point O atau SIKADU 2.0. Transformasi atau upgrade sistem ini meliputi optimalisasi mesin aplikasi dan optimalisasi tampilan. Jika dulu SIKADU lama dapat diakses melalui alamat http://akademik.unnes.ac.id, maka SIKADU 2.0 dapat diakses melalui Apps dalam tab akademik.

    Secara garis besar, proses akademik yang ditangani oleh SIKADU 2.0 dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

    Proses Pra Perkuliahan

    Proses ini terdiri dari penyesuaian konfigurasi jadwal, finalisasi kurikulum, pembagian kelas mahasiswa, penjadwalan mata kuliah, hingga proses perkuliahan dan proses pasca perkuliahan.

    Proses Perkuliahan

    Proses ini berisikan presensi kehadiran langsung dimana dosen memulai pertemuan dengan mengisikan kehadiran mahasiswa dan topik perkuliahan, kemudian dosen mengakhiri pertemuan, dan terakhir ada verifikasi/autentikasi mahasiswa yang menyatakan bahwa memang telah terlaksana pertemuan pada hari itu.

    Proses Pasca Perkuliahan

    Proses pasca perkuliahan di SIKADU 2.0 meliputi proses pengisian nilai mata kuliah oleh dosen dan masa penampilan hasil belajar mahasiswa dalam satu semester.

    Baca juga: ELena dan Sitedi UNNES: Panduan Penggunaannya

    Fungsi SIKADU UNNES

    Hadirnya SIKADU UNNES memberikan banyak manfaat untuk semua pihak, terutama mahasiswa. Fungsi tersebut antara lain:

    • Pengelolaan sistem registrasi,
    • Sistem penjadwalan perkuliahan,
    • Pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS),
    • Monitoring perkuliahan,
    • Pengorganisasian nilai hasil studi mahasiswa,
    • Pendaftaran wisuda

    Bagaimana Cara Menggunakan SIKADU UNNES?

    Berikut ini akan dijabarkan tahapan-tahapan untuk penggunaan SIKADU UNNES:

    1. Silahkan login di https://apps.unnes.ac.id/login menggunakan email mahasiswa kamu yang terdaftar di UNNES beserta passwordnya
    2. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat dashoboard seperti di bawah ini

    1. Bagian pertama (nomor 1) di pojok kanan atas menampilkan pilihan sesi-sesi yang dapat diatur di SIKADU 2.0. Dari sebelah kiri, pilihan tersebut diantaranya Pengubahan Bahasa, Pengubahan Semester, Pengubahan Periode Wisuda, Pengubahan Tingkatan Hak Akses, dan informasi akun. Untuk tiap pengguna, pilihan tersebut bisa berbeda tergantung pada tingkatan hak akses dan wewenang tambahan yang diberikan pada pengguna tersebut
    • Pada pilihan Pengubahan Bahasa, kamu dapat memilih bahasa yang disediakan oleh SIKADU 2.0. Bahasa yang tersedia sementara ini adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (English).
    • Pada pilihan Pengubahan Semester, kamu dapat memilih beberapa semester, baik semester aktif, semester berikutnya, ataupun semester sebelumnya.
    • Pada pilihan Pengubahan Periode Wisuda, kamu dapat memilih beberapa periode wisuda baik periode wisuda yang sedang berlangsung atau periode sebelumnya.
    • Pada pilihan Pengubahan Tingkatan Hak Akses, kamu dapat memilih wewenang tambahan yang diberikan. Jenis wewenang akan dijelaskan lebih rinci pada bagian berikutnya.
    • Di sebelah paling kanan berisikan informasi tentang pengguna yang sedang login, baik avatar,nama, tingkatan hak akses, dan kode identitasnya.
    1. Bagian kedua (nomor 2) di sebelah kiri menampilkan daftar pilihan menu dan sub menu sesuai dengan tingkatan hak akses kamu sebagai pengguna. Pada contoh, ditampilkan daftar pilihan menu untuk dosen yang terdiri dari menu Peralatan. Pada menu Peralatan terdapat 3 sub menu yaitu sub menu Identitas Diri, Pencarian Mahasiswa, dan Pencarian Dosen. Daftar menu dan sub menu ini dapat berubah seiring dengan perkembangan sistem dan kebijakan yang berkaitan dengan SIKADU 2.0.
    2. Bagian ketiga (nomor 3) merupakan bagian tampilan utama. Pada bagian ini akan ditampilkan isi dari submenu yang kamu bisa pilih. Namun, di bagian awal setelah login atau refresh halaman, pada bagian ini akan ditampilkan informasi dasar tentang sesi pengguna, diantaranya username, tingkatan hak akses, kode identitas pengguna, sesi semester yang dipilih dan sesi periode wisuda yang dipilih. Sama dengan bagian daftar menu, bagian awal ini dapat berbeda antara hak akses satu dengan hak akses lain dan bergantung pada perkembangan sistem.

