Default Avatar

Written By

Anugrah Putri

Simak 3 Alasan Berkuliah di UNISRI Terlengkap!

2023-02-21

Daftar isi

    Menentukan kampus tujuan masih menjadi problematika umum yang dihadapi calon mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih kampus tersebut. Jika kamu berkeinginan untuk berkuliah di kota Solo, salah satu kampus berkualitas yang bisa menjadi tujuan adalah Universitas Slamet Riyadi. Berikut informasi lengkap seputar alasan berkuliah di UNISRI.

    Mengenal Universitas Slamet Riyadi Surakarta

    Sebelum membahas tentang apa saja alasan berkuliah di UNISRI, akan lebih baik untuk mengenal kampusnya terlebih dahulu. Universitas Slamet Riyadi Surakarta atau biasa disingkat UNISRI adalah perguruan tinggi swasta di Indonesia yang telah berdiri sejak 1980 dan berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

    UNISRI merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi untuk mengenang kepahlawanan pejuang muda dari Kota Surakarta yaitu Brigadir Jenderal (Anumerta) Slamet Riyadi.

    Secara defakto, UNISRI sebenarnya telah ada sejak tahun 1977 saat masih di bawah naungan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH) yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1977 berdasarkan SK No. 04/Kep/YPSH/1977. Namun seiring perjalanannya, pada 21 Juni 1980 pengelolaan UNISRI diserahkan oleh YPSH kepada YPT Slamet Riyadi.

    Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, UNISRI memiliki nilai dasar yang diturunkan dari nama besar pahlawan Nasional Brigjen (Anumerta) “Slamet Riyadi” dan menjadi slogan dari UNISRI sendiri, yaitu "Membangun Generasi Berkarakter Pejuang dan Berjiwa Pancasila”

    Berlandaskan nilai dasar ini, UNISRI kemudian memiliki visi untuk "Menjadi Universitas Bermutu di Tingkat ASEAN Berlandaskan Pancasila dan Nilai-nilai Perjuangan Slamet Riyadi pada tahun 2026".

    Berikut 3 alasan kenapa kamu harus kuliah di UNISRI.

    Fakultas dan Program Studi yang Berkualitas Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta

    Alasan berkuliah di UNISRI pertama yaitu banyaknya fakultas dan program studi yang berkualitas di kampus ini yang bisa dipilih.

    1. Fakultas Hukum

    Fakultas Hukum merupakan salah satu dari 5 fakultas yang telah ada sejak UNISRI berdiri. Fakultas ini telah memiliki status terdaftar pada tanggal 29 Oktober 1981 sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0309/0/1981.

    Fakultas Hukum UNISRI menyelenggarakan satu Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum. Program studi Ilmu Hukum ini memiliki beberapa bidang spesialisasi yang kemudian terbagi lagi ke dalam empat bagian yaitu Bagian Hukum Perdata, Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Tata Negara/ Bagian Hukum Administrasi Negara dan Hukum Internasional.

    Fakultas ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Hukum terutama dalam mengembangkan dan memutakhirkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), menganalisis, serta memecahkan masalah dalam bidang Ilmu Hukum

    2. Fakultas Ekonomi

    Fakultas Ekonomi juga merupakan fakultas yang telah ada sejak UNISRI berdiri. Fakultas ini memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan yang dikelola secara profesional yang menyediakan jasa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berbasisi teknologi informasi, berwawasan lingkungan di bidang manajemen dan akuntansi yang mampu bersaing di pasaran kerja dengan menjunjung tinggi integritas keilmuan dan berjiwa pancasila.

    Terdapat dua program studi di Fakultas Ekonomi UNISRI, yaitu:

    1. Manajemen

    Program studi ini bertujuan untuk Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi serta memiliki jiwa wirausaha. Selain itu juga diharapkan memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi dan punya wawasan yang luas dan visi ke depan

    2 . Akuntansi

    Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi dan berjiwa wirausaha serta di bidang teknologi informasi akuntansi.

    3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Visi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISRI adalah menjadi fakultas yang mampu menghasilkan lulusan di bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang berkualitas dan berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjunjung tinggi nilai luhur Pancasila.

    Fakultas ini memiliki tiga program studi yaitu:

    1. Ilmu Administrasi Negara

    Program ini didirikan berdasarkan SK Nomor 199/22/1980 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 24 Oktober 1980 dan memiliki visi untuk menjadi terdepan dalam pengembangan Ilmu dan Profesi Administrasi negara.

    2 . Ilmu Komunikasi

    Program studi Komunikasi didirikan berdasarkan SK Nomor 0309/0/1981 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 24 Oktober 1981. Visinya adalah Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang berkualitas yang mampu menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan di bidang industri komunikasi.

    3 . Ilmu Hubungan Internasional

    Program ini baru hadi pada tahun 2007 berdasarkan SK Nomor 118/II/KP/2007 Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah, tanggal 01 Agustus 2007. Untuk visinya sendiri yaitu menjadi program studi Ilmu Hubungan Internasional yang menghasilkan lulusan handal dan terampil dalam bidang diplomasi dan hubungan luar negeri dan berorientasi pada kepentingan nasional.

    4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan selalu berkomitmen untuk selalu menghasilkan sarjana pendidikan yang profesional , bermandat dan bermartabat di era global. Hal ini sesuai dengan visi yang diembannya, yaitu Menjadi Lembaga Pendidikan Penghasil Sarjana Pendidikan yang Profesional, dan Kompetitif.

    Berikut program studi yang ada di fakultas ini:

    1. Pendidikan Bahasa Inggris
    2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    3. Pendidikan Teknologi Informasi
    4. Pendidikan Anak Usia Dini
    5. Bimbingan Konseling
    6. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    5. Fakultas Pertanian

    Fakultas Pertanian berdiri pada 21 Juni 1980 dan memperoleh status terdaftar bagi jenjang sarjana muda berdasarkan SK Menteri P dan K No.0309/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981. Kemudian pada tahun 1984 mendapat status terdaftar untuk jenjang sarjana berdasarkan SK Mendikbud 0395/0/1984.

    Fakultas ini memiliki satu Program Studi yaitu Agroteknologi yang telah terakreditasi dengan nilai B berdasarkan SK BAN PT No.0256/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016 tanggal 21 April 2016.

    6. Fakultas Teknologi Pangan

    Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi dan Industri Pangan UNISRI telah berdiri sejak 1994 sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 099/D/O/1994, tanggal 19-12-1994. Hanya saja fakultas ini baru mulai beroperasi pada tahun 1998, yang selanjutnya diajukan kembali (restatus), sehingga memperoleh Surat Keputusan Mendiknas No. 12578/D/TK-VI/2012 tanggal 17 Juli 2012.

    Di awal berdirinya, fakultas ini memiliki dua jurusan yaitu jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dengan Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan jurusan Teknologi Industri Pertanian dengan Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Sesuai SK Dirjen Dikti Nomor 099/DO/1994. Seiring perjalanannya, saat ini fakultas ini hanya hanya memiliki satu program studi yaitu Teknologi Hasil Pertanian (THP) yang telah terakreditasi B.

    Baca juga: Biaya Kuliah di UNISRI 2023! Lengkap Dengan Jurusan di UNISRI!

    banner-blog-leads-generation-ver2

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang Bervariasi

    Alasan berkuliah di UNISRI selanjutnya yaitu kampus ini tidak hanya berfokus pada kemampuan akademik saja, tetapi juga mendukung segala bentuk organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mendukung minat dan bakat mahasiswanya.

    Berikut organisasi dan UKM yang ada di lingkup UNISRI:

    1. Organisasi Kemahasiswaan

    • Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM)
    • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
    • Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
    • Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM)
    • Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)

    2. Unit Kegiatan Mahasiswa

    • Resimen Mahasiswa Batalyon Cakrabuana
    • Arcapada Pecinta Alam
    • Unit Kerohanian Mahasiswa Islam (Jamaah Masjid Kampus UNISRI “Ar-Rahman”)
    • Unit Kerohanian Mahasiswa Katolik
    • Unit Kerohanian Mahasiswa Kristen
    • Pers Mahasiswa "APRESIASI"
    • Paduan Suara
    • Olahraga
    • Kelompok Sukarelawan
    • Pramuka
    • Kewirausahaan
    • Theater Sukamto

    Fasilitas Universitas Slamet Riyadi Surakarta

    Untuk mendukung proses perkuliahan di lingkup UNISRI, terdapat berbagai fasilitas pendukung yang bisa kamu akses dan gunakan. Hal ini juga tentu menjadi alasan berkuliah di UNISRI selanjutnya. Berikut fasilitas yang ada di UNISRI.

    • LPM
    • LPPM
    • Lab Komputer
    • Perpustakaan
    • Sentral Bisnis dan Kewirausahaan
    • Laboratorium Praktikum
    • Auditorium
    • Kebun Pendidikan
    • Poliklinik

    Saatnya Kuliah Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta Bersama Danacita

    Itulah penjelasan lengkap seputar alasan berkuliah di UNISRI. Kabar gembira untuk kamu yang ingin berkuliah di UNISRI tetapi terkendala dengan biayanya. Danacita hadir untuk membantu belajar di prodi favorit dengan bantuan biaya cicilan yang terjangkau!

    Danacita adalah sebuah platform fintech yang hadir sebagai solusi pembiayaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi maupun kursus. Saat ini Danacita telah bekerjasama dengan UNISRI dan ratusan lembaga belajar lainnya.

    Terdapat berbagai pilihan tenor pembayaran mulai dari 6 hingga 24 bulan dengan berbagai metode pembayaran kembali yang memudahkan proses pembayaran cicilan setiap bulannya.

    Yang lebih baiknya lagi, karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah tersertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data transaksi kamu.

    Jadi tunggu apa lagi, info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

    banner-blog-leads-generation

    Yuk, klik banner ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembiayaan kuliahmu bersama Danacita

    Yuk Subscribe Danacita!

    Dapatkan beragam tutorial, insight dan tips menarik langsung melalui email kamu. Dengan melakukan subscribe berarti kamu telah membaca dan menyetujui seluruh kebijakan privasi Danacita.

    Subscribe Danacita!

    Also tagged with

    universitas slamet riyadi alasan berkuliah di UNISRI Unisri
    Default Avatar

    Written By

    Anugrah Putri