    Simak tutorial lengkapnya:

    Apakah Data Mahasiswa di SIKADU UNNES 2.0 Aman?

    Pengembangan SIKADU 2.0 tidak hanya berdampak pada lebih baiknya fungsi dan fiturnya saja, tetapi juga terhadap tingkat keamanannya. SIKADU 2.0 menggunakan prinsip autentikasi pengguna tunggal atau single account untuk mengaksesnya. Single account atau single identity di UNNES disebut UNNES-ID atau UNNES Identity.

    Prinsip UNNES-ID sendiri membatasi penggunaan akun dari yang beberapa akun menjadi hanya satu akun tiap orangnya. Sehingga di UNNES hanya mengenal pengguna dari kalangan pegawai baik dosen maupun karyawan dan dari kalangan mahasiswa. Kamu dapat mengakses SIKADU UNNES menggunakan username email google (@students.unnes.ac.id atau @mail.unnes.ac.id yang telah terdaftar atau menggunakan user dan password lama yang berjenis dosen, karyawan, atau mahasiswa saja. Sehingga data-data kamu di dalam SIKADU UNNES ini akan sangat aman.

    Meski begitu, keamanan akun menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa. Sangat tidak disarankan untuk disarankan untuk membagikan/meminjamkan akses akun anda kepada siapapun karena yang bersangkutan akan dapat mengakses semua data email anda dan juga melakukan kegiatan yang seharusnya hanya dilakukan oleh kamu saja. Sebaliknya, kamu sebaiknya mengubah password secara rutin paling sedikit satu kali dalam satu semester.

    Bayar Kuliah di UNNES Lebih Mudah Dengan Danacita

    Itulah penjelasan lengkap mengenai SIKADU UNNES hingga cara penggunaannya. Kemudahan yang dihadirkan SIKADU UNNES tentu saja membuat kamu menjadi lebih tenang dan mudah dalam melaksanakan perkuliahan. Namun, bagaimana dengan biaya kamu selama berkuliah di UNNES? Kamu juga bisa merasakan amannya biaya kuliah kamu dengan Danacita, sama seperti amannya data kamu di SIKADU UNNES.

    Danacita merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan pembiayaan pendidikan secara bertahap untuk kamu yang ingin atau sedang menempuh pendidikan formal di tingkat perguruan tinggi maupun pendidikan informal, seperti pelatihan atau course. Pembayaran perkuliahanmu bisa menjadi lebih ringan karena bisa dicicil secara bulanan mulai 6 hingga 24 bulan.

    Danacita juga sudah resmi berizin dan diawasi OJK serta bekerjasama resmi dengan UNNES sehingga sudah pasti aman dan terjamin. Selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Proses pengajuannya cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa perlu membayar DP, uang jaminan atau biaya lainnya. Jika kamu tertarik untuk mengajukan di Danacita, langsung kunjungi websitenya dengan klik link di sini.

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    sikadu-unnes UNNES cara pakai sikadu unnes
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri